Sponsors Link

Cara Mengatur Kepadatan Saat Pembenihan Lele Yang Efektif

Sponsors Link

Lele menjadi salah satu jenis ikan konsumtif yang sampai sekarang ini banyak diminati di masyarakat. Tingginya perminataan ikan lele ini menjadikan banyak sekali aktivitas budidaya yang dilakukan dengan berbagai metodenya yang terus berkembang. Pada setiap metode yang ada, proses pembenihan menjadi salah satu aktivitas tahapan budidaya yang harus diperhatikan dengan baik. Mengantur kepadatan pembenihan lele merupakan poin penting yang terkadang kurang diperhatikan. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai cara mengatur kepadatan saat pembenihan lele yang baik dan efektif.

ads

Kepadatan pembenihan

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatur kepadatan saat pembenihan lele perlu dipahami makna dan definisinya lebih jelas. Kepadatan pembenihan adalah istilah untuk banyaknya ikan lele dalam satu kolam pembenihan. Kepadatan pembenihan ini perlu untuk diatur agar proses perkembangan dan pertumbuhan dari benih lebih cepat berlangsung dengan baik. ( Baca juga : cara budidaya lele agar cepat panen)

Cara Mengatur Kepadatan Pembenihan

Pengaturan kepadatan pembenihan perlu untuk dilakukan karena dapat menentukan pertumbuhan benih seperti dalam penjelasan diatas. Kondisi kepadatan pembenihan tersebut dapat diatur melalui beberapa cara diantaranya seperti :

  1. Sesuaikan ukuran kolam

Cara mengatur kepadatan pembenihan yang pertama adalah dengan menyesuaikannya terhadap ukuran kolam. Penebaran benih yang baik tentu harus dilakukan dengan menghitung secara pasti berapa lebar kolam pembenihan dengan jumlah benih yang seharusnya. ( Baca juga : cara ternak ikan lele organik)

  1. Hitung perkiraan jumlah benih

Perhitungan perkiraan dari jumlah benih diperlukan untuk memastikan seberapa banyak benih ikan lebih di tebar di dalam kolam. Perhitungan tersebut akan memunculkan aspek rasio dari ukuran kolam dengan jumlah benih yang berada di dalam kolam. ( Baca juga : cara merawat bibit lele di musim hujan)

  1. Gunakan banyak kolam

Untuk memperbanyak hasil dari proses budidaya ikan lele sebenarnya bukan hanya menjadikan kolam memiliki tingkat kepadatan tertentu namun juga harus mampu memiliki banyak kolam. Dengan banyaknya kolam tersebut pemilik kolam budidaya dapat melalui percobaan seberapa banyak kepadatan yang ideal untuk proses produksi. ( Baca juga : budidaya ikan lele dumbo)

  1. Pilih benih ikan lele yang hampir sama ukurannya

Pertumbuhan benih ikan lale antara satu dengan lainnya tentu memiliki ukuran yang berbeda. Untuk dapat membantu dalam cara mengatur kepadatan saat pembenihan lele adalah dengan memiliki ukuran dari benih ikan yang sesuai atau sama besarnya. Dengan ukuran benih yang sama maka rasio yang diperoleh juga lebih mudah dalam mengatur kepadatan dari proses pembenihan lele dibandingkan ukuran benih yang beragam. ( Baca juga : cara budidaya ikan lele dengan jaring)

  1. Ikuti cara pengaturan kepadataan yang sudah ada

Langkah terakhir yang termasuk dalam cara mengatur kepadatan saat pembenihan lele adalah dengan mengikuti beberapa tips atau cara para pembudidaya ikan tersebut yang memang sudah berhasil. Dengan mengikuti cara tersebut tentu kondisi proses pembenihan yang merupakan salah satu faktor penentu hasil dari pembudidayaan ikan lele tersebut dari orang yang lebih berpengalaman maka setidaknya ada usaha untuk dapat menjadikan kondisi budidaya lebih baik dan lebih efektif.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatur kepadatan saat pembenihan lele yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemiliki budidaya ikan lele. Proses pembenihan dan pengaturan kepadatan yang baik sangat menentukan seberapa besar hasil dari proses budidaya yang dapat diperoleh.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 18th, April 2019 / 00:10 Oleh :
Kategori : Ikan