Sponsors Link

11 Ciri Hewan Ternak yang Sehat

Sponsors Link

Untuk mendapatkan hewan ternak yang baik diperlukan perawatan kesehatan yang baik dan perawatan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin agar hewan ternak tidak gampang terjangkit penyakit. kemudian bagaimana cara mengetahui hewan ternak tersebut dalam keadaan sehat atau sakit? berikut 11 Ciri Hewan Ternak yang Sehat sebagai acuan.

ads

1. Nafsu makan

Hewan ternak yang memiliki nafsu makan yang baik adalah salah satu ciri hewan ternak yang sehat, karena gejala awal hewan ternak yang sakit adalah penurunan nafsu makan. Dalam pengamatan nafsu makan juga diperhatikan gerak ruminasi, yaitu gerak memamah biak hewan ternak. Baca juga mengenai : cara mudah ternak ayam batik

2. Gerak

Banyaknya gerak atau aktivitas hewan ternak dapat menjadi salah satu indikator kesehatan hewan ternak. Apabila hewan ternak banyak bergerak dan tidak nglentruk, kondisi hewan ternak dapat dianggap sehat, sedangkan hewan ternak yang cenderung diam dan kurang agresif merupakan ciri hewan ternak yang kurang sehat. Baca juga mengenai : tips merawat burung jalak kapas

Perilaku hewan ternak sehat dapat dilihat dari aktivitas yang kuat, merespon jika dipegang, disentuh, ditarik. Keserasian bentuk tubuh akan mempengaruhi gerak, yang tampak dari posisi tubuh yang tegak, kuat dan semua bagian tubuh didukung dengan baik oleh kaki yang lurus, kuat serta simetris baik kaki depan dan kaki belakang. Baca juga mengenai : cara memilih filter akuarium yang baik

3. Mata

Hewan ternak sehat memiliki sorot matanya bersih dan cerah, kondisi bola mata baik, bersih dan tidak terdapat kelainan-kelainan mata, seperti berair, bercak kemerahan pada kornea mata, adanya selaput putih seperti katarak, ataupun adanya kotoran dan luka di sudut mata. Pada hewan ternak sehat, pupil mata akan bereaksi jika ada pergerakan atau cahaya di depannya. Baca juga mengenai : jenis sakit pada anjing

4. Rambut dan Kulit

Hewan ternak yang sehat memiliki rambut yang tidak kusut, halus, bersih, tidak kusam, dan mengkilap. Kulit hewan ternak elastis dan tidak ada luka fisik/cacat. Secara normal, rambut hewan ternak memang rontok ketika ditarik, tetapi jumlahnya tidak banyak.  Baca juga mengenai : jenis kutu pada anjing

Kerontokan bulu dalam jumlah banyak dapat menjadi ciri hewan yang kurang sehat, juga pada hewan ternak yang mengalami penandukkan atau terbentuk kerak di kulit. Yang juga perlu diperhatikan adalah turgor yang baik pada kulit hewan ternak, yaitu ketika disentuh atau ditarik kulit hewan ternak sangat kenyal, dan posisi kulit akan kembali ke keadaan yang semula (normal) dalam waktu yang relatif singkat.

5. Membran Mukosa

Mukosa hidung dan mata tampak tidak berbau, halus, mengkilat dan tidak pucat. Cermin hidung hewan ternak yang sehat selalu tampak basah.

