Sponsors Link

8 Teknik Dasar Ternak Kambing Bagi Pemula

Sponsors Link

Beternak adalah solusi yang tepat untuk anda dalam menambah penghasilan. Sudah cukup banyak yang memanfaatkan peluang ini mulai dari beternak serangga sampai dengan hewan besar.

ads

Salah satunya adalah kambing, jika Anda ingin menjadi peternak yang sukses dan menguntungkan maka harus memperhatikan beberapa teknik dasar ternak Kambing. Sehingga dalam hal ini anda bisa mengelola ternak anda dengan sangat baik dan benar, serta menghasilkan kambing-kambing berkualitas dan kalau dijual kembali sudah jelas lebih mahal.

Kambing adalah hewan yang paling umum di ternak oleh kebanyakan orang. Karena selain menguntungkan bagi para peternak, harganya juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan harga sapi. Anda bisa menggunakan peluang waktu kosong anda dengan cara beternak kambing. Dengan memahami serta Teknik Dasar Ternak Kambing, anda sekaligus telah mempunyai wawasan lebih mengenai cara perawatannya.

Terdapat 8 teknik dasar dalam hal ini yang harus anda perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan Kandang

Sebelum memulai untuk beternak, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mempersiapkan kandangnya. Kandang kambing yang dibuat juga memerlukan lahan yang cukup, setidaknya anda telah menyiapkan lahannya. Umumnya kandang yang dibuat mempunyai tempat teduh yang nyaman dan strategis dengan lokasi tempat tinggal anda. Biasanya orang meletakkan di belakang rumah, membuatkan sebuah gubukan dari bambu. (Baca Juga: Cara Mudah Ternak Kambing Gibas)

  1. Pemilihan Kambing

Untuk beternak kambing, pastinya anda harus membelinya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memilih kambing berkualitas. Memilih dengan usia yang masih muda dan sehat, tidak cacat fisik ataupun sakit. Teliti terlebih dahulu sebelum memastikan untuk membelinya, agar tidak terjadi penyesalan ketika kambing sudah berada di kandang milik Anda sendiri.

Lihatlah gerak-gerik sang kambing mengenai kelincahannya serta nafsu makannya. Selain itu, teknik yang benar dalam memilih kambing adalah melihat bulunya yang mengkilap serta matanya bening. Seperti itulah ciri-ciri Kambing sehat yang bisa diketahui dengan mudah.

  1. Pemilihan Pakan

Pemberian pakan pada kambing merupakan salah satu teknik dalam beternak. Pemberian pakan ini juga harus memenuhi kebutuhan gizinya, sehingga mampu menunjang kesehatan dan kualitas kambing nantinya. Pakan yang baik untuk kebutuhan kambing adalah yang cepat menambah berat badannya.

Adapun biasanya makanan yang di butuhkan kambing adalah hijau-hijauan segar meliputi: Rumput, Daun Lamtaro, Daun Singkong, Daun Turi, Daun Pepaya, Daun Nangka dan masih banyak lagi, terutama yang memiliki kandungan protein tinggi. Namun sebelum memberikan pakan dedaunan tersebut kepada kambing, lakukan penjemuran terhadap hijau-hijauan tersebut agar layu terlebih dahulu dan semakin nikmat untuk dikonsumsi bagi Kambing. (Baca Juga: Gejala Cacingan Pada Kambing)

Sponsors Link

  1. Menjaga Kesehatan

Meskipun kambing adalah hewan yang tidak bisa membuang kotoran pada tempatnya seperti kucing, anda harus tlaten untuk menjaga kebersihannya. Rajinlah untuk memandikan si kambing minimal satu minggu dua kali. Selain itu anda serta harus memastikan kesehatan sang kambing dengan melihat kondisinya, apakah nafsu makan kambing teratur atau sedang berkurang. Menjadi tanggung jawab anda jika kambing mengalami penurunan makan.

  1. Memberikan Nutrisi

Layaknya hewan lainnya, kambing juga memerlukan nutrisi tambahan untuk menunjang kesehatan serta kekebalan terhadap serangan penyakit. Berikan serta vitamin tambahan, baik yang bisa anda beli dari kios pakan kambing atau dengan memberikan jamu alami.

Namun biasanya para peternak lebih sering memberikan jamu alami dibandingkan harus membelinya. Ada banyak herbal yang bisa diberikan kepada sang kambing seperti temu ireng, temulawak, lempuyang dan berbagai macam ramuan herbal lainnya.

Cara untuk membuat ramuan kambing adalah dengan menumbuk bahan-bahan seperti temulawak, temuireng, lempuyang, kunyit, pace menjadi satu. Jika sudah ditumbuk, berikan sedikit air dan berikan pada sang kambing. Nutrisi lainnya adalah dua buah pisang sisir yang di masak dengan santan dan gula jawa serta ditambah dengan sedikit garam dan di masak sampai menjadi bubur untuk diberikan kepada kambing ketika sudah dingin. (Baca Juga: Gejala Masitis Pada Kambing)

  1. Pemijahan

Karena tujuan beternak adalah untuk menghasilkan kambing lebih banyak lagi, sehingga anda perlu melakukan pemijahan terhadap kambing jantan dan betina. Berikan tempat khusus untuk kedua jenis kambing tersebut, dan jodohkan dengan cara mendekatkan terlebih dahulu satu sama lainnya. Setelah kambing mengalami masa perkawinan ketika disatukan,  maka tidak lama kemudian akan mengandung selama kurang lebih 5 – 6 bulan. Sehingga setelah tahap ini dimulai, anda harus sudah menyiapkan semua peralatan untuk kelahirannya.

Sponsors Link

  1. Suntik

Kambing membutuhkan suntik khusus dari dokter hewan untuk menambah kekebalan kesehatan. Hal ini tentu sama terhadap semua hewan yang juga harus dilakukan vaksinasi. Minimal dalam sebulan lakukan vaksinasi dua kali. (Baca Juga: Budidaya Kambing Biri-biri)

  1. Tahap Panen

Panen terhadap ternak kambing bisa dilakukan ketika kambing betina anda sudah mengalami kelahiran, atau jika kambing jantan telah mempunyai usia tambah dan ukuran bobot besar.

Kemudian jangan lupa untuk melakukan perawatan terlebih dahulu dengan baik terhadap anak yang baru saja dilahirkan oleh Kambing Betina. Jangan sampai anda membiarkan induk dan ekornya begitu saja, berikan tempat yang nyaman.

Untuk teknik dasar ternak Kambing ini diharapkan mampu membantu Anda dalam melakukan budidaya kambing di rumah. Beternak memang tidak semua orang suka, tetapi hal ini harus anda pertimbangkan benar karena akan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 19th, July 2018 / 10:38 Oleh :
Kategori : Kambing