Sponsors Link

10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Sponsors Link

Rerumputan dan sayuran merupakan makanan alami untuk hewan kelinci peliharaan, makanan ini dengan sangat mudah didapat, tetapi ada beberapa jenis rumput dan makanan yang tidak baik untuk dimakan hewan kelinci peliharaan. Makanan yang kurang baik dikonsumsi hewan kelinci peliharaan adalah makanan yang terlalu banyak mengandung gula (jenis glukosa dan sukrosa), makanan yang dapat mengganggu pencernaan hewan kelinci peliharaan, makanan yang beracun.

ads

Sebenarnya memelihara kelinci itu susah. Kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan padanya. Apalagi kalau jenisnya kelinci hias. Pakannya harus khusus. Seperti rumput yang dibeli dari Pet Shop, ini adalah rumput impor yang dikeringkan.

Tapi ada semacam keyakinan di masyarakat lokal Indonesia. Pada dasarnya, makanan binatang peliharaan itu apa saja baik, asalkan alami. Makanan yang sederhana justru terkadang memberikan efek yang jauh lebih baik.

Sebenarnya bukannya hewan kelinci peliharaan tidak boleh memakan makanan di bawah ini akan tetapi lebih baik dihindari karena dari beberapa pengalaman para peternak dan pecinta hewan kelinci peliharaan mengalami hal yang buruk pada hewan kelinci peliharaannya sehingga lebih baik untuk dihindari. Berikut 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci.

1. Pakan yang mengandung banyak getah/ air

Sayuran seperti kol dan kubis terlalu banyak mengandung air, sehingga dapat berpengaruh pada urin dan fases hewan kelinci peliharaan. Kandungan serat-kasar pada kol juga terlalu tinggi, terlebih bagi hewan kelinci peliharaan yang masih dalam perkembangan. yang paling ditakutkan dalam kol adalah gas yang terkandung dalam kol, (Baca juga mengenai cara membuat vitamin untuk kelinci )

jika dikonsumsi hewan kelinci peliharaan kol bisa mengakibatkan hewan kelinci peliharaan menjadi kembung dan terkadang ada juga hewan kelinci peliharaan yang mati karena gejala ini. Ada beberapa peternak menyarankan untuk diangin-anginkan atau dikeringkan terlebih dahulu kurang lebih 6 sd 8 jam. (Baca juga mengenai cara ternak kelinci hias sukses )

2. Pakan yang teksturnya kasar/ berduri

Pakan yang bertekstur kasar dan berduri di khawatirkan dapat melukai hewan kelinci peliharaan, baik melukai diluar badan hewan kelinci peliharaan atau bahkan melukai didalam tubuh keinci, misal peradangan didalam dan gangguan lambung. Maka dari itu hindarilah makanan yang seperti ini, dan ganti dengan makanan yang baik untuk hewan kelinci peliharaan. Contohnya rumput gajah, rumput berduri dll. (Baca juga mengenai cara memandikan kelinci tanpa air )

3. Pakan yang terlalu manis

Seperti manusia kebanyakan gula (glukosa sukrosa) didalam tubuh itu tidak baik, dan juga akan merusak gigi hewan kelinci peliharaan. (Baca juga mengenai penyebab bulu rontok pada kelinci )

Sponsors Link

4. Daun lamtoro

Daun lamtoro atau petai cina ini sebenarnya memiliki kandungan protein yang tinggi, namun didalamnya juga memiliki zat racun atau mimosine yang bisa mengakibatkan kerontokan bulu pada hewan kelinci peliharaan, daun yang didaerah saya juga sering disebut dengan daun mandingan ini sebaiknya jangan diberikan pada hewan kelinci peliharaan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada hewan kelinci peliharaan. (Baca juga mengenai penyebab perut kembung pada kelinci )

5. Wortel

Mungkin kebanyakan orang menganggap hewan kelinci peliharaan beridentik dengan wortel namun pada kenyataan wortel sebenarnya hanya boleh diberikan sesekali saja pada hewan kelinci peliharaan sebab di dalam wortel terdapat kandungan gula yang sangat tinggi sehingga bisa berdampak beberapa hal seperti tingkat pertumbuhan yang tidak wajar dan masalah pencernaan hewan kelinci peliharaan dari pengkonsumsian wortel yang berlebihan.