6. Ciri dari kondisi keseharian

  • Suhu tubuh berada diantara 37 hingga 39.2 derajat celsius. Hewan ternak dengan suhu badan lebih tinggi atau lebih rendah, kemungkinan besar hewan ternak terkena virus.
  • Mulut tidak bau.
  • Mata bersih tidak belekan apalagi bernanah.
  • Hidung lembab dan tidak mengeluarkan cairan.
  • Telinga bersih dan berfungsi baik.
  • Kotoran hewan ternak padat dan baunya tidak terlalu menyengat. Kadang kala kotoran yang agak cair tidak berarti hewan ternak sakit, bisa saja diakibatkan oleh penggantian jenis makanan atau jenis makanan yang baru tidak cocok untuknya.
  • Lincah dan suka bermain. Jika hewan ternak yang biasanya lincah tiba tiba menjadi pendiam, sering tidur dan lebih malas, ada kemungkinan hewan ternak sedang sakit.
Sponsors Link

7. Ekspresi wajah gembira dan selalu terjaga

Hewan ternak yang sehat ditandai dengan ekspresi wajah yang terlihat gembira dan selalu terjaga. Wajah hewan ternak yang gembira ditandai dengan mata si hewan ternak yang terlihat berbinar dan tidak terlihat sayu.

Selain itu, hewan ternak yang sehat juga akan terjaga dengan selalu memerhatikan apa yang ada di sekitarnya sehingga dia akan tahu jika ada musuh atau hal-hal yang dapat membuatnya takut dan terkejut.

Kamu mungkin pernah melihat hewan ternakmu melompat secara tiba tiba ketika ada barang barang di rumahmu yang terjatuh atau benda tidak dikenal yang tiba tiba ada di dekatnya. Sebaliknya, hewan ternak yang sakit akan terlihat sedih dengan mata yang terlihat sayu dan telinga yang tidak tegak. Hewan ternak yang sakit biasanya juga akan mengabaikan apa yang ada di sekitarnya.

ads

8. Aktif bermain, berlari, dan melompat secara bebas

Ciri hewan ternak sehat yang lain adalah dia akan selalu ingin bermain dan berlarian kesana kemari. Dia akan mengambil barang barang yang menarik perhatiannya untuk dijadikan alat mainnya. Selain itu, hewan ternak yang sehat akan selalu bermain dengan teman atau saudaranya dengan saling menggigit atau mencakar satu sama lain. Sebaliknya, hewan ternak yang sakit biasanya akan lebih memilih untuk diam dan tidur seharian. Dia akan tetap diam meskipun teman atau saudaranya ingin mengajaknya bermain.

9. Ramah dan tenang ketika dekat dengan manusia

Hewan ternak yang sehat biasanya akan tenang ketika dipegang atau diusap oleh manusia. Dia akan mendengkur ketika dipangku dan diusap oleh pemiliknya sebagai tanda bahwa ia sedang nyaman berada di dekat pemiliknya tersebut. Sebaliknya, hewan ternak yang sakit akan memiliki perliku berubah secara drastis menjadi lebih agresif ketika dipegang oleh pemiliknya.

Sifat agresif tersebut datang seiring dengan kondisi fisiknya yang menurun. Oleh karena itu, jika kamu melihat perubahan sifat dari hewan ternakmu secara tiba tiba, mungkin itu adalah tanda bahwa hewan ternakmu sedang merasakan sakit di dalam tubuhnya.

10. Minum dengan porsi yang cukup

Hewan ternak yang normal akan selalu makan dengan porsi yang tepat sesuai dengan umur dan ukuran yang dimiliknya. Dia akan mengikutimu kemanapun jika kamu tidak memberinya makan pada jadwal kamu biasanya memberikan makan.

Selain itu dia akan terus berisik jika kamu tidak segera memberinya makanan yang disukainya. Sebaliknya, hewan ternak yang sakit akan makan dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan hewan ternak yang sehat atau bahkan tidak makan sedikitpun. Selain itu, hewan ternak yang sakit akan terasa lemas dan lembek dengan bulu yang mudah rontok ketika kita pegang.

11. Buang air secara normal

Hewan ternak yang sehat akan membuang kotorannya secara teratur dengan bentuk feses yang padat dengan kandungan air yang lebih sedikit. Selain itu, warna feces hewan ternak yang normal adalah berwarna kuning. Jika hewan ternakmu mencret biasanya banyak kandungan air dalam fecesnya dan juga warnanya akan menghitam atau bahkan berdarah.

Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 06:18 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak