Sponsors Link

6 Cara Membuat Pakan Ikan Terapung

Melakukan budidaya terhadap ikan perlu beberapa cara dan hal hal khusus yang harus diperhatikan dengan seksama oleh para peternak dan pembudidaya ikan tersebut.

Salah satu hal yang perlu dilakukan serta mendapat perhatian luas adalah kondisi maupun jenis pakan yang diberikan. Pakan terapung atai pelet terapung merupakan salah satu jenis makanan yang baik diberikan khususnya kepada ikan yang memiliki tipikal pemakan permukaan.

Berikut ini beberapa cara membuat pakan ikan terapung yang dapat dikerjakan dalam penjelasan dibawah ini.

  1. Kenali dulu fungsi dan kebutuhannya

Setiap makanan atau pakan yang diberikan kepada ikan tentu memiliki bentuk dan jenis yang berbeda. Sebelum mengarah pada penjelasan mengenai cara membuat pakan ikan terapung maka sebaiknya memahami setiap jenisnya dan disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap pakan tersebut. Pakan ikan terapung lebih cocok digunakan untuk jenis ikan yang memang secara alami banyak mengkonsumsi makanan maupun ikan ternak lain dan mudah dicerna serta tidak mencemari kolam. (Baca juga : Cara membuat pakan ternak ayam organik )

  1. Siapkan bahan yang dilanjutkan

Hal pertama yang perlu dapat menjadi salah satu perhatian adalah jenis maupun jumah bahan baku yang diinginkan. Pakan terapung dibuat dengan menggunakan bahan tertentu yang harus dipersiapkan sebelumnya. Bahan dasar pakan terapung diantaranya tepung kedelai, tepung darah, tepung daun turi, tepung ikan, tepung tapioka, tepung terigu, garam mineral, kaldu, dedak halus, dan tambahan vitamin. (Baca juga : Cara membuat pakan buatan untuk ikan nila)

  1. Giling semua bahan sampai halus

Setelah bahan bahan yang disebutkan diatas disiapkan maka proses pertama adalah mencampur semua bahan utama menjadi satu dan mengilingnya hingga halus. Setelah tercampur halus maka tambahkan beberpa bahan pengawet agar tahan lama serta penambahan pemberian sumber protein. (Baca juga : Cara membuat pakan lele dari dedek)

  1. Tambahkan bahan bahan pelengkap

Setelah bahan utama dan sumber protein serta pengawet dicampur merata hingga halus maka langkah selanjutnya adalah menambahkan bahan pelengkap. Masukan dengan hati hari beberapa bahan pelengkap yang sudah disiapkan sepeti dedak halus, vitamin terutama vitamin b kompleks, kalsium karbonat, dan bahan pelengkap lain yang sifatnya tentative. (Baca juga : Cara membuat pakan ternak sapi fermentasi)

  1. Proses dengan mesin extruder

Mesin extruder merupakan mesin yang banyak digunakan untuk pembuatan pelet dan cara membuat pakan ikan terapung yang paling baik dan mudah adalah menggunakan mesin tersebut. Mesin extruder dapat mencampur, menggiling, mencetak, dan memgeringkan pelet sekaligus. (Baca juga : Cara membuat pakan lele dari ampas tahu)

  1. Pengemasan pakan terapung

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam proses atau cara membuat pakan ikan yang baik dan benar adalah terkait pengemasannya. Dalam pembuatan pakan ternak tentu sekali proses harus dilakukan dalam jumlah yang besar untuk mengurangi biaya produksinya. Oleh karena otu, hasil pakan terapung yang didapat haruslah dikemas dengan baik dan disimpan secara benar agar tidak menurunkan kualitas dari pakan terapung tersebut.

Itulah beberapa cara membuat pakan ikan terapung yang baik dan dapat menhasilkan pakan ikan dengan kualitas terbaik. Membuat pakan ikan terapung sendiri merupakan langkah yang banyak dipilih peternak mengingat harga pakan ikan terapung yang sudah jadi di pasaran sangat mahal.

, , , ,
Post Date: Thursday 09th, August 2018 / 22:38 Oleh :
Kategori : Ikan