Sponsors Link

10 Efek Suntik Kutu Pada Anjing

Sponsors Link

ads

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak di miliki orang. Seringkali kita juga menjumpai di setiap daerah, meskipun tidak semua. Ada banyak jenis dan pemanfaatan dari anjing itu sendiri.

Bagi para pecintanya, mempunyai anjing sudah menjadi hal biasa untuk di rawat dan di didik. Tetapi untuk sebuah lembaga kepolisian, biasanya anjing di gunakan sebagai bantuan mereka berpatroli. Misalnya seperti anjing pelacak yang sangat pandai mengendus keberadaan objek yang sedang di cari.

Sedang sebagian orang lainnya, anjing sengaja di pelihara mungkin karena untuk menjaga keamanan dalam lingkup mereka. Misalnya saja untuk penjagaan rumah dari maling, sehingga orang yang hendak berniat buruk akan merasa kesulitan. Mempunyai anjing tentu hal yang cukup menyenangkan.

Kita bisa merawat dan melatih untuk menjadi pandai. Pecintanya tentu selalu memberikan yang terbaik kepada peliharaan mereka. Salah satu wujud atau komponen dari perawatan anjing itu sendiri adalah dengan memberikan suntik.

Tujuan suntik yang tak lain ini adalah untuk memberikan kekebalan tubuh anjing. Faktanya, banyak jenis suntikan yang bisa di berikan, seperti menghilangkan kutu. Tahukah anda tentang suntikan kutu terhadap anjing? Terdapat beberapa efek suntik Kutu pada Anjing yang harus anda ketahui sebagai pertimbangan ketika hendak melakukannya. (Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Pada Anjing)

8 Efek Suntik Kutu Pada Anjing

  1. Muntah

Efek pertama dan umum yang terjadi ketika anjing di suntik kutu adalah rasa mual, sehingga anjing bisa saja muntah. Muntah seperti ini menjadi efek yang umum untuk semua kondisi. Bahkan manusia juga bisa mengalaminya, akibat efek dari sebuah obat saja.

  1. Kejang

Selain muntah, efek yang kedua adalah kejang. Biasanya anjing yang di lakukan suntik kutu bisa saja kejang. Hal ini merupakan salah satu efek samping dari suntik tersebut, tetapi terkadang tidak masalah. Namun jika kejangnya sangat sering dan mengkhawatirkan, sebaiknya tanyakan pada dokter secepatnya supaya terungkap apa masalah kejangnya yang berkepanjangan itu. (Baca Juga: Cara Mengobati Anjing yang Terkena Virus Parvo)

  1. Lemas

Lemas adalah hal biasa untuk anjing yang telah di berikan suntik anti kutu. Obat yang telah merasuk dalam tubuhnya memang terkadang memberikan dampak lemas. Akan tetapi keadaan ini biasanya terjadi sesaat setelah anjing telah usai di suntik.

Sponsors Link

  1. Mata tidak Merespon

Mata tidak merespon juga menjadi salah satu efek yang timbul karena suntik kutu pada Anjing. Maksudnya adalah, ketika anjing telah di suntik anti kutu, kalau tidak mengalami beberapa hal di atas biasanya anjing akan mempunyai efek seperti mata tidak merespon alias sayu. Jika biasanya anjing lincah dengan pandangan yang tajam dan baik-baik saja, maka efek dari suntikan adalah sayu. Anda tidak perlu khawatir, hal ini memang sering di alami. (Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anjing)

  1. Panas

Keadaan panas sudah biasa di alami setiap hewan ketika kondisi kurang sehat. Tetapi dalam hal suntik kutu, panas menjadi efek atau bagian dari hal suntik itu sendiri. Biasanya anjing yang mengalami panas bisa di rasakan dari keadaan tubuhnya. Anda bisa memegang badan anjing dan bisa di rasakan langsung dari kulitnya. Panas akan terasa dengan sangat ketika usai di suntik kutu tersebut.

  1. Mengerang Kesakitan

Ketika Anjing mengerang kesakitan, itu sudah menjadi hal yang wajar karena memang menjadi salah satu efek yang ditimbulkan dari suntik kutu. Biasanya suara anjing akan terasa berbeda dari biasanya, ini adalah cara anjing dalam menyampaikan keluhan setelah dilakukan suntik kutu. Kalau anjing mengerang kesakitan secara sering, sebaiknya segera panggilkan dokter. Tetapi jika hanya sesaat, itu efek sebentar saja ketika tubuhnya terkena jarum suntik. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Anjing)

  1. Cenderung Diam

Setelah di suntik biasanya anjing lebih suka diam. Hal ini sudah biasa pada anjing atau hewan manapun ketika sudah di suntik. Beberapa saat, biasanya anjing akan kembali normal dan beraktivitas seperti umumnya.

  1. Dehidrasi

Setelah di suntik pula, anjing akan lebih sering minum namun mungkin tidak semua anjing. Ini yang di sebut anjing mengalami dehidrasi. Sehingga anda harus menyediakan air minum untuk di minumnya sendiri sewaktu-waktu. Oleh karena itu, Anda harus rutin memeriksa ketersediaannya supaya tidak sampai kehabisan Air.

Sponsors Link

  1. Nafsu Makan Turun

Untuk pertamanya, efek dari suntikan kutu itu sendiri akan membuat anjing mengurangi nafsu makan. Keadaan ini tidak akan berlangsung lama, namun hanya sesaat setelah anjing di suntik kutu. Sebaiknya jangan menyediakan makanan terlalu banyak, cukup sedikit saja. Bila makanan tersebut habis segera ambilkan sedikit lagi sampai memenuhi keinginan anjing. (Baca Juga: Cara Memberi Makan Anak Anjing 2 Bulan)

  1. Pucat

Tubuh anjing akan terlihat lebih pucat, dimana kulitnya berubah dari warna biasanya. Ini adalah efek dari suntik kutu. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada dokter apakah keadaan ini berbahaya atau tidak. Jika tidak berbahaya maka anda tidak perlu khawatir, namun jika cukup mengkhawatirkan sebaiknya mintalah dokter untuk melakukan sesuatu.

Kutu memang menjadi hewan pengganggu bagi anjing dan harus di berantas. Namun efek dari suntikan itu sendiri tentu ada. Demikianlah dari efek suntik Kutu pada Anjing, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 04:35 Oleh :
Kategori : Anjing