Sponsors Link

13 Cara Ternak Kroto Dengan Media Kardus

Sponsors Link

Jika kalian ingin beternak kroto, kalian bisa coba menggunakan kardus. Walaupun cukup aneh, tapi sudah banyak peternak kroto mencoba memakai media kardus sebagai wadah untuk budidaya. Tentu saja akan ada kelebihan serta kekurangan budidaya bibit kroto memakai media kardus.

ads

Salah satu kelebihannya adalah kardus sangat mudah ditemukan karena stoknya yang banyak serta relatif murah. Ukuran kardus pun sangatlah variatif.

Sedangkan kekurangan dari budidaya menggunakan kardus adalah kalian tidak dapat memantau perkembangan serta pertumbuhan kroto. Pemanenan dengan media ini sangat sulit dilakukan. Serta salah pemilihan kardus, bisa membuat kroto tidak dapat hidup nyaman.

Selain itu ada beberapa hal penting djika ingin melakukan budidaya kroto terutama untuk pemula. Beberapa hal ini sangat mempengaruhi hasil panen kalian. Berikut beberapa hal yang harus kalian lakukan jika ingin memulai bisnis ini.

1. Lingkungan

Kalian harus memilih lingkungan yang sangat mendukung untuk melakukan budidaya kroto. Lingkungan yang baik haruslah yang memiliki cahaya redup, sirkulasi udara baik, suhu udara yang berada diantara 26 – 30° C, serta kelembaban udara yang mencapai 60 – 72%.

2. Kandang Kroto

Buat kandang yang baik haruslah memakai kardus yang terbuat dari bahan berserat. Usahakan kandang yang digunakan sesuai dengan jumlah bibit ternak. Jangan sampai kalian membuat kandang yang sangat sempit. Karena akan mengganggu sirkulasi udara didalam kandang.

3. Kemanan

Kemanan saat beternak juga sangat penting, sehingga jangan pernah kalian menyepelekannya. Kalian bisa menaruh air di kaki-kaki kandang kroto. Hal ini perlu kalian lakukan pada saat budidaya kroto. Sehingga semut kroto tidak akan berceceran di lantai jika sedang berusaha kabur dari kandangnya. Intinya kalian harus membuat kandang yang senyaman mungkin untuk semut-semut itu.

4. Pakan Kroto

Usahakan pakan untuk kroto merupakan pakan yang berkualitas. Sehingga kroto Anda bisa tumbuh serta bisa berkembang dengan baik serta sehat. Usahakan kalian memberikan pakan kroto dengan pakan yang masih hidup. Kalian bisa memberikan mereka pakan seperti ulat hongkong, jangkrik, ulat pisang, ataupun belalang. Kalian juga dapat memberikan minuman seperti air gula dengan perbandingannya adalah gula dan airnya 1:4.

Sponsors Link

5. Karakter Kroto

Pada saat budidaya kroto, kalian perlu memperhatikan beberapa sifat kroto. Sehingga kalian bisa mengenal mengetahui sifat kroto yang kalian budidayakan. Karakter kroto ini harus dijadikan acuan buat syarat pada saat budidaya kroto.

6. Pemilihan Kroto Ratu

Piluhlah kroto ratu, kroto ratu adalah semut yang berperan untuk menghasilkan telur. Kroto ratu ini biaa bertelur sampai ribuan telur. Kroto ratu yang baikah harus memiliki besar 10 kali lebih besar dibandingkan semut biasanya. Berwarna hijau kemerahan, kroto ratu juga suka berdiam diri dalam sarangnya sehingga akan sangat mudah kalian lihat.

7. Pemilihan Kroto Pejantan

Memilih kroto pejantan haruslah yang berkualitas. Mengingat kroto jantan berfungsi menjadi pengawin kroto ratu agar bisa bertelur. Berikut ini merupakan ciri-ciri kroto pejantan kualitas. Besarnya pun biasanya lebih kecil dibandingkan semut biasa. Serta memiliki usia yang lebih pendek, biasanya semut pejantan sehabis kawin akan mati.

