Sponsors Link

10 Fungsi Vitamin pada Ternak Ruminansia

Hewan ruminansia merupakan kelompok mamalia yang bisa memakan dua kali sehingga dikenal juga sebagai hewan memamah biak. Pada sistem klasifikasi, manusia dan hewan ruminansia biasanya memiliki kesamaan pada sistem pencernaan seperti contohnya kambing, kerbau, domba, sapi, jerapah, kuda, rusa, kancil dan sebagainya.

Hewan ruminansia memiliki beberapa alat pencernaan seperti rongga mulut yakni gigi terdiri dari gigi geraham berguna untuk menggiling dan mengunyah rerumputan yang mengandung selulosa sulit dicerna. Sedangkan untuk vitamin hewan ruminansia juga berbeda dengan hewan lain seperti manfaat bahan vitamin ternak ruminansia yang akan kami ulas berikut ini. 10 Fungsi Vitamin pada Ternak Ruminansia.

1. Vitamin C

Sama halnya dengan manusia, vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin yang digunakan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Fungsi vitamin C ini juga berguna bagi hewan ruminansia agar selalu dalam kondisi yang sehat dan tidak mudah mengalami berbagai macam penyakit ataupun permasalahan kesehatan.

Vitamin C untuk hewan ruminansia dapat diperoleh dari berbagai macam jenis sediaan dan merk vitamin yang tersedia di toko toko ruminansia. Peningatan daya tahan tubuh atau sistem imunitas menjadi salah satu manfaat utama vitamin C dalam menjaga kesehatan hewan ruminansia.

2. Probiotik

Probiotik meskipun bukan merupakan vitamin namun tetap termasuk salah satu jenis supplemen makanan yang baik untuk kesehatan tubuh hewan ruminansia. Probiotik banyak digunakan sebagai salah satu jenis suplemen atau tambahan makanan yang berguna dalam menjaga kesehatan tubuh hewan ruminansia terutama selama menghadapi musim hujan yang memiliki kondisi cuaca dan keadaan lingkungan tidak menentu. 

Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan pada ruminansia dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga cocok menjadi salah satu jenis vitamin untuk ruminansia agar selalu dalam kondisi yang sehat. (Baca juga : macam penyakit hewan ruminansia)

3. Ekor Cicak

Ekor cicak lebih populer sebagai jenis makanan tambahan untuk ruminansia ruminansia dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh ruminansia. Efek atau manfaat dari ekor cicak tersebut juga berfungsi hewan ruminansia. Pemberian ekor cicak bagi hewan ruminansia tersebut digunakan untuk membantu menghangatkan tubuh ruminansia sehingga sangat cocok dalam menjaga kondisi kesehatan ruminansia pada saat sedang dalam lingkungan dengan cuaca yang buruk. (Baca juga : manfaat madu pada hewan ruminansia)

4. Vitamin B kompleks

Jenis vitamin untuk hewan ruminansia agar tetap sehat selanjutnya adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks merupakan kombinasi berbagai macam jenis vitamin C yang memiliki manfaat baik bagi tubuh dan sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme serta aktivitas kimiawi yang terjadi di dalam tubuh hewan ruminansia. Manfaat tersebut dapat membantu menjaga kondisi kesehatan ruminansia  dengan baik meskipun ruminansia sedang berada di lingkungan yang tidak sehat. (Baca juga : manfaat tomat pada hewan ruminansia)

5. Vitamin

Pemilik hewan ruminansia selain dapat menggunakan berbagai macam jenis produk perawatan ruminansia dan vitamin yang sudah tersedia agar selalu terjaga kesehatannya juga dapat membuat vitamin yang secara alami lebih rendah efek sampingnya.

