Sponsors Link

Manfaat Wortel Untuk Kenari Yang Baik Bagi Kesehatannya

Sponsors Link

Memelihara burung saat ini sudah menjadi sebauh gaya hidup yang dulunya hanya sebagai hobi semata. Berbagai jenis burung dapat dipelihara karena berbagai macam alasan mulai dari siulannya yang indah maupun bulunya yang menarik. Salah satu jenis burung yang banyak dipeliharan di masyarakat adalah burung kenari. Dalam memelihara burun kenari, penyediaan dan pemilihan jenis makanan tentu harus diperhatikan dengan baik. Salah satu jenis makanan yang memiliki banyak memberikan manfaat bagi kenari adalah wortel. Berikut ini beberapa manfaat wortel untuk kenari.

ads
  1. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi burung kenari

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari wortel untuk burung kenari adalah membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kandungan nutrisi yang tinggi pada wortel manjadi dasar adanya manfaat tersebut untuk burung kenari. Beberapa nutrisi penting yang terdapat pada wortel diantaranya seperti vitamin dan mineral, serat, karbohidrat, serta karotenoid dan lutein, likopen, anthocyanin. (Baca juga : manfaat tomat pada burung kenari)

  1. Bertindak sebagai antioksidan

Kandungan karotenoid dan lutein, likopen, anthocyanin seperti yang disebutkan diatas pada wortel dapat bertindak sebagai antioksidan. Adanya antioksidan pada wortel tersebut dapat membantu dalam menjaga kondisi kesehatan burung serta mencegah masuknya radikal bebas yang dapat menyebabkan permasalahan kesehatan serius pada burung kenari. Manfaat antioksidan ini tidak hanya berlaku bagi burung kenari namun juga dapat digunakan untuk jenis burung lainnya. Kandungan senyawa yang bersifat antioksidan tersebut juga sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan jantung burung. (Baca juga : cara menjinakkan burung kenari)

  1. Menjaga kesehatan mata

Wortel selalu dijelaskan sebagai salah satu sayuran yang banyak dimanfaatkan untuk menjaga kondisi kesehatan mata. Manfaat wortel tersebut juga berlaku untuk burung kenari. Dengan adanya kondisi kesehatan mata yang lebih terjaga sebagai salah satu dari manfaat wortel untuk kenari tersebut akan menghindarkan mata kenari dari berbagai macam permasalahan diantaranya katarak, belekan, mata bengkak, dan lain sebagainya. (Baca juga : cara mengatasi mental burung kenari)

  1. Mempertahankan kualitas warna pada bulu kenari

Selain karena suaranya, kenari juga banyak dipelihara karena keindahan bulunya dengan warna warna tertentu. Manfaat wortel untuk kenari lainnya adalah membantu mempertahankan kualitas warna pada burung sehingga keindahan dari burung tersebut tetap dapat dimiliki dengan baik. Proses mempertahankan warna yang dimiliki oleh burung tersebut disebabkan oleh adanya pigmen warna pada tanaman wortel. Dengan adanya kondisi warna bulu yang terjaga maka tujuan memelihara burung kenari tersebut selalu dapat terpenuhi dengan baik. (Baca juga : ternak kenari koloni

  1. Detoksifikasi racun

Sama halnya dengan manfaat cuka apel untuk lovebird yang dapat bertindak sebagai detoksifikasi racun atau membersihkan racun dan zat berbahaya di dalam tubuh burung. Dengan adanya proses detoksifikasi yang merupakan salah satu manfaat wortel bagi burung lovebird tersebut menjadikan burung akan lebih memiliki kesehatan yang baik dan terjaga serta menghindari terjadinya berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan. Sifat detoksifikasi racun dari wortel dapat diterapkan juga pada manusia maupun jenis burung lainnya. (Baca juga : tips kenari cepat pecah suara)

Itulah beberapa jenis manfaat wortel untuk kenari yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh setiap pemilik burung kenari agar dapat memanfaatkannya sesuai dengan kondisi yang dimiliki oleh burung tersebut. Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang menyehatkan bagi tubuh burung lovebird.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 07th, January 2019 / 01:10 Oleh :
Kategori : Burung