Sponsors Link

8 Cara Agar Kucing Tidak Tidur di Pasir

Sponsors Link

Mempunyai hewan peliharaan memang menjadi pengalaman tersendiri. Apalagi piaraan itu adalah kucing, walaupun ada banyak yang lain seperti anjing, marmut ataupun kelinci. Tetapi yang paling umum dan sering di temui adalah hewan berkumis tersebut. Anjing, tidak semua orang berani memegang karena takut di gigit. Apalagi anjing terkadang patuh pada majikan sehingga masuk akal apabila agresif bertemu orang asing. Kelinci, mungkin saja sebagian orang tidak tahan akan baunya begitu juga dengan marmut.

ads

Sebenarnya jika di bandingkan dengan kucing tidak jauh berbeda baunya. Hanya saja kucing bisa membuang kotoran di tempatnya atau di luar rumah seperti pasir. Kucing akan menggerong tanah ketika akan membuang kotoran akau kencing. Inilah yang membuat banyak orang merasa gemas dengan kucing. Walaupun tak jarang masih ada yang takut atau geli. Sebagai pecinta kucing, mengenali karakteristiknya adalah hal yang cukup biasa. Akan ada banyak hal yang di lihat dari tingkah kucing.

Salah satunya kebiasaan mengguling-gulingkan badan di pasir. Pastinya hal seperti ini akan menjadi kekesalan bagi anda sang pemilik. Apalagi jika sang kucing telah baru saja di mandikan. Ada banyak pemicunya mengapa kucing sampai mengguling-gulingkan tubuhnya di pasir, bisa karena gatal, ingin di kawinkan, atau lantaran terlalu lamanya di kandang sehingga merasa senang berada di tanah. Selain itu ada pula kebiasaan kucing seperti tidur di pasir, pastinya bikin tubuhnya mudah kotor. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kotoran Mata Pada Kucing Persia)

Cara agar Kucing Tidak Tidur di Pasir akan di sampaikan pada kesempatan ini. Karena banyak pertanyaan mengenai bagaimana cara tempuh mengatasi kucing yang seperti itu. Pasalnya kucing yang berkebiasaan seperti ini karena kurangnya majikan memperhatikan, sehingga membiarkan kucing bertingkah sesukanya hingga menjadi kebiasaan. Untuk mengatasinya Anda dapat menyimak beberapa hal berikut ini.

8 Cara Agar Kucing Tidak Tidur di Pasir

  1. Paksa di awal

Cara yang pertama harus anda lakukan adalah memaksa kucing, yakni membiasakan terlebih dahulu untuk mengenali tempat barunya. Memang butuh sedikit pemaksaan untuk melakukannya, dan tidak cukup mudah. Caranya, apabila kucing anda telah mulai tidur di sembarang tempat, pindahkan dia ke tempat tidurnya. Abaikan jika sang kucing telah terbangun kembali. Usahakan anda tlaten selalu memindahkan ketika tidurnya tidak sesuai. Perlahan, cara ini akan membuat kucing mengerti.

  1. Tempeli dengan Baunya

Untuk cara supaya kucing tidak tidur di pasir yang kedua yakni dengan mengusap-usapkan alas tempat tidurnya ke badan kucing anda. Tujuan ini agar bau tubuhnya bisa menyatu dan menempel ke tempat tidur tersebut. Dengan begitu kucing tidak akan merasa asing apabila berada di tempat tidurnya sendiri dan dapat merasa nyaman karena telah mencium aroma tubuhnya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Belek Pada Kucing Peaknose)

  1. Taruh di Pojok Favorit Kucing

Letakkanlah tempat tidurnya pada posisi pojok atau sudut favoritnya. Kucing biasanya mempunyai tempat favorit untuk tidur. Selain itu juga kucing menyukai sudut yang dingin dan dekat dengan dinding. Apabila kucing anda gemar sekali tidur di kamar anda, maka tidak menjadi masalah jika menempatkan tempat tidurnya di dalam kamar anda terlebih dahulu.

  1. Sediakan Mainan Kesukaan

Sebagai pemilik tentunya anda tahu apa yang menjadi mainan favorit peliharaan anda tersebut. Nah, sebagai cara lainnya yakni tambahkan mainan kesukaan kucing anda di tempat tidurnya. Dengan begini kucing akan nyaman bermain di tempat tidurnya, dan tidak memilih tempat lain seperti di pasir. (Baca Juga: Tips Memelihara Kucing di Rumah)

Sponsors Link

  1. Temani Terlebih Dahulu

Kucing seringkali enggan tidur di tempat baru lantaran merasa tidak nyaman atau masih sangat asing. Karena itu, untuk permulaan cobalah temani dulu kucing anda saat tidur di tempat tidur barunya, dan berikan pijatan2 lembut. Sembari sang kucing tertidur, anda pun bisa mengelus kepala atau tubuhnya agar dia betah tidur di tempatnya.

  1. Sediakan Makanan Favorit

Usahakan untuk memberikan makanan kesukaan menjelanh tidurnya. Ketika kucing tengah berada di luar, iming-imingilah dengan makanan dan jalanlan sampai ke tempat tidur barunya lalu letakkan. Jika sudah begini, perlahan akan menjadi kebiasaan kucing. (Baca Juga: Makanan Untuk Kucing Hamil)

  1. Sediakan Tempat Tidur Nyaman

Buatlah tempat tidur kucing senyaman mungkin. Misalnya melapisi alas tidurnya dengan beberapa kain agar terasa hangat. Meskipun kucing mempunyai bulu untuk menghangatkan tubuhnya, tetapi kucing sendiri juga menyukai tempat hangat dan empuk. Tak heran banyak di temui kucing yang tidur di atas tempat tidur.

  1. Jagalah Kebersihan Tempat Tidurnya

Rajinlah untuk selalu membersihkan tempat tidurnya. Apabila sudah tampak kotor segera ganti dengan yang bersih. Minimal dua hari sekali harus sering cek lokasi tidur sang kucing. (Baca Juga: Cara Agar Kucing Tidak Berak Sembarangan)

Memang bukan hal yang mudah menangani kasus seperti ini, namun dengan menerapkan kedelapan cara agar Kucing tidak Tidur di Pasir di atas, paling tidak bisa membantu Anda untuk mengatasi Kucing kesayangan yang memiliki kebiasaan seperti itu. Kalau memang sudah lama memiliki kebiasaan seperti ini, terapkan secara rutin dan tlaten karena memang lebih susah dibanding yang masih tahap awal-awal. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Friday 30th, November 2018 / 17:11 Oleh :
Kategori : Kucing