Sponsors Link

6 Kelebihan Memelihara Ikan Di Kolam Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Memelihara ikan merupakan salah satu aktivitas hobi yang sudah berkembang sejak dulu dan dimintai banyak orang. Ada dua cara memelihara ikan menurut tempatnya yakni akuarium dan kolam yang tentunya bukan hanya memberikan kepuasan tersendiri pada pemiliki ikan namun juga dapat memberikan nilai lebih dimana tempat akuarium atau kolam tersebut berada. Memelihara ikan akuarium maupun kolam tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing yang perlu dipertimbangkan. Berikut penjelasan mengenai kelebihan memelihara ikan di kolam yang perlu diperhatikan dengan baik terutama dibandingkan dengan memelihara ikan di akuarium dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Dapat memelihara ikan dengan ukuran besar 

Kelebihan pertama yang datang dari kolam ikan dibandingkan dengan akuarium adalah daya tampungnya yang dapat lebih luas sehingga ada banyak ikan dengan ukuran besar yang bisa dipelihara dibandingkan dengan akuarium yang terbatas. Dengan luas yang lebih besar menjadikan ikan dalam ukuran yang besar juga dapat berkembang dan hidup lebih baik serta leluasa  dibandingkan ketika harus dipelihara di dalam akuarium. (Baca juga : cara memelihara ikan koi di kolam rumah)

  1. Memberikan penampilan estetik yang lebih baik

Manfaat atau kelebihan memelihara ikan di kolam yang banyak dipahami orang bukan karena hobi atau suka dengan ikan secara penuh namun memang ingin mendapatkan penampilan estetik lebih ketika ada kolam yang dibuat di halaman rumah. Dengan adanya kolam di halaman rumah memang akan menjadikan ruangan terbuka tersebut lebih terlihat hidup dan tentunya dapat memberikan efek kenyamanan. (Baca juga : cara menjaga sanitasi kolam air ikan koi)

  1. Lebih murah dan mudah pembuatannya

Kelebihan lain yang dimiliki kolam ikan dibandingkan dengan akuarium adalah berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatannya. Kolam ikan dapat dibuat sendiri dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan kolam akuarium karena harus dipesan dari pembuatannya dengan bahan kaca yang memang cukup mahal juga. (Baca juga : jenis wadah budidaya dalam perikanan)

  1. Lebih mudah berinteraksi dengan ikan

Kolam ikan yang bagian atasnya terbuka tentu akan memberikan ruang interaksi secara langsung tanpa ada sekat kaca antara manusia dengan ikan dibandingkan dengan kolam akuarium. Kolam ikan dengan interaksinya yang lebih akan memberikan efek ketenangan dan rasa puas tersendiri terutama untuk anak anak karena dapat menambah ruang bermainnya dirumah. (Baca juga : penyebab air kolam ikan koi berbusa)

  1. Proses perawatannya lebih mudah

Dengan kondisi kolam yang terbuka sepenuhnya pada bagian atas, memberikan kelebihan terkait proses perawatan dan pembersihan yang lebih mudah dibandingkan dengan akuarium. Adanya pertumbuhan lumut pada kolam ikan juga lebih tidak terlihat dibandingkan dengan akuarium yang memang terbuat dari kaca sepenuhnya. Akuarium juga membutuhkan frekuensi pembersihan yang lebih sering dibandingkan dengan kolam ikan. (Baca juga : cara memelihara ikan koi di dalam beton)

  1. Memberikan efek alam dan dingin pada halaman rumah

Akuarium dan kolam memang sama sama dapat memberikan nilai lebih terhadap kondisi interior dimana kedua tempat memelihara ikan itu ditempatkan. Namun untuk kolam ikan, ada efek alam dan kondisi suhu yang lebih dingin pada halaman rumah yang tentu dapat meningkatkan kenyamanan di rumah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan memelihara ikan di kolam yang perlu diperhatikan karena dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk membangun kolam di halaman rumah.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Monday 24th, June 2019 / 05:48 Oleh :
Kategori : Ikan