Sponsors Link

6 Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Organik

Sponsors Link

Siapa yang tidak suka dengan telur bebek? Selain ukurannya yang lebih besar dibandingkan telur ayam telur bebek juga memiliki cita rasa berbeda yang disukai oleh banyak orang sehingga tidak heran jika harganya lebih mahal dibanding telur ayam.

ads

Selain itu telur bebek juga banyak diolah menjadi telur asin yang memiliki banyak peminat. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk membuka usaha bebek petelur.

Salah satu faktor penentu keberhasilan usaha ternak bebek petelur adalah pemberian pakan yang berkualitas. Untuk urusan ini memang telah tersedia berbagai jenis pakan siap konsumsi yang dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko yang menjual pakan ternak.

Pakan siap konsumsi ini telah melalui perhitungan yang presisi sehingga nilai gizinya sudah diperhitungkan dengan baik pula sesuai kebutuhan bebek.

Namun sayangnya harga pakan bebek petelur yang dijual di pasaran cukup mahal sehingga kurang cocok digunakan oleh peternak bebek petelur skala kecil yang baru memulai usahanya. Untuk menyiasatinya anda dapat membuat sendiri pakan bebek petelur sehingga biaya pakan bebek bisa ditekan.

Baca juga: cara pemberian pakan pada bebek petelur – cara beternak bebek petelur modern

Selain lebih murah dari segi biaya membuat sendiri pakan bebek petelur menghindarkan anda dari penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan sehingga hewan ternak terhindar dari efek sampingnya dan dapat tumbuh alami. Sebaliknya anda dapat memilih berbagai bahan alami yang bersifat organik sehingga bebek dapat tumbuh sehat dan produktif. Nah, bagi anda yang masih bingung bagaimana cara membuat pakan bebek petelur organik, baca terus artikel ini dan dapatkan informasi yang anda butuhkan.

Untuk membuat pakan bebek petelur organik dibutuhkan bahan-bahan berikut yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita diantaranya:

  1. Serat, sayuran, atau cacahan gedebog pisang sekitar 20-30%
  2. Dedak atau bekatul sekitar 20%
  3. Konfit BR 511 sekitar 30%
  4. Air sebanyak 10 liter
  5. Suplemen organic cair (SOC) sebanyak 20 tutup botol (untuk 1 kw)
  6. Tepung ikan atau tepung dari bahan lain seperti cangkang udang dan daging bekicot sekitar 10%
  7. Vitamin bebek seperti Vibro sebanyak 1 sendok dan air sebanyak 5 liter untuk mencairkannya
  8. Gula pasir sebanyak seperempat kilogram.

Setelah bahan-bahan ini dikumpulkan sesuai takaran maka lakukan 6 cara membuat pakan bebek petelur organik berikut ini:

  1. 1 sendork Vibro diencerkan dengan 5 liter air, aduk hingga larut.
  2. SOC, gula pasir, dan 10 liter air diaduk hingga larut dan didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan agar mikroba yang terkandung dalam SOC bisa berkembang dengan baik.
  3. Siapkan terpal dan bentangkan. Kemudian sebarkan cacahan serat atau gedebog pisang di atas terpal secara merata dengan ketebalan maksimal 20 cm. Kemudian BR 511 disebarkan di atas cacahan serat tersebut.
  4. Tambahkan lagi tepung ikan atau tepung dari daging hewan seperti kodok dan bekicot di atas BR 511 yang telah disebar sebelumnya. Larutan SOC yang telah didiamkan tadi dicampur dengan bekatul dan diaduk hingga rata. Setelah itu disebarkan pula di atas tepung ikan.
  5. Kemudian tambahkan lagi larutan Vibro yang telah diencerkan sebelumnya di atas bahan-bahan yang telah disebarkan di atas terpal tadi. Semua bahan ini diaduk hingga mamel.
  6. Setelah tercampur dengan baik campuran tadi kita fermentasikan dengan cara dimasukkan ke dalam tong yang ditutup rapat selama sekitar 3 jam. Setelah itu pakan siap diberikan pada bebek petelur yang diternakkan. Untuk bebek petelur sebanyak 100 ekor pakan ini dapat diberikan dengan takaran 20-30 kg per hari.

Demikianlah 6 cara membuat pakan bebek petelur organik yang bisa anda praktekkan secara langsung. Dengan menerapkan cara-cara ini anda bisa tetap memberi pakan yang berkualitas pada hewan ternak tanpa menghabiskan biaya yang besar sehingga peternak bebek petelur pemula yang baru memulai usahanya tidak terkendala masalah biaya pakan ternak yang terlalu tinggi.

Lain halnya jika usaha ternak anda sudah berskala besar, penggunaan pakan siap konsumsi bisa jadi lebih efektif mengingat waktu dan tenaga yang diperlukan untuk mengolah sendiri pakan bebek petelur.

Baca juga: cara ternak bebek petelur modern – cara beternak bebek di lahan sempit

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 30th, August 2018 / 03:58 Oleh :
Kategori : Bebek