Sponsors Link

8 Manfaat Tomat Pada Burung Kenari

Banyak yang menganggap bahwa tomat masuk dalam sayuran. Hal ini tidak benar karena tomat adalah bagian dari buah-buahan. Hanya saja seringnya seseorang menggunakan tomat sebagai paduan makanan atau masakan, sehingga banyak yang menilai tomat adalah sayuran. Padahal di makan langsung, tomat tetap segar. Bahkan kandungan vitamin C di dalamnya bermanfaat sekali bagi tubuh. Namun tidak sedikit orang memakan tomat dengan sedikit gula pasir, ada pula yang di buat jus. Lalu bagaimana dengan anda sendiri?

Tentunya anda juga pernah memakan buah tomat secara langsung alias tidak dengan sayuran. Rasa yang di dapatkan yakni sedikit masam san berair banyak. Tetapi nutrisi yang akan masuk di dalam tubuh anda sangat berperan sekali. Buah tomat mempunyai bentuk bulat dan berwarna merah merekah bila sudah besar dan masak. Namun ketika masih muda akan sangat hijau dan ukurannya lebih kecil, biasanya ini yang banyak di gunakan memasak sayuran.

Selain berkhasiat bagi manusia, tomat juga berguna sekali bagi hewan ternak. Salah satunya adalah burung kenari, jenis unggas yang banyak di temui karena cantik bersuara merdu. Disini anda akan di ajak untuk membahas apa saja Manfaat Tomat Pada Burung Kenari. Karena banyak sekali yang memberikan tomat untuk burung peliharaan mereka. Jika anda salah satu yang melakukan ternak kenari, berikan tomat untuk nutrisi tambahan. Karena di dalam buah tomat terdapat kandungan vitamin yang di perlukan tubuhnya. (Baca Juga: Cara Mengobati Jamur Pada Burung Kenari)

Sebelum menyebutkan manfaatnya, berikut kandungan-kandungan yang ada di dalamnya.

  • Antioksidan

Tomat mengandung aktioksidan yang berupa likopen. Kandungan ini mampu membantu dalam memerangi efek radikal bebas penyebab kanker.

  • Polifenol – Antioksidan lain yang ada di dalam buah tomat ini adalah polifenol.
  • Vitamin A – Kandungan vitamin A di dalam buah tomat sangat baik untuk perkembangan mata.
  • Vitamin C – Selain vitamin A, tomat juga kaya akan vitamin C yang membantu pembentukan kolagen pada burung.

Nah, selain disebutkan di atas tomat sejatinya masih banyak kandungan lain seperti kalium, sampai dengan gula. Satu hal yang pasti tomat ini sangat rendah lemak, jika untuk manusia sangat bagus sekali sebagai program diet. Begitu juga untuk burung peliharaan yang sudah sepantasnya mendapatkan perawatan yang baik dari pemiliknya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Pada Burung Kenari yang Kegemukan)

8 Manfaat Tomat Pada Burung Kenari

  1. Memperkuat Tulang

Kalium di dalam buah tomat sangat bagus untuk perkembangan tulang kenari. Dengan memberikan tomat, artinya anda sudah memberikan yang terbaik pada burung kenari. Artinya kekuatan atau kepadatan tulang pada burung kenari akan semakin kokoh dan tidak mudah patah.

  1. Melancarkan Kicauan

Segarnya buah tomat juga akan di rasakan oleh kenari. Jadi, lebih mudahnya tomat akan membantu melancarkan kicauan kenari. Sehingga suaranya makin lantang dan keras. Dengan begini maka burung kenari akan mudah di latih berkicau, dan bila dijual anda akan merasakan hara berfantastis. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari)

  1. Penguat Pigmen Warna

Seperti yang telah di sampaikan, tomat kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini akan membantu burung untuk mempertahankan pigmen warna. Sehingga burung kenari akan tetap terlihat cantik dan indah.

  1. Menebalkan Bulu

Tomat berguna sekali untuk pertumbuhan bulu pada burung kenari. Hasilnya jika anda rajin dan tlaten memberikan tomat akan membantu dalam pembentukan bulu lebat. Selain itu juga mampu menjadikan bulu pada kenari lebih berkilau.

  1. Menambah Nafsu Makan

Tomat akan membantu burung kenari memperbaiki nafsu makannya. Manfaat tomat yang satu ini sangat penting sekali bagi anda para pecinta burung. Tujuannya agar mudah membantu sang burung makan dan memperbaiki gizi. (Baca Juga: Tips Budidaya Burung Kenari)

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Tomat berkhasiat juga membantu burung dalam mengatasi pencernaan. Sehingga burung kenari mudah dalam mengkonsumsi sesuatu makanan dan mudah pula mengeluarkannya.

  1. Mengatasi Gangguan Tenggorokan

Manfaat lain dari tomat yang diberikan pada Burung Kenari lainnya adalah membantu gangguan tenggorokan. Burung seringkali mengalami masalah pada tenggorokan. Nah, tomat akan membantu meringankannya.

  1. Menurunkan Birahi Kenari

Ketika Tomat Anda berikan untuk Burung Kenari, maka tingkat birahinya yang meluap luap bisa langsung turun secara bertahap hingga ke tingkat batas normalnya lagi. (Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari)

Itulah beberapa manfaat dari buah tomat untuk burung kenari. Cara memberikannya ada banyak pilihan, baik dengan membelahnya menjadi dua dan menaruh di dalam sangkar ataupun yang lainnya seperti menumpuk sampai dengan mencampurkannya dengan bahan lain. Untuk lebih mudahnya, mix tomat dengan madu untuk di blender. Lalu berikan campuran ini untuk minum sang kenari.

Burung kenari sangat menyukai madu atau air gula. Jadi bila anda ingin memberikan kesukaan kenari, campurkan gula atau madu dengan ramuan tomat yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Bila anda pemilik burung kenari, cukup berikan tomat sebagai extra campuran pakan atau minumnya. Tidak semua nutrisi harus di beli dan olahan pabrik, karena yang alami seperti tomat ini justru lebih bergizi.

, , , , , ,
Post Date: Saturday 24th, November 2018 / 09:59 Oleh :
Kategori : Burung