Sponsors Link

8 Manfaat Jagung Pada Burung Kenari

Burung sudah menjadi salah satu jenis hewan yang umum di temui dan banyak di pelihara. Sama halnya anjing ataupun kucing, ternak burung bisa karena menjadi bisnis pemelihara atau sekedar mengisi waktu luang dan bisa saja untuk di jadikan teman sehari-hari. Dari banyaknya nama burung yang bisa anda pelihara di rumah, salah satunya yakni kenari. Burung ini di temukan oleh seorang bernegara Prancis di sebuah pulau bernama Canary. Inilah mengapa burung ini di namakan kenari, jadi bukan di ambil dari nama buah.

Memelihara burung kenari harus mempunyai ketlatenan kuat. Salah satunya yakni tlaten dalam perawatannya, sudah pasti anda lakukan. Umumnya soal makanan, apa yang anda berikan sangat berpengaruh sekali bagi kualitas sang burung dan hasilnya nanti. Makanan untuk hewan pemakan tumbuh-tumbuhan sangat beragam sekali, salah satunya yakni jagung. Anda pasti tahu dengan tumbuhan ini, banyak di lestarikan di persawahan perkampungan. Manfaat Jagung Pada Burung Kenari sangat banyak sekali.

Inilah sebabnya mengapa anda harus membaca artikel yang di sampaikan pada kesempatan kali ini. Nah, sedangkan makanan lain yang bisa di berikan diantaranya yakni Pisang, Pepaya, Sayuran, Kangkung, Mangga, dan jenis biji-bijian lain. Kesemua jenis pakan tersebut memang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan serta turut mampu menjaga keindahan suara kicauannya. Sama halnya jagung, ini menjadi jenis pakan yang mempunyai banyak manfaat bagi kenari. (Baca Juga: Manfaat Tomat Pada Burung Kenari)

Jagung tergolong dalam jenis tanaman pangan yang banyak mengandung karbohidrat seperti padi dan juga gandum. Banyak orang di semua negara termasuk Indonesia tentunya sudah mengenal Jagung yang sering dikonsumsi sebagai cemilan ataupun pengganti beras. Kandungan karbohidrat di dalamnya sudah biasa di olah menjadi berbagai hidangan pengganti nasi, seperti nasi jagung alias ampok, dadar jagung, bubur tepung jagung, kue dan masih banyak lagi.

Jagung bukan hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk bulir-bulir dari tongkolnya saja, tetapi juga sudah diolah ke berbagai produk lain seperti minyak makan maupun gula. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada Jagung juga tergolong bermacam-macam sekali mulai dari Protein, Lemak, Air, Vitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C), Besi, Magnesium, Fosfor, Mangan, Kalium, dan Zink. Nah, tentunya Manfaat Jagung Pada Burung Kenari Sendiri tidak perlu anda ragukan lagi. (Baca Juga: Manfaat Madu Pada Burung Kenari)

Bahkan disamping itu, Jagung juga mempunyai manfaat yang tidak hanya sekedar mampu membuat perut sang burung kenyang. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain yakni sebagai berikut:

  1. Sebagai Sumber Kalori

Manfaat jagung yang pertama adalah sebagai sumber kalori guna menambah tenaga. Dengan jagung tersebut artinya burung kenari lebih kuat dalam beraktivitas sehari-hari dan tidak mudah lelah.

  1. Menghindari Resiko Wasir

Membantu sang burung kenari agar terhindar dari wasir. Kondisi ini adalah keadaan burung yang mana sulit membuang kotorannya sendiri. Jadi, dengan mengkonsumsi jagung maka kenari akan mudah membuang kotorannya sehari-hari. (Baca Juga: Macam Penyakit Burung Kenari)

  1. Menambah Kekebalan Tubuh

Mampu membantu untuk menambah kekebalan tubuh. Sehingga burung kenari lebih tepat terhindar dari serangan penyakit yang terbawa oleh bakteri atau virus-virus lain.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan di berikannya jagung pada burung kenari, artinya anda sudah membantunya terhindar dari penyakit jantung. Jagung mempunyai peran penting untuk melindungi jantung burung, sehingga tidak mudah kaget yang berujung mati.

  1. Mencegah Anemia

Bukan hanya manusia saja yang bisa mengalami kekurangan sel darah merah. Akan tetapi hewan seperti burung kenari pun bisa mengalami anemia. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja dengan jagung, rutin memberikannya pada burung adalah cara yang tepat. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam jagung mampu menambah darah merah burung sehingga tidak akan mengalami anemia. (Baca Juga: Ternak Kenari Koloni)

  1. Meningkatkan Birahi

Membantu burung dalam meningkatkan nafsu birahinya. Sehingga mudah bagi anda untuk memijahkannya dengan jenis kelamin berbeda. Dengan begitu anda akan mudah berbisnis atau ternak burung kenari asalkan tlaten memberikan jagung.

  1. Menambah Nafsu Makan

Pemberian Jagung pada burung kenari juga bisa menambah nafsu makan Burung untuk makanan jenis lainnya. Membantu burung kenari untuk memulihkan nafsu makannya, sehingga tidak ada kata “nafsu makan menurun” apabila anda memberikan jagung untuknya. Justru nafsu makan kenari akan semakin baik dan cepat gemuk. Jadi usahakan mencampurkan Jagung di setiap makanan awalnya, demi kelancaran nafsu makan burung.

  1. Membantu Memperbaiki Celoteh

Jagung bermanfaat sekali bagi burung kenari untuk menunjukkan kualitas suaranya. Sehingga ocehan menjadi lantang dan keras. Semakin hari pula jika di latih akan menghasilkan kualitas baik. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Pada Burung Kenari yang Kegemukan)

Itulah manfaat dari jagung untuk burung kenari. Namun bila anda memberikannya pada burung peliharaan seperti kenari, sebaiknya tumbuklah agar menjadi kecil. Meskipun memberikan dalam bentuk bulir utuhan tetap saja bisa di makan, akan tetapi alangkah lebih baik jika anda membantu sang kenari lebih senang makan dengan buliran kecil. Demikianlah beragam Manfaat Jagung Pada Burung Kenari, semoga dapat membantu.

, , , ,
Post Date: Sunday 25th, November 2018 / 11:36 Oleh :
Kategori : Burung