Sponsors Link

11 Tanda Indukan Kacer Betina Bertelur

Bagi para peternak burung kacer peliharaan pemula mungkin banyak kendala yang sering dihadapi dari mulai membedaan jenis kelamin kedua indukan, proses perjodohan, indukan tidak mau kawin, indukan tidak juga bertelur, telur tidak menetas, dan masih banyak permasalahan permasalahan lainnya.

Semua permasalahan tersebut adalah proses dalam belajar menangkarkan burung kacer peliharaan, dan mungkin semua peternak burung pernah mengalami permasalahan permasalahan tersebut pada awal awal memulai usahanya. Baca juga mengenai : cara menjinakkan burung kacer liar

Agar dapat sukses beternak burung kacer peliharaan sobat memang harus jeli melihat kondisi burung kacer peliharaan yang sobat ternak agar segera dapat dicari solusinya jika terjadi masalah, termasuk mempersiapkan semua keperluan indukan burung kacer peliharaan pada saat akan bertelur, karena ini merupakan tahap awal dari keberhasilan ternak burung kacer peliharaan sobat. Baca juga mengenai : manfaat mandi air garam untuk kacer

Ciri ciri atau tanda indukan burung kacer peliharaan mau kawin adalah jug salah satu tahap yang penting yang harus di pahami setiap peternak atau peternak burung. Beternak burung kacer peliharaan membutuhkan kesabaran. manfaat daun binahong untuk burung kacer

Ternak burung kacer peliharaan tidak terlalu sulit alias mudah. Jika sobat sudah melakukan persiapan untuk beternak burung ini dan peralatan beternak sudah sobat cukupkan maka yang harus sobat lakukan sekarang adalah memeriksa apakah burung kacer peliharaan sobat siap untuk tangkarkan atau belum. Baca juga mengenai : manfaat ekor cicak untuk burung kacer

Ciri ciri atau pertanda indukan burung kacer peliharaan mau kawin adalah :

  • Sepasang indukan akan menghabiskan hampir sepanjang hari bertengger berdampingan.
  • Saling menyuapi , pejantan biasanya menyuapi indukan betina dengan mengunyahkan makanan.
  • Pejantan akan mengambil posisi di belakang indukan betina , setelah sobat melihat  ini berarti bahwa burung akan kawin dan hampir siap untuk berkembang biak. Cobalah untuk mengamati mereka  ketika sobat melihat ini.
  • Pertanda burung kacer peliharaan kawin adalah indukan betina  membuka sayapnya kemudian pejantan di atas punggungnya.

Kalau sudah muncul ciri kawin seperti di atas maka sobat harus memberikan mereka beberapa bahan bersarang seperti potongan bambu yang tipis tipis, kulit jagung, atau kertas putih polos. Cobalah untuk mengamati burung kacer peliharaan sobat . Jika burung membuat strip dari bahan bahan yang sobat beri dan bahan sarang  di selipkan ke bulu punggungnya artinya bahwa indukan betina sedang membuat sarang mereka.  Baca juga mengenai : manfaat jangkrik pada burung kacer

Tanda Indukan Kacer Betina Bertelur

Burung kacer peliharaan betina yang akan bertelur dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang tampak lebih besar/gemuk dan juga terlihat dari perilakunya yang selalu gelisah dan bersuara keras. Jika burung kacer peliharaan betina sudah menunjukkan perilaku seperti itu,

sobat bisa mencoba memasukan selembar kertas koran/ tisu kedalam kandangnya, jika burung kacer peliharaan betina mulai menyobek nyobek kertas koran/ tisu tersebut dan menyelipkan pada sayapnya maka bisa dipastikan kalau indukan burung kacer peliharaan betina akan mulai bertelur.

Setelah pasangan burung kacer peliharaan melakukan perkawinan, dalam waktu 10 hari kedepan biasanya burung kacer peliharaan betina sudah mulai memproduksi telur. Telur akan keluar satu persatu dengan jeda antara 1 sd 3 hari untuk mengeluarkan telur berikutnya.

  • Burung kacer peliharaan betina akan mulai ngunjal atau membuat sangkar dengan menggunakan sobekan sobekan kertas, daun cemara, serpihan kayu, atau serabut kelapa yang sobat berikan.
  • Burung kacer peliharaan betina akan lebih sering berada didalam kotak glodok.
  • Jika dilihat, bagian anus/ alat kelamin burung kacer peliharaan betina tampak membengkak.
  • Jika diperhatikan, nafasnya terdengar lebih berat.
  • Terjadi peningkatan berat badan daripada kondisi biasanya, dan yang menunjukkan pembesaran adalah daerah perut. Maka sobat harus jeli mengamati sebelum bertelur agar bisa membandingkan setelah terjadi pembuahan atau terjadinya ritual perkawinan.
  • Nafas burung kacer peliharaan betina akan bertambah berat atau agak terengah engah di banding kondisi normal sebelum hamilnya.
  • Pantat burung kacer peliharaan betina bertambah besar.
  • Indukan burung kacer peliharaan betina banyak menghabiskan waktunya dalam kotak sarang.

  • Burung kacer peliharaan akan membangun sarangnya. Hal ini terlihat dari indukan betina maupun jantan akan mengambil bahan sarang seperti serutan kayu ataupun serutan bambu. Jadi kalau sobat melihat burung kacer peliharaan kawin, besoknya langsung saja ditaruh bahan sarang yang bisa terbuat dari serutan kayu ataupun serutan bambu. Ada peternak lain yang menggunakan daun cemara yang sudah jatuh biasanya sudah kering.
  • Perut indukan burung kacer peliharaan betina akan terlihat besar dari biasanya. Jadi pada bagian perut bagian belakang atau yang dekat dengan anus terlihat membesar atau gemuk.
  • Terkadang ada indukan yang mau bertelur sering berada di dalam glodok. Ada juga yang sering bolak balik keluar glodok.

Jadi intinya setelah terlihat proses kawin, maka dalam waktu kurang kurang dari atau dua minggu kemudian burung kacer peliharaan bertelur. Jadi siapkan saja bahan sarang di dalam kandang. Bahan sarang tadi akan dibawa masuk oleh indukan burung kacer peliharaan ke dalam glodok.

Perawatan pada saat indukan burung kacer betina akan bertelur:

  • Pada saat akan bertelur, burung kacer peliharaan betina membutuhkan lebih banyak asupan kalsium untuk proses pembentukan cangkang telur. Karena itu sobat harus memberikan vitamin atau tulang sontong sebagai penambah asupan kalsium agar burung kacer peliharaan dapat menghasilkan telur yang bagus.
  • Pada masa ini, jangan dulu membuka kotak glodok agar indukan betina lebih fokus dalam bertelur, tapu tetap harus selalu dicek perkembangannya sampai burung kacer peliharaan mengerami telurnya.
  • Pada masa bertelur, indukan kacer membutuhkan banyak makan dan membutuhkan pakan yang berprotein tinggi agar telurnya bisa fertil atau bisa menetas. Sediakan pakan jagung muda setiap dua hari sekali, potongan kangkung muda, dan milet putih sebagai pakan standar.
  • Di dalam kandang sediakan juga tulang sotong (asinan) atau batu bata merah. Keduanya mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh indukan betina kacer agar telurnya cukup kalsium.

Nah sobat peternak, itulah ciri indukan betina kacer akan bertelur beserta cara perawatannya. Jangan lupa untuk merawat burung kacer sobat sebaik mungkin agar selalu produktif dan terjaga kesehatannya. Oke sobat, Semoga bermanfaat untuk sobat semua dalam menjalankan ternak burung kacer ya.. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , , ,
Post Date: Friday 17th, May 2019 / 04:22 Oleh :
Kategori : Burung