Sponsors Link

12 Manfaat Jangkrik untuk Burung Jalak Suren

Burung jalak suren merupakan salah satu burung yang populer bagi para peternak atau para pemelihara burung kicauan. Dalam perawatan keseharian, sering diberikan extra food atau EF untuk meningkatkan stamina dan menambah kesehatan sehingga memiliki suara ang merdu dan fisik yang kuat. Salah satu EF yang sering diberikan ialah jangkrik, harga yang terjangkau dan gizinya yang tinggi menjadi alasan utamanya.

Hewan jangkrik ini sejatinya memilik kandungan nutrisi yang baik untuk burung jalak suren, kandungan dan manfaatnua secara umum antara lain protein untuk pertumbuhan sel, lemak untuk membentuk daging, karbohidrat untuk sumber tenaga, asam amino untuk antioksidan, protein kolagen untuk perpanjangan masa hidup sel,

hormon steroid untuk pengaturan birahi, hormon progesterone dan hormon estrogen untuk kesehatan reproduksi, dsb. Bagi burung jalak suren yang mengkonsumsi hewan jangkrik, maka kalori atau tenaga yang dihasilkan sekitar 4,87 kalori per gram. Kandungan ini mengalahkan jumlah kalori dari jenis pakanan lain seperti ulat, kroto, dsb.

Nah sobat, apa saja sih manfaat lengkap di dalamnya? Kenapa harus memberikan jangkrik pada burug jalak suren? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut mengenai 12 Manfaat Jangkrik untuk Burung Jalak Suren. (Baca juga mengenai manfaat jangkrik untuk burung merpati )

  • Meningkatkan Kemampuan Berkicau

Manfaat hewan jangkrik pada burung jalak suren yakni membantu meningkatkan kemampuan burung jalak suren dalam berkicau agar lebih indah dan merdu didengar. Bagus tidaknya suara yang dihasilkan oleh burung jalak suren ternyata sangat berpengaruh dari kandungan (Baca juga mengenai manfaat jangkrik pada burung kacer )

protein di dalam tubuh burung tersebut. Untuk mewujudkan suara kicauan yang lebih baik maka dapat dengan memberikan pakanan tambahan yang memiliki nilai kandungan protein tinggi dan salah satunya yakni hewan jangkrik. (Baca juga mengenai manfaat tanaman jahe untuk burung cendet )

  • Meningkatkan Birahi Burung Jalak Suren

Setiap burung kicauan yang akan diadukan atau dilombakan haruslah memiliki mental yang kuat selain harus memiliki kicauan yang merdu dan gacor. Untuk dapat membentuk mental yang kuat tersebut (Baca juga mengenai manfaat ulat jerman untuk burung cendet )

maka birahi dan emosi burung harus dapat ditingkatkan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan birahi dan emosi burung jalak suren sehingga memiliki mental yang baik yakni dengan memberikan pakanan tambahan seperti hewan jangkrik. (Baca juga mengenai manfaat daun pepaya untuk burung merpati )

  • Membuat Burung Jalak Suren Lebih Bertenaga

Seperti dalam penjelasan manfaat hewan jangkrik pada burung jalak suren sebelumnya yang dijelaskan bahwa hewan jangkrik memiliki banyak kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi yang terdapat didalam hewan jangkrik tersebut diantaranya seperti  protein, lemak, karbohidrat,

asam amino, protein kolagen, hormon steroid, hormon progesterone, dan hormon estrogen. Nah, berbagai macam jenis kandungan nutrisi tersebut dapat membuat burung jalak suren lebih bertenaga terutama saat dilombakan.

  • Membuat Tubuh Burung Jalak Suren Padat Berisi

Hewan jangkrik merupakan salah satu jenis ekstra food yang sering diberikan kepada berbagai macam jenis burung kicauan termasuk burung jalak suren. Salah satu manfaat memberikan hewan jangkrik

pada burung jalak suren yakni untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting yang sangat erat kaitannya dengan tampilan tubuhnya, dengan diberi hewan jangkrik, tubuhnya yang lebih kuat menjadi sehat, padat, dan berisi.

  • Menangkal radikal bebas

antioksidan yang terkandung dalam tubuh hewan jangkrik dapat diserap dan dicerna dengan mudah oleh burug jalak suren, antioksidan tersebutlah yang berperan untuk melawan radikal bebas dan segala kuman penyakit di sekitar, sehingga dapat membua burung jalak suren senantiasa sehat, tidak mudah terserang penyakit.

  • Menambah nafsu makan

Jika memiliki tubuh yang sehat, tentunya burung jalak suren menjadi semangat makan karena memiliki kondisi yang fit, hal itu membuat nafsu makannya bertambah sehingga terjaga staminanya dan burung jalak suren senantiasa memiliki kondisi tubuh yang prima.

  • Mengurangi stres

Manfaat lainnya dari hewan jangkrik yang diberikan kepada burung jalak suren yakni membantu menjadikan burung lebih bersikap tenang dan jauh dari stres. Sikap tenang dan rileks pada burung

tersebut dapat diperoleh karena kondisi staminanya yang terjaga, dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, serta kebutuhan nutrisinya yang selalu terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan tambahan seperti hewan jangkrik.

  • Mengobati burung jalak suren yang sakit

Jangkrik yang memiliki kandungan vitamin tinggi dapat menjadi penyembuh segala penyakit karena sel sel tubuh senantiasa diperbaiki, burug jalak suren yang sedang sakit pun menjadi lebih cepat sembuh dan terhindar dari sakit yang berkepanjangan.

  • Mencegah penyakit

Jika memiliki stamina yang fit, secara otomatis kekebalan tubuh burung jalak suren akan terus meningkat, hal itulah yang dapat menjadi pencegah penyakit, burung jalak suren menjadi kuat dan memiliki fisik yang sehat dalam segala cuaca atau kondisi.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin

Seperti yang penulis jelaskan pada ulasan awal bahwa jangkrik memiliki berbagai kandungan gizi dimana kandungan tersebut sudah termasuk segala jenis vitamin dan mineral, dengan memberikan jangkrik pada burung jalak suren, kebutuhan vitaminnya akan terpenuhi dimana tidak semua pakan burung dapat memenuhi kebutuhan vitamin tersebut.

  • Menghindarkan dari bahan pakanan berbahaya

Ada begitu banyak pilihan pakanan burung jalak sure, mulai dari yang instant hingga alami, bagi pemilik burung yang tidak ingin repot, umumnya hanya memberikan pakan yang sudah jadi dan tidak

memberikan pakan yang alami, hal itu tentu berbahaya sebab banyak kandungan pengawet di dalam pakan instant tersebut, pemberian jangkrik akan memberikan jaminan keamanan pada pakan yang diberikan.

  • Menyehatkan tulang dan otot

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan asupan kalsium, hewan termasuk burung jalak suren juga membutuhkan, kalsium dibutuhkan burung jalak suren untuk menguatkan tulangnya agar sellau fit dan prima dalam segala cuaca atau dalam masa khusus seperti masa pertumbuhan dan masa mabung,

dengan memberikan jangkrik, maka sudah mencukupi kebutuhan kalsium dan membuat burung jalak suren memiliki pertumbuhan yang bagus, burung lebih cepat besar dan memiliki tulang serta otot yang kuat sehingga terlihat lebih gagah.

Itulah berbagai manfaat jangkrik untuk burung jalak suren, jangan lupa untuk memberikannya dengan takaran yang tepat atau dengan konsultasi pada dokter hewan. Sekian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, January 2019 / 00:31 Oleh :
Kategori : Burung