Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Radang Kuku Pada Kambing Yang Efektif

Sponsors Link

Ada beberapa jenis hewan ternak sebagai hewan konsumsi yang sekarang ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya adalah kambing. Dalam proses ternak kambing, adanya permasalahan pada kesehatan maupun spesifik di bagian tubuh tertentu merupakan penyebabkan menurunkan kesehatan maupun pertumbuhan dan perkembangan kambing yang salah satunya adalah radang kuku. Berikut cara mengatasi radang kuku pada kambing yang harus diperhatikan dan dipahami oleh setiap peternak dalam penjelasan di bawah ini.

ads

Radang Kuku Pada Kambing

Sebelum mengenal lebih jauh terkait cara mengatasi radang kuku pada kambing maka perlu adanya penjelasan mengenai apa yang dimaksud radang kuku tersebut dan penyebab yang dapat menjadikannya terjadi. Radang kuku merupakan salah satu bentuk penyakit pada ternak kambing yang dapat terjadi terutama di musim penghujan. Radang kuku tersebut disebabkan oleh adanya infeksi pada kuku yang diawali dengan adanya luka pada mahkota kuku atau kulit disekitaranya. Bakteri yang bertanggung jawab terhadap radang kuku tersebut adalah Sphaerophorus necrophorus yang berkembang di got, kotoran sapi, lumpur, dan kandang kambing yang kotor. (Baca juga : tips memulai ternak kambing )

Cara Mengatasi Radang Kuku Pada Kambing

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, radang kuku dapat menjadi salah satu bentuk permasalahan yang tidak boleh disepelekan pada proses ternak kambing. Untuk dapat mengaasinya maka lakukan beberapa usaha diantaranya seperti :

  1. Kenali gejalanya, radang kuku memiliki gejala yang dapat diperhatikan yakni ketika pola jalan kambing menjadi pincang serta munculnya reaksi kambing kesakitan saat bagian kuku dipegang. (Baca juga : jenis pakan hijau untuk kambing)
  2. Pisahkan kambing, jika gejala yang ada tersebut dapat dikenali pada kambing maka lakukan pemisahan antara kambing yang sehat dengan kambing yang bermasalahan agar kondisi peradangan pada kuku tidak menular ke seluruh ternak.  (Baca juga : cara membantu kambing melahirkan)
  3. Potong kuku kambing, ketika sudah mengetahui bahwa kambing mengalami radang kuku maka sebaiknya segera memotong bagian kuku yang mengalami peradangan secara perlahan dan hati hati sebagai langkah awal dalam mengobati radang kuku tersebut. (Baca juga : budidaya kambing biri biri)
  4. Bersihkan kuku, setelah kuku yang mengalami radang tersebut dipotong maka bagian dalam dari kuku tersebut harus dibersihkan dari nanah yang biasanya muncul pada radang kuku. Pembersihan dilakukan secara perlahan dan hati hati menggunakan cairan antiseptik. (Baca juga : cara membuar vitamin untuk kambing)
  5. Gunakan salep, salep seperti sulfatizol dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri yang menyerang kuku tersebut. Salep tersebut dapat dikombinasikan dengan salep lain yang memiliki sifat anti radang dan nyeri sehingga lebih dapat membantu menghilangkan gejala yang terjadi pada kuku kambing tersebut. 
  6. Hindari penyebabnya, langkah terakhir yang perlu dilakukan agar kondisi radang kuku tidak terulang dan semakin parah adalah dengan menghindari penyebab terjadinya radang kuku tersebut dengan salah satunya menjaga kebersihan kandang kambing serta hindari adanya kubangan air di dalam kandang kambing.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi radang kuku pada hewan ternak kambing. Dalam penjelasan diatas, radang kuku menjadi salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai terjadi pada saat musim hujan dan biasanya disebabkan oleh kondisi kandang yang terlalu kotor sehingga bakteri penyebabnya dapat dengan mudah menginfeksi kuku kambing yang memiliki luka. 

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 10th, April 2019 / 02:55 Oleh :
Kategori : Kambing