Sponsors Link

10 Cara Memelihara Biawak di Rumah

Sponsors Link

Sebagian orang penghobi reptil menyukai hewan biawak peliharaan karena cukup eksotis. Hewan biawak peliharaan juga adalah kerabat dari komodo. Hewan biawak peliharaan ini disebut dengan hewan biawak peliharaan air dalam bahasa sunda hewan biawak peliharaan disebut bayawak. Hewan ini dapat mencapai berat hingga lebih dari 20 kg dan panjang nya bisa sampai dari mulut hingga ujung ekor bisa sampai 2 meter.

ads

Hewan biawak peliharaan merupakan salah satu jenis reptil yang kini banyak dikembangkan biakkan, baik sekedar untuk hoby maupun bisnis. Pengembang biakan reptil sejenis kadal ini membutuhkan kiat kiat khusus agar dapat berjalan sukses. Selain ada banyak faktor yang tentunya harus benar benar diperhatikan, terlebih bagi anak hewan biawak peliharaan yang belum genap berumur satu tahun.

Adapun cara merawat nya di rumah antara lain sebagai berikut, 10 Cara Memelihara Biawak di Rumah.

1. Pastikan anda membeli hewan biawak peliharaan yang masih kecil karena hewan biawak peliharaan yang masih kecil tidak terlalu galak dan biasanya hewan biawak peliharaan yang masih kecil bisa jinak. Baca juga mengenai : penyebab telur jangkrik tidak dapat menetas

2. Kandang hewan biawak peliharaan air yang masih kecil dapat menggunakan aquarium yang panjang nya 3 kali lebih panjang dari ukuruan hewan biawak peliharaan.di dalam kandang berisi tempat makan tempat berendah dan tempat bersembunyi dan ditutup aquarium ada ventilasi udara dan jika hujan nyalakan lampu berwarna kuning. Baca juga mengenai : cara melatih musang agar nurut

3. Pakan hewan biawak peliharaan yang masih kecil dapat dikasih makan berupa jangkrik,belalang,ikan kecil,daging ayam yang sudah di suir,atau kodok hijau.jika sudah besar dapat diberi ikan,mencit,daging ayam yang sudah di suir,dan kodok hijau besar. Baca juga mengenai : cara mengobati sapi patah tulang

4. Beri Jangkrik

Sudah menjadi hal yang umum jika jangkrik digunakan sebagai makanan satwa ada yang menggunakannya untuk memberi makan burung dan masih banyak lagi salah satunya adalah untuk memberi makan pada hewan biawak peliharaan.  Baca juga mengenai : cara terak semut rangrang

Jangkrik memiliki protein yang tinggi dan berguna untuk pertumbuhan hewan biawak peliharaan. Selain itu kandungan glutation(GSH) dalam jangkrik juga dapat digunakan sebagai anti oksidan alami untuk hewan biawak peliharaan. Untuk porsi dari jangkrik yang diberikan sendiri tergantung dari ukuran dan umur hewan biawak peliharaan. Baca juga mengenai : jenis vaksin untuk itik petelur

Untuk hewan biawak peliharaan yang panjangnya kurang dari 30 cm atau disebut baby hewan biawak peliharaan kita dapat membeerikan makan 3 ekor jangkrik setiap harinya dan untuk hewan biawak peliharaan yang sudah melebihi 30 cm kita dapat memberikan makan 10 – 15 ekor jangkrik setiap harinya.

5. Beri Cicak

Cicak dengan nama latin Cosymbolutos platyurus dikenal sebagai hewan penganggu karena kehadirannya dirumah kita yang biasanya menimbulkan bau tidak sedap dari kotoran yang cicak keluarkan hewan ini.

Namun ternyata hewan yang satu ini dapat digunakan sebagai makanan hewan biawak peliharaan. Biasanya porsinya kembali ke ukuran hewan biawak peliharaan untuk yang kurang dari 30 cm cukup dengan memberikan cicak ukuran kecil setiap dua hari sekali. Namun untuk hewan biawak peliharaan yang panjangnya lebih dari 30 cm kita harus memberikan makan 1 ekor cicak ukuran besar untuk 1 hari atau cicak ukuran besar untuk dua hari sekali.

