Sponsors Link

9 Jenis Pakan Hijau untuk Kambing

Sponsors Link

Hewan kambing adalah jenis hewan mamalia yang bereproduksi dengan melahirkan menyusui. Hewan kambing dapat melahirkan anakan sebanyak 1 sampai 3 ekor dalam satu kali melahirkan. Hewan kambing merupakan hewan herbivora yaitu hewan yang memakan tumbuh tumbuhan. Oleh karena itu dalam setiap harinya hewan kambing  mengkonsumsi hampir 100% hijauan atau tumbuh tumbuhan. Selain memakan hijauan, hewan kambing juga memakan jenis makanan hewan kambing selain rumput seperti buah buahan.

ads

Secara alami, hewan kambing merupakan hewan herbivora, artinya hewan kambing adalah hewan yang mengkonsumsi makanan berupa hijauan atau tumbuh tumbuhan. Makanan utama hewan kambing sebenarnya adalah hijauan seperti rerumputan. Selain itu, hewan kambing juga memakan jenis makanan hewan kambing selain rumput seperti konsentrat. Konsentrat adalah makanan hewan kambing yang diracik untuk menambah mineral yang dibutuhkan oleh hewan kambing. Jenis makanan hewan kambing selain rumput ada banyak seperti buah buahan, umbi umbian dan lain sebagainya. (Baca Juga: Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe)

Jenis makanan hewan kambing pada umumnya adalah berupa tumbuhan atau hijauan. Secara umum banyak orang yang tahu bahwa makanan hewan kambing adalah rerumputan. Padahal ada perbedaan beberapa jenis tumbuhan yang termasuk rerumputan dan bukan rerumputan. Rerumputan sebenarnya bukanlah makanan utama yang paling hewan kambing sukai. Ada beberapa jenis makanan hewan kambing selain rumput yang bisa peternak sediakan jikalau jumlah rumput menipis di daerah peternak. Beberapa makanan hewan kambing ada yang berasal dari jenis rerumputan, semak, dedaunan dan buah buahan. (Baca Juga: Cara Memilih Indukan Kambing Jawa)

Sebenarnya ada sedikit kesalahan persepsi selama ini untuk menentukan jenis makanan utama yang disukai oleh hewan kambing. Secara umum, masyarakat menganggap bahwa rerumputan adalah makanan yang paling disukai hewan kambing. Padahal persepsi tersebut belum sepenuhnya benar karena berdasarkan pengamatan dan beberapa buku menjelaskan bahwa hewan kambing lebih menyukai dedaunan daripada rerumputan. (Baca Juga: Cara Ternak Kambing Gibas Sukses)

Ada perbedaan antara hewan kambing dan domba dalam memilih makanan. Jika domba lebih suka merumput, maka hewan kambing lebih suka untuk memakan dedaunan. Jadi kesimpulannya makanan hewan kambing selain rumput yang disukai adalah daun daunan. Akan tetapi, apa saja jenis makanan hewan kambing selain rumput yang disukai oleh hewan kambing? Berikut ini kita akan mengulasnya satu persatu. 9 Jenis Pakan Hijau untuk Kambing.

1. Daun-daunan

Sebenarnya, daun-daunan adalah jenis makanan hewan kambing selain rumput yang paling disukai. Jika ada dua pilihan, seringkali hewan kambing lebih memilih makanan jenis daun-daunan karena memiliki tekstur yang lebih halus daripada rumput-rumputan. Daun-daunan  juga tidak terdapat bulu-bulu runcing seperti pada rumput-rumputan. Jenis daun-daunan yang biasa dikonsumsi oleh hewan kambing adalah daun nangka, daun jambu biji, daun waru,daun akasiah, daun mahoni, daun albasiah, daun lamtoro, daun singkong, dan daun kakao. Selain jenis daun-daunan tersebut, masih banyak jenis-jenis daun-daunan yang lainnya. (Baca Juga: Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan em4)

2. Konsentrat

Konsentrat sebenarnya adalah campuran beberapa bahan yang dijadikan satu untuk memenuhi kebutuhan mineral yang tidak terdapat pada rumput. Konsentrat dibuat juga bertujuan untuj mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak terutama pada ternak hewan kambing penggemukan. (Baca Juga: Gejala Mastitis Pada Kambing)

3. Ampas Tahu

Ampas tahu adalah hasil sisa atau limbah hasil dari pengolahan kedelain menjadi tahu ataupun susu kedelai. Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, ampas tahu juga baik untuk mendukung pertumbuhan hewan kambing pada penggemukkan.

Sponsors Link

4. Ampas singkong

Ampas singkong adalah limbah hasil pengolahan singkong untuk diambil sarinya dan dijadikan tepung kanji ataupun bioetanol. Limbah singkong memiliki kandungan energi yang cukup banyak.

5. Jerami Fermentasi, Kobis, Sawi

Pada umumnya jerami fermentasi merupakan makanan yang diberikan pada sapi sebagai pengganti rumput. Jerami memiliki jumlah serat yang cukup tetapi sedikit energi dan  unsur mineral yang lain sehingga dalam penggunaannya harus tetap dikombinasikan dengan jenis pakan yang lain.

Kobis juga baik sebagai pakan alternatif hewan kambing. Bisa pakai kobis yang sudah layu. Hasil sisa dari pedagang sayuran yang tidak terjual kepada manusia. Sawi juga bisa banget jadi makanan hewan kambing. Untuk dapatkan sawi ini sebaiknya kerjasama dengan supplier atau petani sawi langsung. Jadi bisa dapat stok melimpah.

6. Gedebok fermentasi, Melon

Gedebok yang difermentasi merupakan jenis makanan hewan kambing selain rumput yang bertujuan untuk mengatasi ketergantungan rumput dan daun-daunan yang lain. Gedebok bisa diberikan sebagai pakan hewan kambing. Akan tetapi, dalam penggunaannya harus diperhatikan karena gedebok tidak memiliki semua unsur mineral yang dibutuhkan hewan kambing.

ads

Buah melon sangat baik untuk kesehatan hewan kambing. Kaya dengan vitamin dan air. Membuat hewan kambing selalu perkasa. Makanan hewan kambing dari melon bisa diberikan sesekali saja, mengingat budgetnya akan tinggi pasti kalau pakai buah ini. Soalnya harganya kan mahal.

7. Kulit Kacang, Daun Nangka

Kulit kacang merupakan limbah pertanian yang masih memiliki kandungan protein cukup tinggi dan juga lemak. Kulit kacang biasanya digiling dan dicampurkan pada konsentrat hewan kambing. Pada dasarnya hewan kambing doyan makan apapun dedaunan. Termasuk daun nangka ini sangat suka. Pilih daun nangka yang  masih hijau saja. Jangan yang sudah kering dan jatuh dari pohon.

8. Tongkol Jagung, Daun Singkong, Daun Pepaya

Tongkol jagung dipilih sebagai pakan alternatif karena menyediakan komposisi mineral dan energi yang dibutuhkan hewan kambing seperti karbohidrat, lemak dan juga protein. Sebelum memberikan oada ternak, tongkol jagung digiling sampai halus setelah itu dicampur dengan bahan lain menjadi konsentrat.

Makanan hewan kambing dari daun singkong bisa dipilih sebagai jalan mengupayakan kesehatan hewan kambing. Kandungan gizi yang tinggi pada daun singkong bisa membuat hewan kambing jadi cepat gemuk. Daun pepaya juga bisa menjadi makanan hewan kambing. Cara mengolahnya mudah saja, tinggal potong agak kecil daun pepaya. Buang saja ranting batangnya karena hewan kambing biasanya tidak mau makan ini.

9. Kulit Pisang, KelapaSawit, Kulit Kakao,Kulit Kopi

Kulit pisang biasanya banyak didapatkan pada industri pengolahan keripik pisang atau sale pisang. Kulit pisang bisa langsung diberikan kepada hewan kambinga taupun diawetkan terlebih dahulu dengan difermentasi dan dikeringkan. Pemberian pakan dnegan kulit pisang sebaiknya dikombinasikan dengan pakan lainnya.

Hampir sebagian besar perkebunan kelapa sawit terletak di Sumatera dan Kalimantan. Limbah dari kelapa sawit seperti pelepahnya sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak hewan kambing. Akan tetapi karena pengolahannya yang sangat sulit karena banyaknya duri, maka sedikit orang yang memanfaatkannya.  Biasanya perusahaan kelapa sawit yang sering memanfaatkan limbah sawit sebagai pakan sapi.

Kulit kakao merupakan limbah yang lumayan banyak dihasilkan di perkebunan rakyat di Indonesia. Akan tetapi limbah akako berupa kulit kakao agak sulit untuk ternak hewan kambing karena memiiki lendir dan kadar asam yang tinggi. Kulit kopi juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Akan tetapi, jumlah tanin dan kafein yang terkandung pada kulit kopi lumayan tinggi dan ini cukup beresiko jika diberikan pada hewan kambing.

Nah sobat, itulah jenis pakan yang terbaik untuk kambing, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 28th, March 2019 / 01:26 Oleh :
Kategori : Kambing