Sponsors Link

10 Cara Ternak Kura Kura Kaki Gajah

Sponsors Link

Cara Ternak Kura Kura Kaki Gajah ini bisa dibilang hampir sama dengan perawatan jenis lainnya. Pernah mendengar jenis turtle yang satu ini? Mungkin kebanyakan orang berfikir kalau jenis kura-kura tersebut mempunyai ukuran kaki seperti gajah. Ya, seperti namanya kura-kura ini memiliki bentuk kaki mirip seperti kaki gajah.

ads

Fakta sebenarnya, kura-kura semacam ini adalah emys. Hanya saja kebanyakan orang lebih terbiasa menyebutnya sebagai kura-kura kaki gajah karena bentuk kakinya yang membengkak besar layaknya kaki gajah pada umumnya. Emys adalah salah satu jenis turtle darat terbesar di Asia. Bahkan pertumbuhannya bisa mencapai panjang 80 sentimeter dengan berat sekitar 37 kilogram.

Ternak kura-kura akan lebih menyenangkan, selain bentuknya yang unik juga menjadi spesies hewan yang jarang di temui dengan mudahnya. Di Indonesia sendiri kura kura emys ini lebih banyak terdapat di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Emys menyukai lingkungan yang cukup lembab atau di daratan beriklim tropis. Tingkat kelembapan yang semakin tinggi justru akan meningkatkan kenyamanan turtle.

Cara Ternak Kura Kura Kaki Gajah juga kami share pada halaman ini untuk membantu anda merawat dengan langkah tepat. Memang tidak mudah untuk melakukan pemeliharaan pada kura-kura emys yang menyukai lingkungan lembab. Padahal seperti yang anda ketahui, seperti apa iklim di pulau jawa ini.

Mungkin jika anda yang berada di wilayah kalimantan, sumatra atau daerah-daerah dengan suhu dingin bukan menjadi suatu masalah besar. Sayangnya jika anda berada di pulau jawa tentu saja harus ada trik yang di lakukan untuk ternak emys tersebut. (Baca Juga: Budidaya Kura Kura Indian Star)

Berikut ini adalah Cara Ternak Kura-Kura Kaki Gajah yang wajib anda ketahui selengkapnya.

  1. Siapkan Kandang

Tidak hanya turtle, bahkan jika anda ingin memelihara hewan apa saja tentu yang di butuhkan adalah kandang. Pertama yang harus anda persiapkan adalah kandang yang sesuai dengan emys mulai dari ukuran besar dan tinggi kandang. Kandang untuk emys harus dilengkapi dengan tempat bersembunyi. Mengapa? Karena jika terlalu panas, emys bisa mengalami dehidrasi, sedangkan jenis kura-kura ini menyukai kelembapan extra.

  1. Pastikan Asupan Mineral Cukup Banyak

Emys menyukai kelembaban, dingin dan air. Sehingga tips kedua yang harus anda lakukan adalah menyuplai kura-kura dengan tandon air yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan media kolam kecil untuk area khusus turtle. Secara biaya mungkin sedikit lebih repot dibandingkan dengan pembuatan kandang biasa. Tapi untuk apa anda memelihara emys jika tidak secara totalitas.

  1. Berikan UVA

Apa itu UVA? Ini merupakan nutrisi untuk menambah selera makan. Anda bisa memberikan UVA kepada emys agar dia mau makan secara normal. Biasanya kura-kura yang di pelihara seseorang harus memulai adaptasi, dan di masa ini pula di perlukan waktu sang turtle untuk bisa terbiasa. Salah satu yang terlihat adalah sulitnya makan, sehingga perlu adanya nutrisi UVA. (Baca Juga: Budidaya Kura Kura Ikan Tawar)

Sponsors Link

  1. Suplai dengan Suplemen dan Vitamin yang Tepat

Berikan tambahan nutrisi lain berupa vitamin & kalsium yang banyak mengandung D3, hal ini bertujuan supaya sang kura-kura bisa lebih terjaga kesehatannya dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Jauhkan Dari Panas

Emys sangat tidak menyukai panas yang terlalu menyengat. Sebaiknya anda bisa memahami bagaimana kondisi sang turtle sehingga anda tidak akan sembarangan meletakkan emys di terik panas matahari. Selain itu anda tidak perlu menjemur kura-kura sebagaimana seseorang usai memandikan hewan peliharaan.

Kalaupun anda memang harus menjemurnya, pastikan bahwa tempat untuk berjemur kura kura emys memiliki tingkatan suhu 31˚C, dan usahakan suhu di kandang sekitar 28-29˚C.

  1. Berikan Makanan Kesukaan

Emys mempunyai jenis makanan yang mudah di dapatkan yakni rumput-rumput, aneka jenis buah seperti wortel, pepaya, tomat, pisang, timun, Fumak, bokhoy, caisim, dan lain sebagainya, serta juga dedaunan seperti daun talas dan tanaman air seperti teratai. Hanya saja terkadang emys juga memakan cacing tanah dan siput kecil. (Baca Juga: Cara Memelihara Kura kura Kecil)

  1. Letakkan di Tempat Outdoor

Jangan terlalu menekan emys dengan cara menyempitkan habitat. Kadangkala seseorang takut peliharaannya hilang, sehingga dengan keras mereka menjaga betul. Namun kasus pada kura-kura emys ini menyukai lingkungan outdoor.

Sponsors Link

  1. Tempat yang Tenang

Sama halnya pemeliharaan burung, kura-kura emys sebagai spesies turtle terbesar asia butuh tempat yang tenang. Salah satunya jauhkan dari suara binatang lain seperti kucing atau burung. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Kacer Dalam Sangkar)

  1. Sawi Hijau

Cara Ternak Kura Kura Kaki Gajah lainnya adalah dengan memberikan sayuran sawi. Sawi hijau beserta batangnya sangat di sukai oleh emys. Jika anda rutin memberikan sawi maka emys semakin takluk pada Anda.

  1. Usahakan Jangan Obesitas

Anda boleh memberikan makanan sebanyak mungkin, namun tetap saja semua ada batasannya. Jangan sampai kebiasaan anda memberikan makanan banyak membuat kura kura obesitas. Akhirnya yang terjadi adalah emys mudah lelah dan malah berjalan semakin lamban.

Itulah 10 Cara Ternak Kura Kura Kaki Gajah yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan tepat supaya kura kura bisa terjaga kesehatannya dan tidak mudah terserang penyakit. (Baca Juga: Cara Mengobati Bengkak Pada Kaki Kucing)

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 19th, April 2018 / 03:40 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak