Sponsors Link

9 Jenis Toilet untuk Kucing

Hewan kucing merupakan hewan yang mampu menjaga kebersihan. Untuk itu, sediakan wadah berbentuk kotak yang berisi toilet kasar sebagai toiletnya. Tujuannya untuk membiasakan hewan kucing membuang feses dan urine di tempatnya. Dengan begitu, kandang tetap bersih dan hewan kucing pun sehat. Nah, apa saja jenis toilet yang bisa kamu sediakan? Berikut 9 Jenis Toilet untuk Kucing.

1. Litter tray

Hewan kucing juga membutuhkan tempat untuk buang air. Oleh karena itu, sediakan litter tray untuk hewan kucing agar kotorannya tidak berserakan dan mudah dibersihkan. Biasanya litter tray terbuat dari plastik. Baca juga mengenai : cara mengusir kucing liar

Tinggi tempatnya 8—10 cm dengan ukuran panjang 25—30 cm, dan lebar 15—20 cm. Lapisi tray dengan plastik terlebih dahulu sebelum memasukkan litter. Tujuannya agar tray tidak kotor dan bercampur dengan kotoran. Baca juga mengenai : penyebab kucing tidur terus

Untuk kitten, ukuran tray lebih kecil agar mudah dijangkau. Tray bersifat terbuka atasnya, meskipun beberapa hewan kucing ada yang suka tertutup karena alasan privasi. Untuk membersihkan litter tray, rendam dengan disinfektan agar kuman mati. Baca juga mengenai : jenis makanan yang membahayakan kucing

2. Litter

Jika pertama kali membeli litter, pastikan sudah mengetahui jenis litter yang paling tepat untuk digunakan. Jika sudah menemukan litter yang tepat, usahakan untuk tidak menggantiganti litter dengan jenis lain. Baca juga mengenai : cara memilih kalung kucing

Ini akan membantu hewan kucing memahami bahwa litter tray itu memang untuknya. Terutama kitten, biasanya belum mudah mengingat sehingga jika mengganti dengan litter jenis berbeda dari sebelumnya, kitten tidak mau menggunakan litter tersebut. Baca juga mengenai : cara membersihkan telinga kucing

3. Litter scooper

Beberapa litter ada yang membentuk gumpalan dan ada juga yang menyerap. Kotoran dan urine akan menempel di litter sehingga untuk mengangkatnya, diperlukan litter scooper. Biasanya terbuat dari plastik. Dengan litter scooper, proses membersihkan menjadi lebih mudah dan cepat. Tray pun menjadi lebih bersih.

Meskipun litter selalu dibersihkan dan kotorannya diangkat, penggantian litter secara reguler, seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk clumping litter, tetap dilakukan. Jika sudah penuh atau hewan kucing merasa litter sudah terlalu kotor, pastikan menyiapkan pot yang berisi tanah tanpa tanaman untuk bisa dipakai hewan kucing.

4. Toilet Zeolit

Jenis toilet hewan kucing zeolit atau toilet cuci ulang terbuat dari bahan dasar bebatuan zeolit. Toilet zeolit adalah jenis toilet untuk hewan kucing yang memiliki tiga varian tekstur yaitu kasar, sedang dan halus. Walaupun terkenal dengan harga murah, harga toilet murah ini tidak satu kali pakai karena dapat dicuci ulang setelah digunakan.

Namun untuk ukuran kualitas jenis toilet ini kurang dalam hal penggunaan karena tidak efektif saat menyerap kotoran “pup hewan kucing”. Sehingga ketika kotoran ( pipis dan tinja ) hewan kucing berkelamin jantan dan betina menumpuk anda biasanya menemukan genangan pada bagian bawah litter box.

Apalagi jika hewan kucing sedang dalam kondisi bihari tinggi. Tapi bagi anda yang menggunakan toilet murah dan bisa di cuci ini memiliki waktu sengang, maka gunakan lah toilet zeolit untuk menghemat kantong atau pengeluran.

5. Toilet Bentonite

Jenis toilet bentonite atau toilet gumpal terbuat dari bahan dasar bentonit pilihan yang berkualitas. Toilet bentonit adalah jenis toilet buat hewan kucing yang memiliki lima varian aroma yaitu Jeruk, apel, strawbery, lavender dan netral (tidak beraroma). Perlu anda tahu juga ternyata toilet bentotite selain hasil impor dari Cina, Jepang dan negara lain ternyata ada yang buatan Indonesia.

Banyak sekali kekunggulan menggunakan toilet ini, contohnya saja mempunyai daya serap yang cukup tinggi dan apabila terkena sebuah cairan maka secara otomatis akan menggumpal. Hal ini lah yang disukai para pemelihara atau peternak karena memudahkan dalam membuang kotoran ( urine dan tinja ) hewan kucing. Bahkan toilet gumpal ini dapat mecegah terjadinya bakteri dan jamur.

Namun dibalik banyaknya keunggulan jenis toilet bentotite ternyata ada kekurangan yaitu borosnya porsi pemakaian, kerena ketika sudah satu kali pakai toilet tersebut tidak dapat dibersihkan atau dicuci kembali. Disisi lain harga toilet hewan kucing ini tergolong mahal dan cukup menguras kantong. Namun yang paling perlu di perhatikan oleh para peternak atau pemelihara hewan kucing pada bagian aroma wangi toilet ini.

Aroma wangi dari jenis toilet ini dapat mengakibatkan kebiasaan buruk yaitu hewan kucing suka penasaran mencium aromanya “mengendus-endus”. Apa bila aroma wangi yang di timbulkan toilet bentonite terlalu tajam, maka dapat mengakibatkan sang hewan kucing bersin-bersin. Maka untuk para pemilik hewan kucing untuk dianjurkan memilih toilet bentotite yang tidak beraroma.

Menurut para peternak atau pemelihara hewan kucing mereka lebih suka menggunakan aroma natural (tidak beraroma), lavender, mint, dan melati pada toilet wangi murah ini karena ketika terkena urine atau tinja tidak menimbulkan bau yang menyengat. Berbeda terbalik dengan lemon, jeruk, apel dan stroberi yang menimbulkan aroma menyengat ketika toilet wangi hewan kucing tersebut terkena tinja atau urine.

6. Toilet Kristal

Praktis. Kesan itulah yang akan kamu dapatkan saat menggunakan toilet jenis ini. Toilet kristal merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang sibuk sehingga jarang bisa membersihkan poop si hewan kucing. Selain memiliki daya serap sampai 40 kali berat hewan kucing sendiri, toilet ini juga tidak berdebu.

Namun toilet ini memiliki kelemahan yaitu dapat menyakiti hewan kucing peliharaan kita. Selain beresiko tertelan dan menyebabkan kanker karena bahan kimia yang terkandung didalamnya, toilet ini juga memiliki sisi tajam yang runcing. Harga toilet ini juga mahal yaitu untuk 5 liter dibanderol sekitar 88-99 ribu rupiah.

7. Toilet organik

Seiring dengan perkembangan, banyak produsen yang mengeluarkan varian untuk toilet hewan kucing. Contohnya toilet satu ini. Toilet organik hewan kucing tidaklah terbuat dari toilet melainkan terbuat dari beberapa macam bahan seperti kertas, serbuk kayu, jagung atau gandum.

Kelebihan toilet ini adalah menyerap bau secara alami dan dan bebas debu sehingga aman untuk hewan kucing yang mempunyai masalah pernafasan. Harganya pun terbilang tidak terlalu mahal. Untuk 20 kg toilet dibanderol seharga sekitar 50 ribu rupiah.

8. Toilet Alami

Toilet hewan kucing alami merupakan toilet yang berasal dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Contohnya saja yaitu toilet dari sungai, gunung bahkan toilet pantai pun bisa digunakan. Namun hewan kucing toilet alami yang bagus sudah melalui proses pembersihan, pengeringan dan penyaringan. Proses-proses tersebut bermaksut agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan sang hewan kucing.

9. Toilet gumpal

Toilet gumpal umumnya mengandung sodium bentonite. Toilet gumpal ini terdapat dua macam, toilet wangi maupun yang tidak beraroma.

Kelebihan : Sangat mudah untuk mengambil kotoran, Sangat mudah dibersihkan, Toilet selalu kering. Kekurangan: Harga sedikit lebih mahal, Menimbulkan resiko feses (kotoran) termakan oleh hewan kucing terutama hewan kucing usia muda.

Oke sobat, berikan yang terbaik untuk kucingmu sesuai kebutuhan ya.. sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Friday 12th, April 2019 / 07:13 Oleh :
Kategori : Kucing