Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Kuda Sakit Perut Paling Lengkap

Sponsors Link

Kuda ialah hewan peliharaan yang dipelihara dengan tujuan untuk membantu manusia sebagai tunggangan atau untuk menyalurkan hobi seperti berkuda, juga untuk dimanfaatkan di sekitar lokasi wisata yang membutuhkan kuda untuk para wisatawa berkeliling. Pemilik kuda tentunya orang yang berpengalaman karena dalam perawatannya membutuhkan pemahaman dan tindakan yang intens. Walaupun kuda memiliki tubuh yang tampak besar dan kuat, mereka ternyata memiliki perut yang sensitif sehingga mudah dihinggapi oleh penyakit jika berada dalam kondisi kurang fit atau stres.

ads

Sakit perut pada kuda memiliki berbgaai gejala yang dapat dilihat dari fisiknya seperti giginya gemeretak, air liur berlebihan, nafsu makan menurun, hingga diare. Untuk mengatasinya wajib memberikan perawatan yang insentif agar ia tidak berubah menjadi agresif. Caranya ialah dengan menjalankan tips tips pada artikel yang penulis bahas pada kesempatan kali ini yakni, 10 cara mengobati kuda sakit perut. Yuk simak artikel ini hingga selesai.

1. Berikan Waktu Istirahat

Cara mengobati kuda sakit perut tentunya ialah membiarkan ia istirahat terlebih dahulu, jika ia sering digunakan sebagai tunggangan maka wajib dihentikan untuk sementara hingga sakitnya sembuh. Sebab pada kuda yang sakit perut jika ia terlalu banyak bergerak, asam dalam perutnya akan mengalir ke dalam kelenjar di dalam perut sehingga menambah rasa sakit yang ia rasakan. (Baca juga mengenai gejala cacar pada sapi).

2. Lindungi dari Tekanan

Jika ia terlihat menekan perutnya, maka pemilik harus mencegahnya, tekanan pada perut baik oleh ulahnya sendiri atau karena latihan juga dapat mengalirkan asam dalam perutnya sehingga sel sel tidak dapat memperbaiki diri, pastikan kuda dalam kondisi tenang dan istirahat agar lapisan lapisan pada perutnya yang rusak dan terasa sakit karena asam dapat segera pulih kembali. (Baca juga mengenai inseminasi buatan pada sapi).

3. Tempatkan dalam Istal (Kandang)

Biarkan kuda yang sakit perut berada dalam kandang, jangan letakkan pada udara atau lingkungan terbuka yang dekat dengan interaksi manusia atau hewan lain, hal demikian dimaksudkan untuk mencegah kuda stres dan untuk memaksimalkan masa istirahatnya sehingga ia bebas dari gangguan apapun dan dapat sepenuhnya beristirahat. (Baca juga mengenai cara ternak kambing jawa tanpa ngarit).

4. Pastikan Jerami Selalu penuh

Cara mengobati kuda sakit perut ialah dengan memastikan selalu tersedia jerami yang peuh di dekat kandang tempat ia beristirahat, perut kuda yang sakit karena mengeluarkan asam dapat meningkat atau menurun dalam satu hari, jika jerami selalu tersedia penuh maka kuda akan memiliki nafsu makan tinggi dan perutnya selalu dalam kondisi penuh dan asam berkurang serta secara langsung sakitnya juga akan berkurang.

Dalam kondisi tersedia banyak jerami, kuda yang sering mengunyah lebih banyak akan meningkatkan produksi air liurnya menjadi lebih banyak pula sehinga air liur tersebut menjadi perlindungan dari asam. Jerami yang ditelan kuda dapat mengembang di dalam perut sehingga mencegah asam mengalir pada lapisan perut. (Baca juga mengenai budidaya kambing biri biri).

