Sponsors Link

10 Cara Perawatan Bunglon Agar Tetap Sehat

Apakah anda tertarik untuk memelihara hewan bunglon? Hewan bunglon memang peliharaan yang terbilang istimewa dan unik, jarang dipehara oleh orang kebanyakan. Hewan bunglon dipakai sebagai hewan hias karena warnanya yang bisa berubah ubah dan menghibur siapapun yang melihatnya sehingga membuat pemeliharanya lebih sehat dan bahagia. Sebelum memeliharanya tentu wajib untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana karakteristiknya dan apa saja yang diperlukan selama pemeliharaannya.

Dalam kesempatan kali ini penulis akan membagikan tips yang unik yakni Mengenai 10 Cara Perawatan Bunglon Agar Tetap Sehat, cara ini dapat menjadi panduan bagi anda yang tertarik memelihara hewan bunglon, juga bisa menjadi wawasan yang bermanfaat untuk anda tentang dunia hewan dimana wawasan memang sesuatu yang sangat dibutuhkan agar dapat mengikuti dan memahami perkembangan jaman. Yuk simak artikel berikut.

1. Karakterstik Hewan bunglon

Sebelum memelihara, tentu anda harus memahami karakterstiknya terlebih dahulu, hewan bunglon termasuk jenis binatang yang rapuh atau lemah, ia memang suka diangkat atau digendong, namun ia bukan jenis hewan yang suka dibelai sebab jika ia dibelai akan melemahkan tubuhnya dan membahayakan nyawanya, sehingga tidak dibolehkan untuk terlalu sering menyentuhnya. Baca juga mengenai :

Hewan bunglon akan berubah warna ketika ia merasa tertekan, kedinginan, atau sakit. Hewan bunglon ialah hewan yang penyendiri dan sebaiknya tidak memelihara lebih dari satu hewan bunglon di dalam satu kandang. Jangan sentuh punggungnya sebab merupakan area sensitif dan bisa mengakibatkan ia marah sebab pada dasarnya hewan ini memang tidak suka disentuh. Baca juga mengenai :

2. Persiapan Kandang

Hewan bunglon juga termasuk hewan yang mudah stres, ia harus ditempatkan di lingkungan yang tenang. Buat kandang yang nyaman dan letakkan jauh dari keramaian. Hewan bunglon tidak suka berada di tempat yang ramai, sebab itu ia harus ditempatkan jauh dari hewan lain seperti ayam, kucing, dan anjing. Baca juga mengenai :

Kandang untuk hewan bunglon juga disebut dengan reptarium, pastikan kandangnya berukuran besar setidaknya tiga kali ukuran tubuhnya, jangan letakkan kandang di dekat jendela agar jauh dari cuaca terlalu panas atau terlindung dari dingin ketika musim hujan, letakkan di tempat yang sejuk dan jauh dari hingar bingar atau aktifitas manusia.  Baca juga mengenai :

3. Kandang Kaca

Upayakan untuk membuat kandangnya dari bahan kaca sebab kaca memiliki ventilasi dan pencahayaan yang bagus, berikan benda benda yang mendukung kenyamanan di dalamnya seperti benda benda alam berupa tanaman, ranting untuk dipanjat, atau benda benda yang dapat dijadikannya sebagai tempat bermain agar ia tidak stres dan merasa seperti di alam. Baca juga mengenai :

4. Jenis Pakan

Cara memelihara hewan bunglon tentu waib merawat dan menjamin kebutuhan nutrisinya dengan pakan yang bergizi. Pakan terbaik untuknya adalah jangkrik, ulat hongkong, serangga, laba laba, ulat super, ngengat, belalang, dan lalat. Jika anda kesulitan mendapat bahan makanna tersebut anda dapat memberikannya makanan yang sudah diolah di pabrik yang terkadang sering ditambah dengan kandungan kalsium sehingga lebih memaksimalkan pertumbuhannya.

5. Kebutuhan Minuman

Berikan air minum pada hewan bunglon, caranya ada berbagai macam. Cara pertama ialah dengan menyemprotkan air ke dalam daun daun yang telah anda letakkan di dalam kandangnya sebagai hiasan, dengan begitu ia akan aktif mencari minum dan mengira air tersebut seperti sebuah embun di alam. Ia menjadi lebih aktif dan dapat menemukan minum sendiri ketika sedang kehausan.selain itu air juga bisa dipercikkan di dinding kaca kandangnya.

Cara lain dalam cara memelihara hewan bunglon yang berhubungan dengan kebutuhan minum ialah diberikan dengan cara menggunakan air terjun mainan yang bisa anda beli di toko perlengkapan hewan. Cara tersebut juga akan membuatnya aktif dan mencoba minum secara langsung seperti yang ia lakukan di alam bebas sehingga hewan bunglon jauh dari stres karena memiliki kandang yang nyaman seperti di alam langsung.

6. Jaga Kehangatan

Letakkan lampu berdaya 60 watt di atas kandang hewan bunglon, ia akan mendekat kesana ketika merasa kedinginan. Ketika malam hari dalam kondisi dingin hidupkan lampu tersebut. untuk siang hari terlebih ketika cuaca panas, lampu tak perlu dihidupkan sebab akan membuat hewan bunglon merasa terlalu panas dan beresiko stres.

7. Jaga Kelembaban Kandang

Kelembaban di kandang hewan bunglon harus berada dalam kondisi sekitar 50%, jika kurang dari kadar tersebut akan mengganggu sistem pernafasannya sedangkan jika kadar kelembaban  terlalu tinggi hingga melebihi 80% akan membuat kuan mudah menyebar karena lumut dna jamur tumbuh subur di dalam kandang.

8. Gunakan Alat Penyemprot

Belilah dan gunakan alat penyemprot untuk menyemprotkan air secara berkala pada kandang hewan bunglon agar ia selalu terjaga kelembabannya sekaligus sebagai media untuk air minumnya. Air yang keluar harus dalam bentuk yang halus, bukan seperti semprotan pada umumnya. Pastikan pula gunakan air yang berish dan matang sehingga tidak beresiko mengandung kuman.

9. Lakukan Interaksi

Jangan lupa untuk memberinya kasih sayang dengan berinteraksi langsung yakni dengan cara memberinya makan langsung dengan tangan atau sekali waktu membawanya ke luar rumah untuk berjemur langsung dengan sinar matahari sehingga tubuhnya terasa lebih segar sehat karena mendapat vitamin D alami dari panas matahari.

10. Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang wajib terjaga agar hewan bunglon merasa nyaman dan bebas dari penyakit. ketika anda membersihkan kandangnya maka hewan bunglon harus dipindahkan ke tempat lain terlebih dahulu. Cara membersihkannya yakni dengan menggunakan air yang dicampur sedikit sabun dan disemprotkan ke semua bagian kandang. Setelahnya keringan dengan tisu. Gunakan juga pembunuh kuman alami seperti cuka dan baking soda yang dicampur dengan air hangat dan gosok hingga bersih.

Alas untuk kandang juga wajib sering diganti untuk menyingkirkan segala bentuk kotoran seperti sisa sisa makanan, jamur, kotoran hewan bunglon, juga sisa sisa kulitnya yang mungkin mengelupas dan tertinggal. Bersihkan setidaknya seminggu dua sampai tiga kali agar kandang bebas kuman dan terhindar dari segala penyakit.

Demikian artikel kali ini mengenai 10 cara perawatan agar hewan bunglon tetap sehat, semoga mudah dipahami oleh anda dan menjadi wawasan baru yang bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

, , , , ,
Post Date: Friday 01st, March 2019 / 23:56 Oleh :
Kategori : Hewan Liar