Sponsors Link

Cara Merawat Kenari Baru Menetas Agar Dapat Hidup Dan Berkembang Dengan Baik

Berkembangnya hobby memelihara burung jenis apapun termasuk burung kenari dimasyarakat menjadikan aktivitas perternakan burung kenari tersebut juga banyak dilakukan oleh para pecinta burung demi mengembangbiakan burung kenari yang dimiliki terutama juga dilakukan untuk memperoleh burung kenari dari indukan unggul. Dalam prosesnya menernakan burung kenari tersebut tentu perawatan burung yang baru menetas menjadi salah satu titik penting agar dapat dijalani dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa proses dan cara merawat kenari baru menetas yang baik dan benar agar kenari dapat tumbuh hingga dewasa dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Membiarkan indukan kenari merawat anaknya

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam proses atau cara merawat kenari baru menetas adalah membiarkannya untuk tetap bersama dengan indukan. Indukan burung kenari tersebut yang akan bertanggung jawab penuh terhadap anakan burung terkait pemberian makanan dan perawatannya. Anakan kenari akan dierami oleh indukan selama 14 hari sebelum menetas. (Baca juga : tips memilih kenari di kandang ombyokan)

  1. Memberikan pakan rebusan telur puyuh

Pemberian pakan telur puyuh rebus untuk anakan burung kenari sangat baik karena selain bergizi, teksturnya yang lembut sangat mudah dicerna oleh anakan burung. Rebusan telur puyuh dapat diberikan tiga kali sehari sesuai dengan jumlah dari anakan burung kenari. Pemberian telur puyuh rebus tersebut diserahkan kepada indukan atau jika memang indukan tidak dapat memberikan makanan kepada anaknya dapat dilolohkan langsung ke anakan burung kenari. (Baca juga : tips kenari cepat pecah suara)

  1. Tidak memberikan sayuran ke indukan atau di dalam sangkar

Pada usia awal fase hidup anakan burung kenari sebaiknya tidak memberikan sayuran terlebih dahulu di dalam sangkat untuk indukannya karena takut sayuran tersebut akan dilolohkan indukan ke anakannya. Sayuran belum dapat dicerna oleh anakan burung kenari yang baru berusia 1 minggu dan jika terjadi malah akan menyebabkan permasalahan pada pencernaannya. (Baca juga : cara mengatasi mental burung kenari)

  1. Pakan biji bijian untuk indukan burung kenari

Selama merawat anakannya tentu indukan burung kenari harus tetap diperhatikan kebutuhan makanannya. Makanan yang dapat diberikan kepada indukan burung tersebut adalah biji bijian yang disukai oleh burung kenari. Pemberian makanan tersebut harus juga selalu diperhatikan ketersediaan telur puyuh rebus sehingga indukan akan makan biji bijian dan anakan akan diberikan telur tersebut oleh indukannya. Jika dirasa sudah memiliki umur yang cukup, indukan juga akan mulai melolohkan biji bijian kepada anaknya. (Baca juga : cara menjinakkan burung kenari)

  1. Beri tambahan egg food

Egg food merupakan jenis pakan burung kenari yang dioleh dari telur rebus kering. Pemberian egg food untuk anakan burung kenari sebagai tambahan makanan cukup baik mengingat gizinya yang bagus bagi proses perkembangan anakan burung kenari. (Baca juga : tips budidaya burung kenari)

  1. Perhatikan perilaku indukan pada anakannya

Secara penuh, indukan burung kenari akan bertanggung jawab terhadap anakannya sejak menetas. Sebagai pemiliki burung, memperhatikan perilaku indukan dalam merawat anakannya dapat membantu menghindari kondisi indukan yang stres dan tidak mau merawat anaknya. Kondisi stres tersebut dapat terjadi ketika memang indukan terlalu banyak mendapatkan gangguan sehingga muncul rasa malas untuk merawat anakannya. Jika kondisi ini berlangsung maka tugas memberikan makan harus diambil alih oleh pemilik burung secara langsung.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara merawat kenari baru menetas yang perlu diperhatikan khususnya bagi para pemilik burung yang belum paham terhadap proses perawatan anakan atau piyik burung kenari dengan baik dan benar.

, , , ,
Post Date: Monday 26th, November 2018 / 00:49 Oleh :
Kategori : Burung