Sponsors Link

8 Jenis Buah untuk Burung Gelatik Wingko

Sponsors Link

Menu makanan burung gelatik wingko untuk menunjang kualitasnya memang beraneka macam. Dari makanan yang berupa biji bijian, serangga, kroto, cacing tanah, voer, sampai dengan buah dan juga sayur.

ads

Berbagai jenis makanan itu pastinya bisa untuk mencukupi asupan gizinya dan dapat menjadikan burung gelatik wingko peliharaan anda menjadi cepat gacor. Biasanya, pemelihara burung gelatik wingko peliharaan akan memberikan makanan berupa buah dan sayuran yang bisa membuat peliharaan anda menjadi lebih sehat dan gacor.

Banyak sekali jenis buah yang bagus untuk burung gelatik wingko peliharaan peliharaan anda. Buah tersebut mungkin sangat mudah anda jumpai di lingkungan sekitar anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini Jenis Buah untuk Burung Gelatik Wingko peliharaan agar bisa gacor.

1. Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang paling umum diberikan kepada maupun burung gelatik wingko peliharaan pemakan buah lainnya. Pisang memiliki kandungan karbohirat dua kali lebih banyak daripada apel. Adapun kandungan vitamin A lima kali lebih banyak daripada apel. Baca juga mengenai : makanan tambahan untuk burung gelatik

Pisang bersifat mengenyangkan dan memberikan tambahan energi. Namun karena kandungan karbohidratnya tinggi, maka pemberian pisang harus diatur agar tidak berlebihan. Sebab jika diberikan rutin setiap hari, burung gelatik wingko peliharaan cenderung cepat gendut dan malas malasan. Baca juga mengenai : ternak gelatik belong

Pisang seakan menjadi buah wajib bagi burung gelatik wingko peliharaan . Pisang mengandung banyak manfaat untuk . Beberapa kandungan dan manfaat pisang untuk adalah :

  • Mengandung vitamin A
  • Mengandung vitamin C Baca juga mengenai : penangkaran gelatik jawa
  • Mengandung karbohidrat yang banyak sehingga cepat kenyang.
  • Meningkatkan stamina

2. Buah apel

Sebagaimana pisang, apel termasuk jenis buah yang umum diberikan kepada burung gelatik wingko peliharaan . Buah ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut: Baca juga mengenai : merawat burung gelatik bakalan

  • Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Hasil penelitian terbaru menyebutkan, quercetin bisa meningkatkan kekebalan tubuh terutama pada burung gelatik wingko peliharaan yang sedang stres. Baca juga mengenai : budidaya burung gelatik wingko
  • Buah apel bisa mencegah dehidrasi yang disebabkan berbagai hal seperti penjemuran yang berlebihan, suhu panas, dan sebagainya.
  • Pada beberapa jenis burung gelatik wingko peliharaan, buah apel dipercaya bisa meningkatkan birahi. Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap . Untuk meningkatkan birahi , Anda bisa memberikan parutan buah apel yang dicampur kroto.

3. Buah pepaya

Buah pepaya memang sangat disukai oleh burung gelatik wingko peliharaan . Selain rasanya yang manis, buah pepaya juga memiliki tekstur yang halus dan empuk, sehingga cocok untuk paruh burung gelatik wingko peliharaan . Berikut beberapa manfaat buah pepaya untuk burung gelatik wingko peliharaan , antara lain :

Sponsors Link

  • Mengandung antioksidan yang banyak, sehingga bisa menangkal radikal bebas ditubuh burung gelatik wingko peliharaan
  • Menurunkan birahi yang sedang OB (over birahi)
  • Mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium, asam panthotenic,flavanoid, dll. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan .
  • Bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi akibat kepanasan/terlalu lama dijemur atau karena cuaca ekstrem.
  • Kandungan air yg banyak bisa membantu mencegah dehidrasi.

4. Buah jeruk

Jeruk paling cocok diberikan kepada burung gelatik wingko, karena memiliki manfaat yang sama seperti halnya nektar. Buah jeruk memiliki manfaat mendinginkan, sehingga banyak diberikan kepada terutama pada saat cuaca sedang panas.

ads

Jeruk juga mempunyai efek detoksifikasi yang bisa menetralisir racun dalam tubuh burung gelatik wingko peliharaan, serta bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan. Asam sitrus yang terkandung dalam buah jeruk bisa membantu mengeluarkan racun dan menstimulasi saluran pencernaan. Bahkan kulit dari buah jeruk bisa digunakan sebagai terapi bagi burung gelatik wingko peliharaan yang susah mabung.

Jika anda suka jeruk, maka gelatik wingko pun juga suka makan jeruk. Ya, jeruk memang bisa menjadi makanan pengganti nektar yang biasa dikonsumsi di alam liar. Jeruk yang berasa manis dan asam serta mengandung air memang sangat disukai . Ada beberapa manfaat jeruk untuk yang harus anda tahu, yaitu sebagai berikut :

  • Menurunkan suhu tubuh yang kepanasan karena terlalu lama dijemur. Atau karena cuaca yang sangat panas.
  • Pengganti nektar.
  • Menetralisir racun di dalam tubuh burung gelatik wingko peliharaan .
  • Melancarkan pencernaan .
  • Kulit jeruk bisa digunakan untuk terapi burung gelatik wingko peliharaan yang susah mabung/ molting.
  • Mengandung vitamin C yang tinggi.

5. Buah lengkeng / kelengkeng

Memberikan banyak manfaat bagi burung gelatik wingko peliharaan , misalnya sebagai penenang bagi yang sedang stres atau ngedrop, membantu memulihkan energi saat mabung, dan membantu pencernaan burung gelatik wingko peliharaan.

Buah ini sebenarnya bukan hanya disukai burung gelatik wingko saja, bahkan kita pun sangat suka dengan buah kelengkeng. Rasanya yang manis dan segar membuat siapa saja akan suka. Ada beberapa manfaat kelengkeng untuk , yaitu :

  • Mencegah dan menghilangkan yang stress/ drop
  • Meningkatkan stamina khususnya saat masa mabung/ molting
  • Melancarkan pencernaan

6. Wolfberry / goji berry

Buah impor yang bisa didapatkan di supermarket ini sangat disukai karena rasanya manis. Goji berry dipercaya bisa merangsang burung gelatik wingko peliharaan miliknya untuk lebih rajin berbunyi dan buka paruh. Manfaat lain dari buah ini adalah memberikan energi tambahan sehingga burung gelatik wingko peliharaan lebih aktif.

7. Pear

Buah pear ternyata juga termasuk jenis buah yang bagus untuk burung gelatik wingko peliharaan yang sudah sering diberikan. Dan tujuannya untuk menjadikan suara menjadi lebih jernih. Selain itu, buah pear juga sangatlah bermanfaat untuk menurunkan birahi sesudah diikutkan lomba. Langkahnya, Anda bisa memberikan buah pear 2 hari sesudah lomba supaya birahi bisa turun.

Sponsors Link

8. Mentimun

Selain buah pear, mentimun juga bisa untuk menetralisir birahi burung gelatik wingko peliharaan sesudah lomba. Lalu mentimun juga bermanfaat sekali untuk menjadikan burung gelatik wingko peliharaan jadi lebih tenang.

Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai berbagai macam jenis buah yang baik untuk burung gelatik wingko peliharaan, semoga ulsan yang penulis sampaikan kali ini bermanfaat dan dapat menjadi wawasan untuk anda serta menjadi panduan untuk perawatan burung gelatik wingko sehari hari. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 12th, February 2019 / 06:55 Oleh :
Kategori : Burung