8. Memperhatikan Kondisi Kroto Pekerja

Setelah bertelur, akan muncul kroto pekerja sering juga disebut dengan kroto koloni. Kroto ini berfungsi mengasuh kroto berusia muda. Kroto pekerja biasanya adalah kroto betina yang tidak bisa bertelur. Sehingga tidak akan bisa menjadi ratu. Bahkan ukurannya lebih  kecil 5 hingga 6 mm dibandingkan semut kroto lainnya.

Selain itu akan ada kroto yang disebut  sebagai kroto prajurit. Dikarenakan tugasnya yang menjaga sarang ataupun melindungi koloni semut dari serangan luar. Kroto ini juga akan menjaga makanan yang telah dikumpulkan. Biasanya, jumlah semut prajurit lebih banyak daripada kroto lainnya.

9. Pakan Kroto

Pakan adalah suatu hal yang sangat penting pada saat budidaya kroto. Sehingga para peternak wajib memperhatikan kualitas pangan serta suplemen pakan kroto yang kalian berikan sebagai makanan. Sehingga asupan kroto yang sedang kalian budidaya. Akan lebih baik jika kalian memilih pakan yang masih hidup.

10. Memberikan Ulat Hongkong

Ulat hongkong bisa dijadikan sebagai pakan kroto. Ulat hongkong merupakan pakan kroto yang sangat kaya kandungan protein. Sehingga bisa meningkatan kualitas kroto yang sedang kalian budidayakan. Selain itu, ulat hongkong juga mempunyai beberapa kandungan seperti kadar abu, nutrisi, ekstrak non nitrogen, lemak kasar, hingga air.

Tidak cuma ulat hongkong yang bisa menaikan kualitas kroto. Ulat pisang juga mengandung gizi yang sangat tinggi. Kandungan gizi yang tinggi seperti protein pembangun, berbagai macam enzim hingga protein hormone dapat membantu pertumbuhan kroto dengan baik.

Sponsors Link

12. Perawatan

Jika Anda memutuskan untuk budidaya kroto, maka Anda juga perlu memutuskan perawatan kroto yang baik. Sehingga perawatan kroto dalam budidaya kroto ini dikatakan sangat penting dalam kelangsungan hidup serta perkembangbiakan kroto. Jadi kalian wajib memperhatikan pertumbuhan serta perkembangbiakan kroto dengan intens. Kalian juga perlu memperhatikan kondisi kandang kroto. Kandang kroto haruslah menggunakan bahan berkualitas baik.

Sebenarnya, perawatan kroto sangat mudah kalian lakukan serta sangat efisien untuk dilakukan. Kalian wajib melakukan beberapa perawatan mulai dari rutin membersihkan lokasi budidaya, rutin membersihkan kandang, Memastikan jika kandang tidak ada kebocoran serta mementingkan keamanan dan kenyamanan kroto yang sedang kalian budidaya.

13. Media Sarang

Pada saar kalian melakukan budidaya kroto, lebih baik kalian memberikan media sarang yang nyaman serta aman buat kroto peliharaan kalian. Hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangbiakan kroto yang sedang kalian budidayakan. Ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan pada saat menyiapkan media sarang kardus yang nyaman serta aman. Kalian harus memakai media kardus yang baru serta bersih. Jadi kalian tidak perlu membersihkan terlebih dahulu sarang.

Kalian juga dapat menggunakan media sarang menggunakan wadah kardus bekas mie ataupun kardus yang mempunyai bau sangat menyengat buat media sarang kroto. Tetap usahakan agar media sarang yang kaloan gunakan dalam keadaan bersih serta nyaman buat kroto-kroto peliharaan kalian.

Itulah beberapa hal penting mengenai cara membudidayakan kroto yang baik serta benar. Kalian dapat memulainya dari sekarang dengan menggunakan cara budidaya kroto di atas, qpalagi jika kalian masih pemula. Tapi buat kalian yang sudah lama membudidayakan kroto, tidak ada salahnya kalian menggunakan cara diatas yang sama dengan dengan  cara beternak burung parkit, cara ternak burung walet

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 26th, April 2018 / 06:27 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak