Sponsors Link

18 Cara Memelihara Kura Kura Kecil Sehari-hari

Sponsors Link

Kura-kura terkenal dengan tempurung di atas punggungnya yang selalu dibawa kemana-mana. Hewan ini terdiri dari beragam jenis dan ukuran mulai dari yang sangat mini sebesar ujung jari hingga yang besar dengan badan berdiameter lebih dari 4 meter. Yang unik dari hewan satu ini adalah kemampuannya untuk menyembunyikan kepala dan keempat kakinya ke dalam tempurung di punggungya sehingga yang kelihatan hanyalah bagian tempurung saja. Ini merupakan bentuk perlindungan diri yang dimiliki kura-kura ketika merasa terancam.

ads

Kura-kura merupakan hewan yang sudah sangat ‘tua’ karena sudah hidup sejak zaman purba ketika dinosaurus masih menghuni bumi. Meskipun hidup di dua alam yaitu di air dan di darat namun kura-kura dapat hidup dan berkembang biak di berbagai tempat mulai dari laut, sungai, hutan, padang rumput, hingga gurun sekalipun. Ada juga jenis kura-kura yang hidup di dalam air sepenuhnya dan pergi ke daratan sesekali saja.

Diantara sejumlah jenis kura-kura ada yang termasuk karnivora (pemakan daging), ada yang omnivora (pemakan segala), dan ada pula yang herbivora (pemakan tumbuhan). Meskipun tidak memiliki gigi namun hewan ini dapat memotong apapun dengan moncongnya yang keras. Jadi kamu harus hati-hati ketika memberi makan pada kura-kura peliharaanmu.

Meskipun tergolong reptil namun hewan ini juga banyak menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan terutama kura-kura kecil yang imut dan lucu. Untuk memelihara hewan yang dapat hidup cukup lama ini tidaklah sulit serta tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya. Ia juga bisa didapatkan dan dipelihara dengan biaya yang tidak terlalu besar sehingga tidak menguras isi kantong anda. Anda juga tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk memeliharanya. Cukup memahami cara-cara memeliharanya dengan mencari informasi di internet, buku, atau bertanya dengan orang yang sudah berpengalaman. Artikel ini salah satunya dapat menjadi referensi bagi anda yang berminat memelihara kura-kura kecil namun masih sangat awam. Berikut 18 cara memelihara kura-kura kecil yang perlu anda ketahui:

1. Pahami karakteristik kura-kura yang akan dipelihara

Ada begitu banyak jenis kura-kura yang masing-masing memiliki perbedaan mulai dari tempat tinggal, jenis makanan, perawatan, dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum anda memelihara kura-kura kecil pahami dulu karakteristiknya sehingga nantinya anda dapat merawat dan memeliharanya dengan baik. Janagn sampai kurangnya pemahaman anda menyebabkan kura-kura yang dipelihara menjadi sakit dan akhirnya mati.

baca juga artikel hewan lainnya:

2. Pilih kura-kura yang sehat dan berkualitas

Anda tentu tidak ingin kerepotan dengan memelihara kura-kura yang sakit padahal belum lama dibeli. Untuk itu belilah calon peliharaan anda di toko hewan peliharaaan yang terpercaya sehingga anda bisa mendapatkan kura-kura yang sehat dan berkualitas baik. Bila perlu ajak orang yang telah berpengalaman ketika membeli calon kura-kura peliharaan anda.

3. Pelajari aturan memelihara kura-kura di tempat anda

Tidak semua jenis kura-kura boleh diperjualbelikan dan dipelihara. Ada jenis kura-kura kecil tertentu yang sudah terancam populasinya sehingga dilarang untuk diperjualbelikan atau dipelihara secara perorangan. Agar tidak terkena masalah hukum nantinya sebaiknya cari tahu dulu mana jenis kura-kura yang boleh dipelihara dan mana yang tidak boleh.

baca juga artikel hewan lainnya:

4. Persiapkan kandang yang sesuai

Kura-kura kecil biasanya ditempatkan di akuarium atau di dalam toples yang berukuran cukup besar sehingga kura-kura dapat bergerak bebas. Atur juga agar ketinggian kandang cukup tinggi sekitar empat kali panjangnya sehingga kura-kura tidak bisa memanjat keluar. Tambahkan juga aksesoris sehingga kura-kura bisa bermain dan tidak merasa bosan. contohnya kerikil, batu, pipa bekas, kayu, daun, batang, dan berbagai aksesoris lainnya.

Sponsors Link

5. Jaga suhu kandangnya agar tetap hangat

Kura-kura membutuhkan tempat yang cukup hangat untuk hidup sehingga jangan tempatkan kandangnya di dalam ruangan bersuhu rendah. Contohnya kura-kura kecil jenis stinkpot yang membutuhkan suhu ruang sekitar 26 derajat celcius untuk dapat hidup dengan baik.

6. Beri pencahayaan yang cukup untuk kandangnya

Selain bertujuan untuk menerangi kandangnya pencahayaan juga dapat ditujuan untuk menghangatkan sekaligus menjemur kura-kura bila penjemuran di bawah sinar matahari tidak memungkinkan. Untuk itu anda dapat menggunakan lampu ultraviolet.

baca juga artikel hewan lainnya:

7. Jemur di bawah sinar matahari secara rutin

Penjemuran kura-kura bertujuan untuk menghangatkan serta membersihkan dan menguatkan cangkangnya. Untuk itu anda dapat menjemur kura-kura peliharaan anda setiap hari atau jika tidak sempat cukup 1-2 kali dalam seminggu selama seperempat hingga setengah jam. Lakukan pada pagi hari sekitar jam 7 hingga jam 10 pagi ketika sinar matahari masih bagus-bagusnya.

8. Sediakan sumber air yang cukup

Seperti yang diketahui kura-kura dapat hidup di dua alam yaitu di air dan di darat. Perbedaannya sebagian ada yang lebih sering hidup di air sementara sebagian yang lain lebih suka di darat. Untuk itu sediakan air dalam jumlah cukup namun tidak berlebihan sehingga kura-kura bisa hidup nyaman.

9. Sediakan tempat alternatif untuk bermain dan beristirahat

Selain daerah berair sediakan pula daerah kering atau berpasir di dalam kandang sebagai tempat alternatif bagi kura-kura untuk bermain dan beristirahat. Anda dapat pula menggunakan batu atau kayu yang agak besar yang tidak terendam air sehingga sesekali kura-kura dapat bermain di sana.

baca juga artikel hewan lainnya:

10. Jangan menaruh serpihan kayu atau benda-benda kecil lainnya di dalam kandang

Hal ini untuk menghindari kura-kura peliharaan anda memakannya karena menganggap serpihan tersebut sebagai makanan. Terlalu sering menelan benda-benda asing dapat mengganggu kesehatan kura-kura bahkan menyebabkan ia jatuh sakit.

11. Beri makan secara teratur dan tepat waktu

Makanan merupakan kebutuhan semua makhluk hidup. Oleh karena itu jangan lupa untuk memberikan makanan secara teratur dan tepat waktu. Kura-kura dapat diberi makan satu atau beberapa hari sekali sesuai jumlah kebutuhannya.

ads

12. Beri makanan yang cocok

Beda jenis beda pula makanannya. Oleh karena itu ketahui dengan baik jenis makanan yang cocok dan disukai oleh kura-kura kecil yang anda pelihara sehingga ia dapat makan dengan lahap serta tumbuh dengan baik dan sehat. Beberapa contoh makanan kura-kura kecil adalah pelet, daging ikan yang telah dicincang, cacing sutra, dan lain sebagainya.

13. Hindari memberinya makan sayuran

Meskipun sayur-sayuran terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan namun makanan ini bukanlah jenis yang cocok diberikan pada kura-kura karena kurang baik untuk kesehatan pencernaannya.

14. Beri makan sesuai porsinya

Melihat kura-kura yang begitu lahap makan jangan lantas membuat anda memberinya makan secara berlebihan. Bisa-bisa ia menjadi kegemukan sehingga mudah terserang berbagai penyakit. Tetapi juga tidak boleh terlalu sedikit dari porsinya sehingga ia menjadi kelaparan.

baca juga artikel hewan lainnya:

15. Bersihkan kandang secara rutin

Agar kura-kura peliharaan anda terhindar dari kuman penyebab penyakit maka jangan lupa membersihkan kandangnya secara rutin. Anda dapat melakukannya satu kali dalam seminggu. Kandang yang kotor tidak hanya menyebabkan kura-kura mudah terserang penyakit namun juga dapat membuat ia tidak nyaman dan stres.

16. Gantilah air di kandang secara rutin

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti air di kandang kura-kura ketika anda membersihkan kandangnya sehingga kura-kura mendapat air ‘baru’ yang bersih dan segar. Sebaiknya anda tidak menggunakan air dari PDAM karena air ini pasti sudah mengalami pengolahan serta mengandung klorin dan fluride. Gunakan air alami seperti air sungai, sumur, atau danau. Kalaupun harus menggunakan air olahan dari PDAM sebaiknya air didiamkan dulu selama sehari penuh untuk mengurangi kandungan klorinnya.

17. Hindarkan kandang dari benda-benda tajam

Untuk menjaga keamanan kura-kura peliharaan anda bersihkan dan singkirkan benda-benda tajam dari kandangnya yang dapat melukainya seperti pecahan kaca atau potongan kayu yang berujung tajam.

18. Bawa dan periksakan ke dokter hewan secara berkala

Minimal satu kali dalam setahun anda harus membawa kura-kura peliharaan anda ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatannya sehingga jika ada hal-hal yang membahayakan dapat ditangani dengan cepat.

Baca juga:

Bagaimana? Tidak sulit dan tidak mahal bukan? Asal anda telaten dan rajin merawatnya kura-kura kecil peliharan anda akan sehat dan nyaman serta terhindar dari stres. Agar ia tidak kesepian anda dapat memelihara beberapa ekor kura-kura kecil atau menambahkan tumbuhan air yang aman bagi kura-kura.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 10:25 Oleh :