6. Kangkung

Kangkun mungkin salah satu makanan yang disukai hewan kelinci peliharaan namun karena kandungan serat kasarnya yang tinggi bisa berakibat menyulitkan pencernaan hewan kelinci peliharaan,

ads

selain itu kangkung yang termasuk tanaman bambu tersebut memiliki potensi menyimpan gas dan juga bakteri. Hal yang mendasar saat hewan kelinci peliharaan diberikan kangkung yaitu air kencingnya akan berbau pesing.

7. Rumput gajah

Rumput gajah memiliki tekstur yang terlihat tajam sehingga bisa mengakibatkan lidah serta tenggorokan hewan kelinci peliharaan terluka, jadi sebaiknya hindarilah pakan ini walaupun pada dasarnya rumput ini memiliki kandungan serat kasar  yang bagus.

Sebenarnya bisa juga rumput ini dikeringkan selama dua hari lalu dicacah halus baru kemudian bisa diberikan pada hewan kelinci peliharaan, namun karena teksturnya juga sudah kering jadi kebanyakan hewan kelinci peliharaan sudah tidak tertarik memakannya.

8. Daun kol atau kubis

Didalam kol terdapat kandungan serat kasar yang tinggi sehingga tidak baik diberikan pada hewan kelinci peliharaan secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan hewan kelinci peliharaan kembung, dari gejala kembung tersebut hewan kelinci peliharaan bisa mengalami kematian bila tidak segera diatasi.

9. Daun Mindi dan daun jagung

Daun mindi merupakan salahsatu pakan yang harus dihindari, karena dalam kandungan daun mindi mengandung racun dan biasanya daun mindi sering dijadikan sebagai bahan pestisida nabati. Daun jagung sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada hewan kelinci peliharaan, karena tekstur yang dimiliki daun jagung sangat kasar dan keras, hal ini diwaspadai akan merusak lidah dan mulut serta pencernaannya hal ini akan mengakibatkan diare pada hewan kelinci peliharaan.

10. Daun dan umbi gadung

Pemberian daun dan umbi gadung sama saja seperti meracun hewan kelinci peliharaan kita, karena dalam kandungan daun dan umbi gadung terdapat racun yang sangat mematikan, seperti kita kitahui tanaman ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan racun untuk mengendalikan binatang jenis pengerat seperti tikus.

Nah sobat, Seperti yang telah kita ketahui, jika makanan utama kelinci adalah pakan berupa hijauan, bisa rumput dan jenis sayuran. Untuk pakan jenis sayuran dan rumput, kelinci membutuhkan pakan masih segar dan bersih, hal ini kita perlukan untuk menjaga kesehatan sebab kelinci tergolong binatang sangat sensitif mudah mengalami kematian.

Sponsors Link

Namun perlu di ketahui, jika pakan hijauan yang kita berikan juga wajib untuk kita berikan dalam keadaan layu. Artinya, sebelum pakan tersebut di berikan pada kelinci, pakan harus di angin angin terlebih dahulu maksimal 3 sd 6 jam untuk membuang kadar air dan zat beracun yang bisa membahayakan bagi kelinci tersebut.

Terutama pakan yang lebih banyak kandungan air dan getahnya. Sebab pakan tersebut dapat membuat kelinci jatuh sakit, sebagai contoh saja, misal pakan sayuran kangkung yang banyak kandungan air, bisa membuat perut kelinci mengalami kembung, angin duduk dan bisa berakibat fatal, yaitu kematian..

Oke sobat, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 07th, February 2019 / 05:57 Oleh :
Kategori : Kelinci