Sponsors Link

6. Beri Mencit

Sebuah nama yang tak asing lagi bagi pecinta hewan biawak peliharaan namun akan terdengar asing bagi anda yang baru pertama kali memelihara hewan biawak peliharaan. Mencit atau dengan nama latin (Mus musculus) adalah tikus kecil yang biasanya kita temui di rumah kita sebagai pengganggu atau hama namun hewan yang satu ini cukup efektif untuk dijadikan makanan Hewan biawak peliharaan. Untuk porsi sendiri hewan biawak peliharaan ukuran lebih dari 30 cm memerlukan sekitar satu ekor mencit untuk dua hari.

7. Untuk pemberian pakan hewan biawak peliharaan diberi makan 3 hari sekali dan diberi makan se kenyang nya jika diberi makan setiap hari hewan biawak peliharaan bisa kegemukan dan bisa obesitas

8. Untuk perawatan harian hewan biawak peliharaan dapat dijemur dia pagi hari biasa nya antara jam 7 sampai jam 10 dan di jemur 30 menit atau sampai 60 menit

ads

9. Makanan hewan biawak peliharaan muda

Untuk anak hewan biawak peliharaan yang belum memasuki satu tahun pertamanya, makanan terbaik yang dapat diberikan adalah hewan hewan kecil sejenis serangga. Dengan sistem pencernaana yang belum 100% sempurna makanan berukuran kecil manjadi menu yang tepat.

Selain itu, sebagai makanan selingan dapat pula diberikan daging atau rodent, hanya saja tidak boleh terlalu sering. Disarankan untuk memberikan makanan sejenis serangga 4 kali seminggu dan makanan daging atau rodent hanya sekali seminggu.

10. Menjinakkan

Pastikan hewan biawak peliharaan sudah melewati masa pemberian makan. Hewan biawak peliharaan hanya perlu diberi makan 3 hari sekali. Saat akan menjinakkan hewan biawak peliharaan, pastikan hewan biawak peliharaan yang akan melalui proses penjinakkan telah melalui proses pemberian makan. Hal ini dikarenakan hewan biawak peliharaan adalah hewan yang membutuhkan waktu lama dalam memproses atau mencerna makanannya.

Menjinakkan hewan biawak peliharaan yang sedang memproses makanannya akan membuat hewan biawak peliharaan muntah atau stress. Mulailah proses menjinakkan hewan biawak peliharaan dengan berinteraksi dengan hewan biawak peliharaan. Saya sarankan untuk tidak menggunakan pelindung tangan apapun saat berinteraksi dengan

hewan biawak peliharaan anda jika hewan biawak peliharaan tidak terlalu agresif bisa menggunakan sarungan tangan karet jika hewan biawak peliharaan atau hewan biawak peliharaan yang akan dijinakkan masih sangat galak. Ajaklah hewan biawak peliharaan peliharaan anda bermain dengan menaruhnya di telapak tangan anda atau mengelus bagian punggungnya. Lakukan kegiatan tersebut secara terus menerus selama 5-10 menit setiap hari.

Perlu diketahui pula, semua bangsa reptil (termasuk hewan biawak peliharaan) bisa tahu perasaan manusia melalui sentuhan kulitnya. Semua jenis ular biasanya akan tahu jika anda takut atau jijik kepadanya.

Takut kepada hewan biawak peliharaan yang akan anda coba jinakkan malah akan membuat dia berani terhadap anda. Akibatnya, dia akan lebih susah dijinakkan. Menghilangkan rasa takut kepada hewan biawak peliharaan yang akan dijinakkan adalah langkah pertama dalam menjinakkan hewan biawak peliharaan.

Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 01st, March 2019 / 23:46 Oleh :
Kategori : Hewan Liar