Sponsors Link

Manfaat Kangkung Untuk Lovebird Dalam Perawatannya

Sponsors Link

Lovebird menjadi salah satu burung yang paling banyak diminati saat ini untuk dipeliharan baik sebagai hewan peliharaan maupun untuk dilombakan kicauan dan bentuk tampilan bulunya. Untuk mendapatkan bulu burung dan kicauannya yang optimal maka proses perawatan burung harus dilakukan dengan baik dan benar yang salah satunya dengan memberikan makanan pilihan. Salah satu jenis makanan pilihan yang baik diberikan kepada burung lovebird adalah kangkung yang memiliki beberapa manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kangkung untuk lovebird yang dijelaskan di bawah ini.

ads
  1. Meningkatkan birahi burung

Manfaat kangkung untuk lovebird yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan birahi pada burung lovebird tersebut. Peningkatan birahi tersebut diperlukan ketika burung akan dikawinkan. Peningkatan birahi yang diberikan oleh kangkung lebih dapat dikontrol oleh tubuh sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya over birahi. Adanya manfaat tersebut menjadikan burung lovebird yang diberi makan kangkung lebih memiliki produktivitas yang baik. Birahi yang terjaga pada burung lebih banyak diperlukan pada burung yang ditangkarkan untuk memperbanyak jenis burung yang ada. (Baca juga : cara menyembuhkan patek pada burung lovebird)

  1. Memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh

Kangkung dapat membantu burung lovebird memiliki pencernaan yang baik serta sistem metabolismenya berjalan dengan lancar. Adanya manfaat kangkung tersebut menjadikan burung lovebird akan mendapatkan seluruh nutrisi yang baik bagi proses pertumbuhan dan perkembangan burung. Saluran pencernaan dan metabolisme tubuh yang berjalan dengan baik selain menyediakan kebutuhan nutrisi juga dapat membantu menjaga kondisi burung agar tidak mudah terserang penyakit. (Baca juga : ramuan untuk lovebird agar ngekek panjang)

  1. Menenangkan burung lovebird

Selain dapat menjadikan burung lovebird lebih memiliki birahi yang baik, kangkung juga memiliki sifat sedative yang mampu memberikan ketenangan. Ketenangan pada burung tersebut lebih banyak dibutuhkan ketiaka akan menghadapi lomba sehingga pada saat lomba dimulai, burung sudah dalam kondisi yang siap untuk berlaga. Ketenangan yang diperoleh saat mengkonsumsi kangkung juga dapat mencegah indukan betina memiliki sikap yang agresif. (Baca juga : cara memelihara lovebird di rumah)

  1. Menetralisir racun di dalam tubuh lovebird

Manfaat selanjutnya yang juga cukup berguna bagi burung lovebird adalah membantu dalam menetralisir racun yang terdapat pada tubuh burung. Proses netralisir tersebut akan menjadikan tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit tertentu. Kangkung dapat digunakan kepada burung lovebird yang mengalami keracunan pada air dan pakan yang disediakan di dalam kandang. Kangkung juga memiliki sifat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pada tubuh burung lovebird. (Baca juga : tips membeli lovebird untuk pemula)

  1. Mengatasi permasalahan kesehatan pada burung

Manfaat terakhir yang dapat diperoleh burung lovebird ketika mengkonsumsi kangkung secara rutin adalah membantu mengatasi permasalahan kesehatan pada burung seperti mengatasi dan mencegah terjadinya pembengkakan atau peradangan pada tubuh burung, menghentikan pendarahan, dan melancarkan saluran pencernaan yang tersumbat atau mengalami masalah tertentu.  (Baca juga : cara memelihara burung lovebird)

Itulah bebebrapa jenis manfaat yang bisa diperoleh dari kangkung bedasarkan pengalaman yang ada. Manfaat kangkung untuk lovebird tersebut juga dapat dirasakan pada jenis burung lainnya dan dapat digunakan sebagai makanan yang sehat dalam proses perawatan burung tersebut. Pemberian kangkung sebaiknya juga diperhatikan agar tidak berlebihan mengingat kangkung juga tentunya mempunyaki kelemahan tetentu.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 07th, January 2019 / 00:57 Oleh :
Kategori : Burung