Sponsors Link

13 Cara Agar Warna Ikan Oscar Bagus

Sponsors Link

Mungkin asing di telinga sobat dengan ikan hias satu ini. Ikan hias oscar termasuk kedalam keluarga Cichlid dan memiliki nama latin Astronotus ocellatus ini merupakan ikan hias air tawar yang memiliki warna yang sangat cantik dan unik.

ads

Ikan hias yang memiliki sifat agresif ini berasal dari Sungai Amazon, Brazil. Ikan hias oscar dewasa mampu memiliki panjang sekitar 40 Cm dengan berat kurang lebih 3 Kg. Sekarang ini banyak sekali jenis Ikan hias Oscar baru,

karena memang ikan hias ini sudah banyak dikawin silangkan untuk mendapatkan jenis baru seperti; Lemon Oscar, Lutino Oscar, Yellow Oscar dan varian lain. Diantara berbagai jenis ikan hias oscar yang ada di dunia, tentu kulit cantiknya didapat dari hasil budidaya dengan persilangan tersebut sehingga menghasilkan warna yang indah. Nah sobat, agar bisa mencapainya penulis kali ini membagikan hias tipsnya, yuk diismak 13 Cara Agar Warna Ikan Oscar Bagus

1. Pilih Bibit Berkualitas untuk Disilangkan

Bibit yang baik untuk dipijahkan sudah berumur 1,5 tahun sampai 2 tahun dengan panjang badan 15 cm dan tinggi badan 10 cm serta berwarna cerah. Seleksi bibit dimulai saat ikan hias Oscar masih remaja (5 ~ 6 bulan), dengan cara mencampurkan 5 ekor jantan dan 5 ekor betina. Ikan hias Oscar remaja ini akan mencari pasangannya sendirisendiri. Setelah saling berpasangan maka sobat pisahkan ditempat pemijahan tersendiri sampai menjadi benih. (Baca juga mengenai cara agar warna ikan discus keluar lebih indah).

2. Cara Pemijahan

Tempat pemijahan perkawinan terbuat dari semen yang berukuran 1 1/2 x 1 x 0,5m 3 , diisi air yang telah diendapkan selama 12 ~ 24 jam setinggi 30 ~ 40 cm. Jika tempat pemijahan perkawinannya luas, dapat disekat. Sepasang bibit Oscar yang telah matang telur dimasukkan ke dalamtempat pemijahan. Pada setiap kolom diberi batu ceper yang berwarna gelap dan di atasnya ditutup sebagian warna cantik.  (Baca juga mengenai cara membuat fermentasi singkong untuk pakan ikan).

3. Kualitas Air Kolam

Ikan hias Oscar mengadakan pemijahan siang dan sore hari langsung dibuahi oleh pejantan. Telur yang berada di atas batu ceper tersebut yang telah dibuahi diangakat dimasukkan ke dalam aquarium untuk ditetaskan. Aquarium berukuran 70 x 40 x 40 cm 3 diisi air setinggi 10 cm, untuk telur sepasang bibit. Ke dalam aquarium diberi udara (aerasi) dengan kekuatan lemah. Selesai 3 hari biasanya telur-telur mulai menetas. Air diberi campuran emalin atau methylene blue.  (Baca juga mengenai cara membuat pakan ikan terapung).

4. Tahap Awal Membentuk Warna Indah

Pewarna cantikan ikan hiasoscar dilakukan setelah benih berumur 25 hari. Benih yang dihasilkan kira-kira 1000 s/d 3000 ekor untuk satu kali penetasan. tempat pemijahan yang digunakan berukuran 2 x 1 x 1 m 3 , dan diisi air setinggi 20 – 25 cm. Untuk pertama kali pewarna cantikan dapat ditebar kurang lebih 300 ekor ikan hias.

Untuk mengurangi teriknya matahari pada siang hari, di dalamtempat pemijahan diberi tanaman air seperti eceng gondok dan Hidrilla Verticilata. Untuk mencegah masuknya air hujan terlalu banyak, pada bagian atastempat pemijahan ditutup sebagian dengan seng plastik.  (Baca juga mengenai cara sukses ternak lele organik).

Sponsors Link

5. Pemeliharaan Awal

Penjarangan dilakukan setelah benih ikan hias oscar berada ditempat pemijahan selama sebulan dengan jumlah menjadi 200 ekor ikan hias oscar, pakanan yang diberikan berupa cacing rambut. Setelah ikan hias oscar berumur 5 ~ 6 bulan,

ikan hias oscar sudah dapat diseleksi untuk dijadikan hias bibit, pakanan yang diberikan diganti dengan udang kali yang masih segar/hidup, bisa juga diberi udang rebon yang masih segar. Sepasang bibit dapat menghasilkan telur 1000 s/d 4000 butir untuk sekali pemijahan.  (Baca juga mengenai cara budidaya ikan gurame)

ads

6. Pakan untuk Menciptakan Warna Indah

Pakan untuk ikan hias oscar tak hanya untuk mencukupi keperluan gizi untuk hidup serta tumbuh, juga dibutuhkan untuk mencukupi keperluan pigmen ( zat warna ), menurut national research council, pigmen inilah yang dipakai ikan hias oscar untuk membentuk serta mempercantik warna tubuhnya. tiap-tiap ikan hias oscar nyatanya membutuhkan pigmen spesifik untuk memperanggun tampilannya, tidak terkecuali ikan hias oscar yang sobat pelihara.

7. Cacing sutera

Cacing sutera menjadi pilihan pakanan yang paling baik untuk ikan hias oscar sebab memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan hias oscar, untuk pemeriannya sediri berilah cacing yang segar dan bukan cacing beku sebab ikan hias oscar sangat menyukai pakanan yang segar.

8. Jangkrik

Jangkrik juga dapat diberikan hias sebagai pakanan ikan hias oscar hanya saja pemberiannya sebaiknya diperhatikan, jangan sesekali memberi pakan jangkrik yang masih hidup karena dapat melukai mulut ikan hias oscar akan tetapi berilah jangrik yang sudah mati dan jika anda tidak malas kaki jangrik bagian belakang di pisahkan sebab terlalu keras untuk dipakanikan hias oscar.

9. Udang Segar

Udang segar juga dapat menjadi pilihan pakanan dimana udang memiliki nutrisi yang baik untuk ikan hias ini dan tentu saja ikan hias oscar sangat menyukainya, untuk sobat yang memelihara ikan hias ini belum terlalu warna cantik sebaiknya udang di cacah kecilkecil agar dapat dipakan oleh ikan hias ini.

10. Cere

Cere  yang masih kecil dapat sobat jadikan pakan alternatif yang kaya nutrisi, sebagai pakan segar dan tentu saja menyehatkan untuk di konsumsi ikan hias oscar.

11. Kelabang 

Kelabang yang berukuran kecil dan tentu saja sudah tidak dalam keadaan hidup dapat menjadi pilihan pakanan tambahan untuk ikan hiasoscar ini, biasanya pemberian kelabang tidak menjadi pakanan utama hanya sebagai pakanan tambahan dan sekali sebulan diberikan.

12. Ulat Jerman

Ulat jerman dapat sobat beli di toko penjual pakanan ikan, ulat jerman memiliki protein yang kaya dan cocok untuk ikan hias oscar, pemberian pakan berupa ulat jerman sebaiknya diberikan kepada ikan hias oscar yang sudah dewasa.

Sponsors Link

13. Pelet 

Pemberian pakan berupa pelet pada ikan hias oscar memang tidak disarankan sebab pelet tidak bagus untuk pertumbuhan ikan hiasoscar namun tidak semua pelet tidak baik , ada beberapa pelet yang diracik dengan campuran bahan-bahan yang memenuhi nutrisi serta vitamin ikan hias oscar.

Nah sobat, untuk membuat warna ikan oscar bagus, intinya adalah pada kualitas bibit, kolam yang nyama, dan pakan berkualitas sehingga bisa memberi warna dan pertumbuhan maksimal. Demikian yang dapat disampaikan penulis ya sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 23rd, August 2018 / 11:35 Oleh :
Kategori : Ikan