Sponsors Link

11 Ciri Ciri Hewan kucing Sehat

Memiliki hewan peliharaan sekarang ini sudah menjadi hobi yang banyak dilakukan oleh setiap orang dari berbagai kalangan. Salah satu hewan peliharaan yang banyak dimiliki sekarang ini adalah hewan kucing.

Hewan kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan mampu menjadi penghibur bagi pemiliknya. Dalam proses memelihara hewan ternak seperti hewan kucing tersebut tentu harus ada upaya perawatan yang dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan hewan kucing. Baca juga mengenai : cara mengusir kucing liar

Kondisi hewan kucing yang sehat dapat terlihat melalui beberapa ciri ciri fisik maupun psikis yang ditunjukan oleh hewan kucing. Berikut ini 11 Ciri Ciri Hewan kucing Sehat yang perlu dipahami oleh setiap pemilik hewan kucing dan dapat menjadi patokan bahwa proses perawatan yang dilakukan sudah benar. Baca juga mengenai : penyebab kucing tidur terus

1. Bulu yang bersih dan tidak rontok

Hal pertama yang dapat menjadikan ciri ciri hewan kucing sehat adalah ketika bulunya terlihat bersih dan tidak mengalami kerontokan. Hewan kucing yang sehat akan secara rutin membersihkan bagian bulunya sendiri. Kondisi bulu yang mengalami kerontokan dapat menjadi pertanda bahwa ada parasit atau jamur yang menginfeksi daerah permukaan kulit pada hewan kucing. Baca juga mengenai : jenis makanan yang membahayakan kucing

2. Mata, hidung, dan mulut yang tampak sehat. 

Kondisi lain yang juga dapat menandakan hewan kucing dalam keadaan sehat adalah keadaan dimana mata, hidung, dan mulut hewan kucing dalam kondisi yang sangat baik. Mata yang sehat akan terlihat cerah dan tidak ditemukan kotoran apapun. Baca juga mengenai : cara memilih kalung kucing

Hidung yang sehat tak terlalu terlihat basah dan tak terlalu terlihat kering serta dalam kondisi yang bersih tanpa ada tanda tanda jamur. Mulut hewan kucing yang sehat tidak akan mengeluarkan bau dan tidak terlalu banyak mengeluarkan liur yang tak terkontrol. Baca juga mengenai : cara membersihkan telinga kucing

3. Telinga bersih

Kondisi bagian tubuh selanjutnya yang dapat menunjukan bawah hewan kucing dalam kondisi yang sehat adalah terlinganya yang bersih. Selain bersih, telinga hewan kucing juga harus berfungsi dengan baik sehingga ketika hewan kucing dipanggil maka keadaannya yang sehat akan segera dengan cepat memberikan respon pada panggilan tersebut. Hewan kucing yang sehat juga tidak akan menggaruk garuk bagian terlinga maupun mengeleng gelengkan kepalanya sebagai tanda ada permasalah pada daerah telinga dan kepala. 

4. Aktif dan lincah

Selain terlihat dari beberapa gejala fisik yang disebutkan diatas, ciri ciri hewan kucing sehat juga akan diketahui dari pola perilakunya yang aktif dan lincah ketika diajak bermain. Selain memiliki pola tingkah laku yang lincah, hewan kucing sehat pastinya juga akan memiliki nafsu makan yang baik sehingga tubuhnya akan terlihat gemuk. Pup atau kotoran hewan kucing juga akan menunjukan kondisi yang sehat yakni berwarna hewan kucing kecoklatan.

5. Gusi dan gigi yang sehat

Bagian tubuh lain yang juga dapat menunjukan bahwa kondisi hewan kucing dalam keadaan yang baik tanpa adanya masalah kesehatan terlihat pada gusi dan gigi yang sehat. Gigi hewan kucing harus terlihat putih tanpa adanya flek dan tentu kokoh atau kuat. Gusi yang sehat ditunjukan dengan warna merah muda tanpa ditemukannya darah yang keluar dari gusi. 

6. Kondisi umum

  • Nafsu makan normal. Hewan kucing yang sakit biasanya lebih jarang makan dibandingkan biasanya.
  • Suhu tubuh berada diantara 37 hingga 39.2 derajat celsius. Hewan kucing dengan suhu badan lebih tinggi atau lebih rendah, kemungkinan besar hewan kucing terkena virus.
  • Mulut tidak bau.
  • Kotoran hewan kucing padat dan baunya tidak terlalu menyengat. Kadang kala kotoran yang agak cair tidak berarti hewan kucing sakit, bisa saja diakibatkan oleh penggantian jenis makanan atau jenis makanan yang baru tidak cocok untuknya.
  • Lincah dan suka bermain. Jika hewan kucing yang biasanya lincah tiba-tiba menjadi pendiam, sering tidur dan lebih malas, ada kemungkinan hewan kucing sedang sakit.

7. Ekspresi wajah gembira dan selalu terjaga

Hewan kucing yang sehat ditandai dengan ekspresi wajah yang terlihat gembira dan selalu terjaga. Wajah hewan kucing yang gembira ditandai dengan mata si hewan kucing yang terlihat berbinar dan tidak terlihat sayu. Selain itu, hewan kucing yang sehat juga akan terjaga dengan selalu memerhatikan apa yang ada di sekitarnya sehingga dia akan tahu jika ada musuh atau hal-hal yang dapat membuatnya takut dan terkejut.

Kamu mungkin pernah melihat hewan kucingmu melompat secara tiba-tiba ketika ada barang-barang di rumahmu yang terjatuh atau benda tidak dikenal yang tiba-tiba ada di dekatnya. Sebaliknya, hewan kucing yang sakit akan terlihat sedih dengan mata yang terlihat sayu dan telinga yang tidak tegak. Hewan kucing yang sakit biasanya juga akan mengabaikan apa yang ada di sekitarnya.

8. Ramah dan tenang ketika dekat dengan manusia

Hewan kucing yang sehat biasanya akan tenang ketika dipegang atau diusap oleh manusia. Dia akan mendengkur ketika dipangku dan diusap oleh pemiliknya sebagai tanda bahwa ia sedang nyaman berada di dekat pemiliknya tersebut.

Sebaliknya, hewan kucing yang sakit akan memiliki perliku berubah secara drastis menjadi lebih agresif ketika dipegang oleh pemiliknya. Sifat agresif tersebut datang seiring dengan kondisi fisiknya yang menurun. Oleh karena itu, jika kamu melihat perubahan sifat dari hewan kucingmu secara tiba-tiba, mungkin itu adalah tanda bahwa hewan kucingmu sedang merasakan sakit di dalam tubuhnya.

9. Membersihkan dirinya secara teratur

Hewan kucing yang sehat akan selalu terlihat bersih dengan bulu yang berkilau dan terlihat bersih meskipun tidak pernah dimandikan sekalipun. Menurut beberapa ahli, hewan kucing memang merupakan salah satu hewan yang paling bersih dan paling sedikit bakteri atau kuman bersarang di tubuhnya. Sebaliknya, jika kamu melihat bulu hewan kucingmu terlihat berantakan dengan mata penuh belek dan keluar air mata, itu tandanya hewan kucingmu sedang dalam keadaan sakit.

10. Makan dan minum dengan porsi yang cukup

Hewan kucing yang normal akan selalu makan dengan porsi yang tepat sesuai dengan umur dan ukuran yang dimiliknya. Dia akan mengikutimu kemanapun jika kamu tidak memberinya makan pada jadwal kamu biasanya memberikan makan. Selain itu dia akan terus berisik jika kamu tidak segera memberinya makanan yang disukainya.

Sebaliknya, hewan kucing yang sakit akan makan dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan hewan kucing yang sehat atau bahkan tidak makan sedikitpun. Selain itu, hewan kucing yang sakit akan terasa lemas dan lembek dengan bulu yang mudah rontok ketika kita pegang.

11. Buang air secara normal

Hewan kucing yang sehat akan membuang kotorannya secara teratur dengan bentuk feses yang padat dengan kandungan air yang lebih sedikit. Selain itu, warna feces hewan kucing yang normal adalah berwarna kuning. Jika hewan kucingmu mencret biasanya banyak kandungan air dalam fecesnya dan juga warnanya akan menghitam atau bahkan berdarah.

Semoga hewan kucingmu sehat selalu ya..? sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Friday 12th, April 2019 / 04:57 Oleh :
Kategori : Kucing