Sponsors Link

5. Lakukan Selama Semingu

Kuda yang sakit perut setidaknya biarkan untuk istriahat dengan menyediakan jerami atau pakan yang selalu penuh selama seminggu agar pemulihan berjalan maksimal dan kesembuhan yang dicapai juga maksimal. Jika dalam masa pemulihan yang belum maksimal sudah dibebankan untuk latihan atau kembali membantu manusia maka beresiko dalam waktu singkat akan kembali sakit perut yang lebh parah yang dapat berbahaya bagi kesehatannya. (Baca juga mengenai budidaya kambing dengan pakan fermentasi).

6. Beri Makan Sebelum Aktifitas

Setelah satu minggu beristirahat, pemilik dapat kembali mengajak kuda untuk berlatih dengan cara memeberikan makanan terlebih dahulu seperti jerami sekitar 500 gram dan dedak jerami sekitar setengah jam sebelum aktifitas sehingga perutnya akan membuat lapisan yang melindungi dari asam serta memberikan rasa nyaman dan energi yang cukup.

ads

7. Pengobatan

Jika dalam seminggu selama istirahat tak juga sembuh, maka pemilik sebaiknya memberikan treatment tambahan dengan menggunakan obat yang tersedia di toko kepeprluan hewan atau melalui konsultasi dengan dokter hewan, umumnya akan diberikan obat berupa tablet yang bersifat meghalangi asam secara keseluruhan sehingga perut kuda dapat pulih dengan sendirinya, dosis biasnaya cukup sehari 1 tablet dengan diminumkan secara langsung.

8. Berikan Probiotik

Probiotik seperti yogurt yang mengandung kuman baik akan melawan bakteri pembentuk asam yang menyebabkan rasa sakit di perut kuda. Yogurt dapat diberikan secara langsung atau dengan dicampurkan dengan makanannya, yogurt akan membantu pemulihan sakit perutnya secara maksimal dan memberi daya tahan pada perutnya sehingga ia akan terhindar dari penyait yang sama di kemudian hari.

9. Penanganan ke Dokter Hewan

Dalam kondisi sakit perut dan pemilik telah melakukan upaya yang terbaik namun belum juga terlihat tanda tanda kesembuhan, maka pemilik wajib membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui lebih lanjut apa penyakitnya jika kemungkinan terdapat komplikasi penyakit yang lain. selama masa perawatan tetap berikan nutrisi dan cairan yang baik serta memberikan yogurt untuk meringankan sakit perut yang dialaminya.

Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan sesuai gejala yang terjadi dan tindakan apa saja yang telah dilakukan, jika dicurigai berhubungan dengan penyakit lain maka akan dilakukan pemeriksaan dalam. Kebutuhan gizi dan pemberian antibiotik umumya akan diberikan melalui infus agar lebih cepat merasuk ke dalam tubuh dan memulihkan keadaan.

10. Pencegahan Lebih Lanjut

Ketika kuda sudah sembuh, maka kewajiban pemilik untuk ke depannya ialah memberi perawatan pada kuda secara lebih baik dan mencegah sakit perut datang kembali. Caranya ialah dengan memberikan pakan yang bergizi dengan porsi yang sesuai yakni 3 kali sehari, hindarkan kuda dari kelaparan yang berkepanjangan karena frekuensi pemberian makan yang kurang. Hindarkan pula kuda dari stres yang disebabkan karena aktifitas terlalu tinggi, kelelahan, juga perjalanan yang terlalu sering.

Dekatkan pula kuda dengan kuda lain agar dapat bersosialisasi dan mencegah stres atau depresi. Jika sakit perut terjadi pada anak kuda maka kemungkinannya ialah induk kuda yang memiliki nutrisi kurang pada susunya sehingga asupan gizi yang diperoleh menjadi berkurang dan terhambat, perlu tambahan gizi dari manusia untuk mencegah sakit perut datang kembali.

Demikian artikel mengenai cara mengobati kuda sakit perut, memang memelihara hewan apapun adalah tanggung jawab pemiliknya dalam hal kesehatan dan keberlangsungan hidupnya, sebab itu wajib memiliki wawasan yang luas sehingga jika terjadi permasalahan dapat segera menanganinya. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 16:52 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan