Sponsors Link

8 Manfaat Pengembunan Pada Burung Kenari

Sponsors Link

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak di lestarikan oleh sebagian besar orang. Khususnya oleh pecinta burung yang banyak memeliharanya, seperti yang ada di Indonesia. Mungkin anda sendiri sering menjumpai burung ini di lingkungan sekitar, atau barangkali bahkan anda sendiri salah satu pecinta burung kicau? Sedikit banyak tentu paham asal usul burung ini, jadi tidak perlu banyak artikel ini menyampaikan tentang jenis burung kenari yang telah banyak tersebar di berbagai negara.

ads

Burung kenari di temukan oleh seorang yang berkebangsaan Prancis. Mengapa di namakan burung kenari? Apakah anda berfikir burung kenari berkaitan erat dengan buah kenari? Tidak benar. Burung kenari di ambik dari sebuah pulau dimana burung ini di temukan, yakni pulau canary. Pulau ini menjadi lokasi atau tempat pertama dan menjadi tempat habitat asli sang kenari. Saat ini tersebarnya kenari di tanah air atau di negara manapun merupakan hasil persilangan kenari asli.

Berbisnis kenari mungkin sangat menyenangkan dan menguntungkan. Anda bisa mencoba dirumah, sama halnya beternak jenis hewan lain seperti ayam, bebek, atau burung kicau lainnya. Apabila kemampuan anda dalam memberikan perawatan cukup baik, maka kualitas hasil nantinya pun akan sangat memuaskan. Nah disamping itu, keuntungan juga akan mengikuti dengan sangat baik. Harga jual yang bisa anda tawarkan bisa tinggi, tentunya anda pun tertarik dengan penjualan yang seperti itu. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Kenari Biar Cepat Bertelur)

Salah satu hal yang penting anda perhatikan adalah pemberian pakan kenari. Memang secara umum ada banyak makanan berupa tumbuhan atau buah yang bisa di berikan. Diantaranya yakni seperti kangkung, sawi, kol, dan beberapa sayuran lainnya atau buah yang meliputi pisang, pepaya, apel, atau tomat. Kesemuanya memang mempunyai nutrisi baik bagi tubuhnya, akan tetapi percuma saja bila tidak di imbangi dengan perawatan alami lainnya. Misalnya adalah seperti pengembunan.

Manfaat Pengembunan Pada Burung Kenari mungkin tidak banyak anda ketahui. Oleh sebab itulah anda harus pandai dalam memahami isi bacaan kali ini, artikel tentang berbagai macam manfaat Pengembunan terhadap Burung Kenari. Dengan begitu anda mulai mempertimbangkan untuk melakukannya pada burung peliharaan anda. Pada dasarnya memang setiap burung harus di lakukan perawatan seperti penjemuran, memandikan sampai dengan pengembunan seperti yang di sampaikan inilah.

Akan tetapi lebih banyaknya peternak atau pemelihara mengabaikan cara ini, dan hanya memandikan saja atau menjemurnya saja. Padahal tak kalah penting pengembunan bagi sang kenari. Pengembunan adalah proses penjemuran burung kenari di pagi-pagi sehari, terutama saat musim semi banyak embun seperti percikan air yang sangat bagus di lakukan pada burung. Anda tentu sering mendengar istilah ini pada burung, bahkan sebagian pecinta burung sudah melakukannya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari)

Lantas apa sebenarnya tujuan atau manfaat dari pengembunan untuk burung kenari? Pada dasarnya, ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana yang menyerupai kondisi burung di alam liar seperti yang di ketahui. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini telah di paparkan mengenai beberapa Manfaat Pengembunan Pada Burung Kenari.

  1. Menghindari Kenari dari Stress

Manfaat yang pertama adalah guna menghindari terjadinya stress pada burung kenari. Seringnya anda merawat dan terus menerus menaruh di dalam sangkar menjadikan sang burung suntuk, tak jauh-jauh dengan manusia yang di kurung terus-menerus. Apalagi burung terbiasa liar dengan alam. Perlu anda ketahui bahwa pengembunan ini sangat berarti bagi semua burung termasuk kenari. Hal itu karena kenari sangat menyukai udara segar di pagi hari, menjadikan kenari tidak mudah stres. (Baca Juga: Cara Budidaya Burung Kenari Lokal)

  1. Memancing Insting Kenari untuk Berkicau

Manfaat lainnya yakni guna memancing insting atau nurani sang kenari untuk berkicau. Pasalnya di alam liarpun burung akan bersiul pada pagi harinya, untuk itu waktu subuh adalah waktu yang paling tepat untuk mengeluarkan burung dari dalam rumah, agar di lakukan pengembunan ini.

  1. Menjaga Kesehatan Kenari

Embun di pagi hari, atau lebih tepatnya embun di waktu masih subuh sangat bermanfaat bagi kesehatan burung berkicau seperti kenari. Sehingga burung akan terlihat sehat dan lebih fresh apabila anda secara rutin untuk melakukan pengembunan padanya. (Baca Juga: Tips Budidaya Burung Kenari)

Sponsors Link

  1. Mencegah Datangnya Predator

Pada waktu subuh jika kenari di keluarkan dari rumah akan membuatnya merasa bebas serasa di alam liar. Akibatnya, burung kenari akan lebih sering berkicau di waktu pagi yang mana menjadi kesempatan predator datang. Dengan begitu para predator sendiri akan merasa enggan muncul.

  1. Lebih Membuat Kenari Bersemangat

Pengembunan di pagi hari, atau petang (subuh) membuat sang kenari bersemangat. Dengan begitu burung kenari akan cenderung lebih ceria dan tidak mudah lesu.

  1. Meningkatkan Birahi

Pengembunan di lakukan untuk meningkatkan birahi burung kenari, sehingga akan mudah untuk di kawinkan atau di lakukan pemijahan. (Baca Juga: Tips Budidaya Burung Kenari)

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Membantu memulihkan nafsu makan kenari, sehingga makan lebih semangat dan mudah untuk bertumbuh kembang.

  1. Meningkatkan Kualitas Suara

Manfaat lain dari pengembunan yang di lakukan pada kenari lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas suara atau ocehannya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Mental Burung Kenari)

Demikian tentang 8 Manfaat Pengembunan Pada Burung Kenari, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 26th, November 2018 / 11:38 Oleh :
Kategori : Burung