Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anjing

Sponsors Link

Anjing merupakan salah satu jenis binatang yang bisa menjadi peliharaan.

ads

Selain kucing, banyak sekali orang yang juga memelihara anjing. Pecinta anjing sama halnya dengan pecinta kucing, menyayangi hewan peliharaan melebihi dirinya sendiri.

Pasalnya anjing yang sudah terlalu akrab dengan pemiliknya akan mudah untuk di latih menjadi lebih cerdas dan pintar.

Tetapi dibalik orang memelihara anjing tidak semua untuk kesayangan dirumah, melainkan untuk hal lain seperti membantu sang pemilik. Beberapa misalnya adalah anjing yang di pelihara untuk menjaga rumah dari maling.

Selain itu anjing juga berperan penting dalam membantu sebuah instansi seperti kepolisian yang disebut dengan anjing pelacak.

Sebagai pemilik tentu saja anda tidak ingin melihat anjing kesayangan sakit. Hal yang paling di sedihkan untuk pecinta pet adalah melihat kesayangan mereka menderita. Begitu pula dengan anjing yang bisa saja sakit, entah penurunan kesehatan atau penyakit kronis lain.

Tentu saja anda tidak berhenti mencari solusi yang tepat. Salah satu kondisi yang paling umum terjadi adalah gangguan pada pernafasan. Diantaranya adalah seperti pilek yang mampu menyumbat hidung.

Seperti yang diketahui bahwa anjing menggunakan hidung untuk mengendus makanan mereka guna mengetahui apakah makanan yang diberikan masih tetap sama atau ganti.

Lantaran tersumbatnya hidung membuat anjing merasa kesulitan dalam hal itu. Bagaimana anda menyikapinya? Pastinya tidak tenang dan mencari cara mengatasi hidung tersumbat pada Anjing. (Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Pada Anjing)

Dalam kesempatan kali ini bukan sekedar membincangkan seputar anjing saja. Akan tetapi ulasan menjelaskan kondisi anjing ketika hidung tersumbat memang harus segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan hidung tersumbat pada Anjing yang dapat Anda terapkan pada hewan kesayangan:

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anjing

  1. Memberikan Susu Hangat

Anjing termasuk hewan yang juga mengkonsumsi susu sebagai nutrisi. Kendati demikian bukan berarti anjing tidak meminum air putih.

Untuk mengatasi hidung anjing yang sedang tersumbat, anda dapat mencoba memberikan susu hangat padanya.

Pastikan tidak terlalu panas namun tidak dingin. Susu yang diberikan dengan suhu hangat mampu membantu meredakan kondisi hidungnya yang bermasalah hingga menyebabkan tersumbat. Selain susu, anda juga bisa memberikan air hangat. Letakkan saja di dekat anjing dan biarkan ia meneguknya sendiri.

  1. Memberikan Obat

Sebaiknya anda juga perlu memberikan obat untuknya yang bisa di berikan baik secara langsung atau di campur pada makanan dan minumannya.

Tidak perlu khawatir untuk membelinya, karena sekarang ini sudah banyak Pet Shop yang menjual serta berbagai kebutuhan peliharaan. Baik dari makanan, atau obat-obatan yang di perlukan. (Baca Juga: Tips Memelihara Anjing Pom)

Sponsors Link

  1. Memberikan Vitamin atau Suplemen

Selain obat, anda juga bisa membantu meringankan kondisi anjing dengan cara memberikan vitamin atau suplemen yang umumnya berbentuk seperti obat.

Saat kekebalan anjing menurun, anda sudah harus berfikir bahwa mungkin saja hal itu lantaran kurangnya vitamin dan suplemen. Oleh sebab itu berikan vitamin atau suplemen padanya untuk menunjang kekebalan tubuh agar tak mudah sakit.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Berikan stimulus pada anjing saat mengalami hidung tersumbat. Lakukan dengan memberikan perhatian pada anjing berupa pengompresan dengan air hangat.

Gunakan waslap bersih dan steril yang telah di celupkan pada air hangat, lalu letakkan pada hidung anjing. Selain ini anda juga bisa mengompres dengan botol yang telah di isi air hangat yang perlahan di kompreskan pada hidung anjing. Tetapi akan lebih cepatnya yakni dengan menggunakan waslap secara langsung.

  1. Melakukan Vaksin

Lakukan pemberian vaksin kepada anjing ketika hidung tersumbat. Vaksin adalah langkah yang seringkali di gunakan untuk meringankan kondisi anjing ketika sedang tidak sehat.

Mungkin saja kesehatan anjing menurun lantaran kurangnya sang pemilik dalam memberikan vaksin pada anjing.

Sponsors Link

Padahal anjing di usia yang masih 14 hari sudah harus di vaksin, tujuannya untuk memberikan kekebalan dan menghindarkan dari bakteri dan virus yang akan mengusung penyakit. (Baca Juga: Tips Memelihara Anjing Siberian Husky)

  1. Berikan Nutrisi Cukup

Nutrisi yang di berikan pada anjing berupa makanan yang sehat dan benar-benar memenuhi gizinya. Mungkin setiap hari anda sudah memberikan daging untuk anjing, namun pada saat anjing sedang dalam kondisi ini sebaiknya buatlah nafsu makannya makin bertambah. Dengan begitu kondisinya akan berangsur pulih.

Belikan daging kaleng yang benar-benar steril dan terkandung gizi di dalamnya. Anjing umumnya menyukai daging kaleng, sehingga ia akan memakan yang telah di berikan. Ini merupakan bentuk perlawanan tubuh anjing terhadap penyakit tersebut, dan hidung tersumbat bisa segera sembuh.

  1. Periksakan ke Dokter

Jika enam cara tersebut tidak efektif, anda harus segera membawa anjing ke dokter untuk memeriksakan kondisinya lebih lanjut.

Dengan berkonsultasi pada dokter akan di temukan gejala, penyebab dan pengobatan pada kondisi anjing yang hidungnya tersumbat. (Baca Juga: Obat Alami Untuk Anjing yang Tidak Mau Makan)

Begitulah 7 cara mengatasi hidung tersumbat pada Anjing yang dapat Anda coba terapkan ketika Anjing kesayangan Anda mengalami permasalahan seperti ini.

Segera lakukan penanganan ketika sudah menemukan tanda-tanda hidung tersumbat pada Anjing sebab kejadian seperti ini akan terasa sangat mengganggu bagi sang hewan peliharaan itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 30th, July 2018 / 10:38 Oleh :
Kategori : Anjing