Sponsors Link

15 Tanda Tanda Kehamilan Pada Kucing Persia Paling Lengkap

Sponsors Link

Anda yang memiliki kucing persia sebagai hewan peliharaan sekaligus berniat mengembang biakkan atau jual beli, tentu akan merasa ikut senang ketika mengetahui kucing persia anda hamil. Selain menambah ramai suasana rumah dan menambah hiburan dengan wajah anak anak kucing yang lucu, kucing persia tersebut nantinya juga bisa anda jual.

ads

Sebagaimana manusia, kehamilan adalah anugrah dari Tuhan dan membutuhkan perawatan serta perhatian tambahan selama prosesnya hingga persalinan, langkah awal untuk bisa memberikan perawatan yang terbaik untuk kucing persia anda adalah dengan memahami tanda tanda kehamilan pada kucing persia, dengan mengetahui secara dini, dengan segera anda dapat memberi segala sesuatu yang terbaik dan segala yang dibutuhkannya.

Langsung saja ya berikut saya uraikan mengenai tanda tanda kehamilan pada kucing persia :

1. Muntah

Sama seperti manusia, salah satu tanda tanda kehamilan pada kucing persia adalah muntah sebagai bentuk adaptasi pada. Bagi anda yang tidak memahami mungkin menganggap kucing  anda sedang sakit. Cara membedakannya ialah muntah tersebut tidak disertai dengan gejala sakit yang lain, yaitu fisik nya masih terlihat sehat dan masih mau makan seperti hari hari biasa.

Selain itu muntah ada kucing persia hamil tidak terjadi secara terus menerus. Kaitkan dan perkirakan dengan siklus birahi nya dan tanda tanda kehamilan kucing persia yang lain untuk lebih memastikannya. (Baca juga mengenai cara mengatasi kucing muntah)

2. Tidak Minta Kawin

Umunya siklus birahi kucing adalah 1 bulan dan masa birahi berlangsung selama 7 hari. Kucing yang minta kawin umumnya sering bersuara dan gelisah dengan mengguling gulingkan badannya.

Jika dalam masa tersebut kucing betina persia anda tidak memiliki gejala tersebut atau tidak minta kawin, tandanya siklus birahinya telah terhenti dan sedang dalam masa hamil muda. Kucing persia yang hamil tidak akan minta kawin sebab dia sudah tidak memiliki birahi dan sudah mulai fokus beradaptasi pada kehamilannya. (Baca juga mengenai ciri ciri kucing ingin kawin)

3. Puting Susu Membesar dan Kemerahan

Selain muntah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tanda tanda kehamilan pada kucing persia dari segi fisik ialah puting susu nya membesar dan berwarna kemerahan. Hal tersebut merupakan sifat alami pada hewan yang menyusui atau hewan mamalia sebagai persiapan pembentukan air susu untuk bayi nya nanti.

Tanda ini dapat dialami secara langsung, terkadang puting susu kucing persia anda akan terlihat agak besar dari biasanya serta menjadi lebih sensitif ketika disentuh baik oleh manusia ataupun ketika dia tidak sengaja bersentuhan dengan kucing lain.

4. Lebih Manja

Kucing persia hamil akan menjadi lebih manja sebagai bentuk ingin diperhatikan, dia akan lebih sering mendekati dan mengeluskan kepala atau badannya pasa badan anda. dia akan sangat tenang ketika dibelai. Terkadang kucing persia tersebut akan mengikuti anda dan meminta untuk tidur di pangkuan anda atau tidur dekat dengan anda.

Jangan mengacuhknnya dalam kondisi tersebut, jika dia merasa kurang diperhatikan dia akan merasa stres yang tentu saja akan berdampak pada kesehatannya. Beri dia kasih sayang dan perhatian lebih intens. (Baca juga mengenai cara menjinakan kucing liar)

5. Lebih Sensitif terhadap Kucing Lain

Jika kucing persia manja pada manusia, lain halnya dengan sikapnya pada kucing lain apalagi pada kucing jantan, dia akan menjadi lebih sensitif dan lebih agresif sebagai bentuk perlindungan pada bayi nya. Kucing persia yang hamil akan berkurang frekuensi bermainnya dengan kucing lain dan sedikit berkurang pula kelincahannya. Dia akan mengurangi geraknya.