Salah satu bahan vitamin yang banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan hewan ruminansia adalah vitamin yang terbuat jahe dan beberapa rempah lainnya. (Baca juga : tips hewan ruminansia cepat pecah suara)

6. Minyak ikan

Jenis vitamin yang juga dapat membantu menjaga agar kondisi kesehatan hewan ruminansia selalu dalam keadaan yang sehat dan tidak mudah mengalami berbagai macam jenis penyakit atau permasalahan kesehatan adalah minyak ikan. Minyak ikan dapat diperoleh di apotek yang memang peruntukannya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh hewan ruminansia. (Baca juga : manfaat minyak ikan untuk hewan ruminansia)

7. Berikan vitamin larva lebah

Yang satu ini memang cukup sulit untuk didapatkan, tapi jika sobat tidak sengaja mendapatkannya, maka tidak ada salahnya diberikan kepada Hewan ruminansia. Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan Hewan ruminansia jika diberikan larva tawon, antara lain:

  • Membantu mempercepat proses tumbuhnya bulu bulu baru pada Hewan ruminansia
  • Membantu pertumbuhan Hewan ruminansia
  • Meningkatkan nafsu makan Hewan ruminansia
  • Membuat Hewan ruminansia lebih kebal terhadap penyakit

8. Vitamin telur rebus

Para pemelihara ruminansia juga sering memberikan telur rebus sebagai makanan tambahan untuk ruminansia kicau, termasuk Hewan ruminansia. Ada beberapa jenis telur yang bisa sobat berikan kepada hewan ruminansia, antara lain adalah:

  • Telur ayam
  • Telur puyuh
  • Telur bebek

Namun jika sobat tertarik untuk memberikan telur rebus sebagai salah satu makanan ekstra ke Hewan ruminansia kesayangan, jangan memberikannya secara langsung. Karena Hewan ruminansia tidak akan doyan. Butuh pembiasaan.

Anda perlu memberikannya secara bertahap, salah satu caranya adalah dengan mencampurkan telur rebus dengan makanan ekstra lainnya. Salah satu caranya adalah dengan mencampurkan telur rebus bersama pakannya.

Tapi usahpakan kroto dan 25% nya telur rebus. Dengan begitu, Hewan ruminansia akan mau memakan vitamin tersebut.

Jika Hewan ruminansia sudah terbiasa memakan makanan tersebut, perlahan tingkatkan porsi telur rebusnya. Dimulai dengan 50% kroto dan 50% telur rebus, kemudian 25% kroto dan 75% telur rebus, hingga telur rebus seutuhnya.

Sobat mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar Hewan ruminansia bisa doyan telur rebus seutuhnya. Jadi, lakukan saja dengan sabar dan telaten. Teknik lain yang bisa sobat lakukan adalah dengan memasukkan kuning telur kedalam perut jangkrik.

Caranya adalah dengan menyedot kuning telur menggunakan spet, kemudian suntikkan kedalam perut jangkrik. Lalu berikan jangkrik seperti biasa kepada Hewan ruminansia.

9. Berikan Udang Kecil

Ya, sobat tidak salah baca. Udang kecil juga sering diberikan ke Hewan ruminansia sebagai salah satu vitamin pengganti ulat hongkong. Udang memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk Hewan ruminansia, antara lain:

  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi

Banyak sekali bukan? Kandungan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi hewan ruminansia. Berikut ini adalah manfaat udang untuk Hewan ruminansia:

  • Meningkatkan birahi Hewan ruminansia
  • Meningkatkan daya tahan tubuh Hewan ruminansia
  • Membuat Hewan ruminansia selalu dalam kondisi fit
  • Dan masih banyak lagi

10. Vitamin Jahe

Jahe dapat menghangatkan tubuh hewan ruminansia sehingga ia akan merasa selalu sehat dan fit.

Itulah beberapa jenis manfaat vitamin untuk hewan ruminansia yang dapat diberikan oleh pemilik ruminansia dalam menjaga dan memastikan kesehatan ruminansia selalu dalam kondisi yang baik. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Monday 24th, June 2019 / 05:45 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak