Sponsors Link

15 Tips Memelihara Anjing Siberian Husky

Sponsors Link

Siberian Husky atau biasa disebut dengan huskies merupakan jenis anjing yang sangat energik sehingga jika anda ingin memeliharanya, maka dibutuhkan banyak aktivitas dan juga latihan agar anjing tersebut bisa merasa bahagia.

ads

Meski Terlihat galak dan menyeramkan, namun siberian husky adalah ras anjing yang sangat baik hati dan setia sehingga banyak orang yang ingin memelihara jenis anjing ini.

Sedangkan kekurangannya, husky adalah anjing yang sedikit keras kepala dan agak sulit dilatih sehingga harus anda pikirkan sebelum memeliharanya.

Pertimbangkan juga apakah anda memiliki waktu yang cukup untuk merawat siberian husky, memiliki kesabaran, energi dan juga dedikasi tinggi untuk membantu husky mendapat hidup yang bahagia dan berumur panjang.

Jika semua sudah anda pikirkan dan masih tetap ingin memelihara anjing ini, maka silahkan simak beberapa tips memelihara anjing siberian husky yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Sosialisasikan

Sosialisasi nantinya akan mengajarkan siberian husky bagaimana untuk berinteraksi dengan baik dari segala aspek baik dengan orang lain dan juga anjing lainnya. Hal ini sangat membantu agar husky bisa tumbuh menjadi anjing yang percaya diri, patuh sekaligus sopan. Biarkan husky menghabiskan waktu di sekitar banyak orang dan mendapatkan banyak pemandangan sekaligus suara.

Anda bisa membunyikan berbagai benda seperti televisi, klakson, suara mobil yang melintas, suara hewan lain dan bahkan bisa mengundang beberapa teman anda ke rumah agar ia bisa merasa nyaman berada dengan orang orang yang baru dikenal. Amati siberian husky, jika terlihat ketakutan, tanda anjing depresi dan waspada terhadap sesuatu, maka hindari mengekspos husky pada situasi tersebut.

  1. Tetapkan Kepemimpinan

Husky adalah anjing yang sangat membutuhkan pemimpin jelas dan harus melihat anda sebagai pemimpinnya. Salah satu cara untuk menetapkan dan membangun kepemimpinan yang bisa anda lakukan adalah membuatnya menunggu ketika makan seperti cara memelihara anjing herder.

Dengan mengendalikan husky ketika makan, maka nantinya ia akan melihat anda sebagai satu satunya sumber makanan sekaligus pemimpinnya. Cara Lain untuk membangun kepemimpinan anda dengan husky adalah dengan memimpinnya ketika berjalan jalan.

Biarkan anjing anda mengikuti anda dan bukan anda yang mengikuti anjing anda. Jika ia terlihat mencoba untuk mengambil alih kepemimpinan, maka bersikaplah dengan tegas, percaya diri dan konsisten untuk tetap menerapkan kepemimpinan anda. Hal yang harus diingat,jangan pernah mengintimidasi atau memukul anjing anda sebab husky bisa tidak mempercayai dan menghormati anda sebagai pemimpin.

  1. Ajak Berolahraga Setiap Hari

Husky sebenarnya merupakan anjing pekerja di daerah asli mereka yakni Siberia dimana tugas mereka adalah menarik kereta luncur berat dengan jarak yang cukup jauh. Untuk itulah, siberian husky sangat butuh olahraga harian setiap hari sekitar 30 hingga 60 menit agar energi yang tersimpan bisa dilepaskan sekaligus sebagai cara mengatasi anjing depresi.

Sponsors Link

  1. Hindari Beraktivitas Ketika Panas

Meski husky harus banyak bergerak, akan tetapi hindari mengajak husky beraktivitas atau berolahraga ketika cuaca sedang panas. Husky memiliki lapisan bulu ganda yang membuat mereka sebenarnya sangat cocok dipelihara pada daerah dingin. Untuk itu, berhati hatilah jika anda ingin memelihara husky di iklim hangat seperti Indonesia. Lakukan aktivitas di luar rumah hanya pagi hari sebelum matahari terbit.

  1. Berikan Mainan

Husky adalah anjing yang cerdas dan membutuhkan rangsangan mental agar ia tetap sibuk dan merasa terhibur berbeda dengan cara merawat anjing mini pom. Jenis mainan bernama Kong sangat bagus diberikan pada husky sebab mainan ini tahan lama dan menantang mental husky untuk mencari cara agar bisa mengeluarkan makanan dalam mainan tersebut.

  • Isi mainan kong tersebut dengan makanan kesukaan siberian husky.
  • Hal yang harus diingat, husky sangat senang merusak sehingga pastikan untuk memilih mainan kunyah yang tahan lama agar tetap sibuk namun tidak mudah hancur.
  • Ajarkan juga beberapa trik pada husky seperti play dead atau berpura pura mati dan juga fetch agar mental mereka bisa lebih terangsang.
  1. Beri Makanan Berkualitas

ads
Siberian husky pada awalnya memang dibesarkan untuk bisa bertahan hidup dengan jumlah makanan yang sedikit berbeda dengan cara memelihara rottweiler. Oleh karena itu, husky tidak harus diberikan makanan yang mengandung banyak kalori agar tetap sehat dan mempunyai energi untuk bermain sekaligus berolahraga.

  • Berikan makanan pada husky sebanyak 1 hingga 2 kali sehari dan hindari olahraga sekitar 90 menit sesudah makan.
  • Banyak atau sedikitnya makanan yang dibutuhkan husky tergantung dari beberapa faktor seperti usia, ukuran dan status kesehatannya.
  • Untuk anak siberian husky, maka berikan makanan sebanyak 3 kali sehari yakni pagi, sore dan malam. Saat sudah masuk 3 atau 4 bulan, maka bisa diberikan makan sebanyak 2 kali sehari.
  • Makanan manusia dan makanan kaleng sebaiknya tidak diberikan karena bisa membuat husky lebih pemilih terhadap makanan penyebab anjing tidak mau makan dan bisa terkena diare.
  • Jika anda membeli husky dari peternak, maka biasanya akan direkomendasikan makanan untuk husky atau anda juga bisa meminta saran dokter atau pemilik husky lain untuk rekomendasi makanan terbaik.
  1. Sikat Bulu Husky

Cara merawat siberian husky adalah anjing yang sangat bersih sehingga bau yang ditimbulkan hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali sekaligus ia juga merupakan anjing yang senang membersihkan diri sendiri dan tidak membutuhkan perawatan ekstra. Akan tetapi ketika musim panas, maka bulu mereka akan rontok yakni pada lapisan bulu bawah mereka.

  • Periode blowing coat ini akan terjadi tidak lebih dari 3 minggu.
  • Sikat bulu husky sebanyak 1 kali dalam seminggu untuk menghilangkan bulu mati dan menjaga bulunya agar selalu segar dan terlihat berkilau. Untuk sikatnya bisa anda dapatkan di toko hewan peliharaan dengan mudah.
  • Hindari mencukur bulu husky ketika musim panas. meski anda berpikir hal ini akan membantu husky dalam mendinginkan tubuh, namun hal ini juga bisa mengurangi perlindungan kulit husky dari sinar ultraviolet yang sangat berbahaya.
  1. Mandikan dan Potong Kuku Husky

Meski husky adalah anjing yang bersih, namun mandi tetap harus dilakukan khususnya beberapa kali dalam sebulan. Kuku anjing siberian husky juga harus dipotong dengan teratur 1 sampai 2 minggu sekali. Jika husky selalu bergerak ketika akan dipotong kukunya, maka sebaiknya lakukan di dokter hewan agar aman.

  1. Sikat Gigi Husky

Bagian gigi siberian husky juga harus disikat setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu dan pastikan menggunakan pasta gigi dan sikat khusus yang sudah direkomendasikan dokter hewan.

  • Menyikat gigi husky tidak hanya membuat nafasnya segar namun juga untuk mencegah penumpukan tar serta plak yang bisa menyebabkan ciri ciri anjing sakit gigi dan sistemik serius.
  • Pertimbangkan juga untuk berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai hal tambahan ketika menyikat gigi husky.
  1. Perhatikan Tanda Overheating

Siberian husky memiliki bulu yang tebal dan banyak sehingga tanda overheating harus sangat diperhatikan seperti terengah engah, air liur berlebihan, gusi dan lidah berwarna merah terang atau gusi pucat, ludah kental, lemah, kolaps, muntah dan terkadang mengeluarkan darah. Jangan sampai husky memiliki beberapa tanda tersebut karena bisa menyebabkan heatstroke, gejala dehidrasi pada anjing dan masalah lain yang lebih serius.

  • Berikan air dingin untuk minum dan bisa juga dicampur dengan es.
  • Jika anda melatih husky dengan head halter, maka pastikan husky masih dapat membuka mulutnya dengan lebar dan bisa bernapas dengan normal lewat mulut agar bisa mengurangi panas tubuhnya.
  1. Berikan Diet Seimbang

Jika dilihat secara umum, makanan terbaik untuk husky adalah campuran makanan anjing komersial dengan makanan mentah berbeda dengan cara merawat golden retriever. Husky butuh protein tinggi sehingga kombinasi makanan anjing dengan daging mentah sangat penting diberikan. Hindari memberikan makanan dalam bentuk serpihan tulang sebab bisa melukai bahkan membunuh husky.

  1. Periksa Mata

Husky merupakan anjing yang sering mengalami gangguan mata sehingga pemeriksaan sejak masih kecil harus dilakukan.

  • Katarak yakni selaput di atas lensa mata.
  • Distrofi kornea yakni kabut di atas kornea khususnya pad abetina.
  • Atrofi retina progresif penyebab degenerasi hingga buta.
  1. Tetapkan Batasan

Husky yang memiliki sifat keras kepala maka membutuhkan banyak batasan agar bisa mengurangi sifat keras kepala siberian husky.

  • Jangan biarkan orang di rumah anda memberikan makanan diluar jam makan.
  • Bersikap konsisten dengan aturan yang anda tetapkan.
  • Banyak bersabar ketika melatih namun tetap lakukan secara tegas dan konsisten sebab husky umumnya menyukai tugas dalam latihan karena ia merupakan anjing pekerja.
  1. Berikan Latihan Toilet

Untuk cara merawat siberian husky puppies atau anak anjing, maka membutuhkan 3 komponen utama dalam latihan toilet.

  • Awasi anjing: Perhatikan ketika anjing buang air di dalam rumah dengan mengatakan jangan atau tidak boleh secara lantang lalu bawa keluar.
  • Bawa keluar dengan rutin: Anak husky membutuhkan buang air lebih sering dibandingkan anjing dewasa sehingga harus dibawa keluar lebih rutin.
  • Berikan hadiah: Ketika husky buang air di luar, maka puji dan berikan hadiah berupa kudapan kecil.
  1. Latihan Tali Kekang

Ini sangat penting sebab husky sangat senang kabur sehingga harus bisa kooperatif untuk berjalan dengan tali kekang sebagai cara menjinakkan anak anjing siberian husky. Biasakan husky pada kalung yang juga ia kenakan ketika makan sehingga terbiasa dan ajak berkeliling rumah memakai tali kekang sambil memberikan kudapan ketika ia bisa berjalan di sisi anda tanpa menarik tali kekang.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 11th, July 2018 / 07:20 Oleh :
Kategori : Anjing