Sponsors Link

6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kenari Demi Bulu Yang Sehat

Sebagai pemilik burung kenari, proses perawatan merupakan salah satu kondisi yang perlu diperhatikan dengan baik agar kondisi kenari selalu memiliki kesehatan yang terjaga dengan bulu yang harus dan suara kicauan optimal. Dalam memberikan nutrisi atau makanan pada burung kenari tersebut, ada berbagai jenis pakan maupun ramuan yang dapat diberikan dengan berbagai manfaat tertentu yang salah satunya adalah minyak ikan. Berikut ini beberapa manfaat minyak ikan untuk kenari yang dapat berguna bagi proses perawatan burung tersebut yang diantaranya dijelaskan di bawah ini. 

  1. Menyehatkan dan mengilapkan bulu burung

Manfaat minyak ikan untuk kenari yang pertama adalah dapat membantu menyehatkan bulu pada burung kenari. Selain menyehatkan bulu, minyak ikan juga dapat digunakan dalam proses mengilapkan bagian bulu burung agar lebih memiliki penampilan yang optimal dan tetap selalu dalam kondisi yang sangat menarik untuk diperhatikan. (Baca juga : cara menjinakkan burung kenari)

  1. Mempercepat pertumbuhan bulu dan mencegah kebotakan

Manfaat selanjutnya yang juga dapat diperoleh dari minyak ikan untuk burung kenari adalah membantu proses pertumbuhan bulu agar berjalan lebih cepat. Selain dapat membantu mempercepat pertumbuhan tersebut, penggunaan cuka apel yang rutin pada burung juga dapat mencegah terjadinya kebotakan yang tentunya dapat memberikan nilai penampilan yang buruk. (Baca juga : manfaat tomat pada burung kenari)

  1. Meningkatkan nafsu makan

Selain membantu dalam hal urusan bulu, minyak ikan juga ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan yang sama halnya dengan manfaat minyak ikan bagi anak anak dan dewasa. Peningkatan nafsu makan dari minyak ikan tersebut diperoleh karena adanya kandungan nutrisi omega 3. Manfaat meningkatkan nafsu makan ini sangat cocok digunakan ketika burung memiliki masalah terhadap saluran cernanya. (Baca juga : ternak kenari koloni)

  1. Memiliki sifat sebagai antioksidan

Manfaat minyak ikan untuk kenari lainnya adalah dapat bertindak sebagai antioksidan dengan segala senyawa penting yang terdapat di dalamnya. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh minyak ikan tersebut akan menghindarkannya dari berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan yang dapat mempengaruhi kondisi burung secara langsung maupun tidak. (Baca juga : cara mengatasi mental burung kenari)

  1. Membantu menjadikan burung lebih gacor

Manfaat minyak ikan untuk kenari lainnya adalah membantu menjadikan burung kenari memiliki kondisi kicauan yang gacor. Manfaat tersebut tentu tidak akan langsung terjadi melainkan membutuhkan konsistensi oleh pemilik burung untuk secara rutin memberikan minyak ikan sebagai ramuan ataupun dicampur dalam pakannya.  (Baca juga : tips kenari cepat pecah suara)

  1. Mengatasi beberapa masalah penyakit pada burung kenari

Sama halnya dengan manfaat minyak ikan bagi manusia, minyak ikan untuk burung kenari juga dapat mengatasi berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan atau penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat dibantu diatasi oleh minyak ikan tersebut diantaranya seperti alergi, tumor pada burung, mengatasi infeksi pernafasan, mencegah kondisi kaki yang bengkak, mengatasi gangguan reproduksi, dan mencegah terjadinya kondisi aritmia pada burung kenari.

Itulah beberapa manfaat minyak ikan untuk kenari yang dapat membantu mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan dan berguna untuk proses pembantukan bulu pada burung. Beberapa manfaat yang ada diatas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari burung tersebut. Minyak ikan memang dikenal memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh manusia yang juga berlaku bagi burung. 

, , ,
Post Date: Monday 07th, January 2019 / 03:00 Oleh :
Kategori : Burung