Sponsors Link

6. Nafsu Makan Bertambah

Jika kucing persia anda biasanya cukup dengan porsi makan harian yang anda berikan, jika dia hamil nafsu makan nya akan bertambah, dia akan meminta lebih atau lebih sering meminta makanan. Cirinya ialah dia akan terus mengikuti anda atau terus mengendus tempat makanannya. (Baca juga mengenai cara mengatasi kucing anggora tidak mau makan)

7. Perut Buncit

Perut membesar atau buncit juga merupakan tanda tanda kehamilan pada kucing persia dimana perut yang membesar tersebut terjadi karena ada perkembangan bayi kucing di dalam tubuhnya. Perut yang buncit tersebut akan terasa agak keras ketika diraba, beda dengan kucing persia gemuk yang perutnya buncit tetapi empuk ketika dipegang.

Jika kucing persia anda mengalami hal ini, kemungkinan itu adalah tanda pasti dari kehamilan kucing persia anda, segera berikan perhatian dan gizi lebih agar kucing persia anda dan calon bayi nya senantiasa dalam keadaan sehat.

8. Bulu Rontok

Tanda tanda kehamilan pada kucing persia selanjutnya adalah bulu nya rontok. Hal ini terjadi karena kucing persia yang hamil terkadang mengalami stres karena kucing persia juga memiliki naluri sebagai ibu yang memikirkan kesehatan bayi nya. Untuk mengurangi hal tersebut, anda dapat membuatnya lebih rileks dengan lebih banyak memperhatikannya, melindungi dari kucing lain, serta mencukupi kebutuhan gizi dan tambahan vitamin yang diperlukannya. (Baca juga mengenai cara mengatasi kucing anggora bulu rontok)

9. Keluar Air Susu

Air susu tidak keluar begitu saja ada kucing persia yang hamil. Caranya adalah dengan menekannya dengan lembut, jika keluar air susu kemungkinan usia kehamilan kucing anda sudah tua dan sekitar  2 atau 3 minggu lagi akan melahirkan.

Sponsors Link

Ketika hamil dia akan lebih sensitif akan tekanan, tekan lembut ketika kucing persia anda sedang hamil, jangan lakukan percobaan ketika dia sedang tersadar agar tidak membuatnya stres.

10. Punggung Agak Melengkung

Tanda tanda kehamilan pada kucing persia yang lain ialah punggung nya terlihat agak melengkung. Hal ini tidak dapat dilihat secara langsung, anda harus mengamatinya. Terlihat dari bentuk tubuh nya mulai dari kepala atau ekor ketika berdiri, pada bagian punggung akan terlihat sedikit melengkung karena beban pada perutnya. Jika kucing persia anda mengalami tanda tanda di atas, dapat dipastikan kucing persia anda dalam kondisi hamil, tanda tanda lain selain yang disebutkan di atas ialah adanya sikap berikut pada kucing anda :

  • Terlihat lebih tenang.
  • Lebih banyak beristirahat.
  • Jarang bersuara.
  • Nafas lebih cepat.
  • Senang berada di tempat nyaman dan tersembunyi.

Demikian artikel mengenai tanda tanda kehamilan pada kucing persia, hal ini wajib dipahami oleh anda yang memiliki kucing persia agar dapat sesegera mungkin memberi perawatan dan perhatian lebih sehingga kucing persia anda akan memiliki kehamilan dan bayi yang sehat serta terhindar bagi berbagai resiko dalam perjalanan kehamilannya.

Sampai disini dulu ya sobat pembahasan kali ini mengenai tanda – tanda kehamilan pada kucing persia. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 03:50 Oleh :
Kategori : Kucing