Sponsors Link

9 Manfaat Madu Pada Burung Kenari

Sponsors Link

Madu salah satu wujud kotoran hewan yakni lebah. Mengapa di katakan kotoran? Karena madu adalah bentuk air seni lebah, namun mempunyai rasa manis dan khasiat beraneka ragam. Madu mempunyai banyak manfaat, baik untuk manusia ataupun untuk kesehatan hewan lainnya. Salah satunya yakni manfaat Madu pada Burung Kenari yang harus anda ketahui. Sehingga tidak mudah bagi anda menyepelekan penggunaan madu pada burung kenari ternakan anda, karena akan banyak khasiat yang terlihat.

ads

Nah, sedangkan burung kenari sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat familiar. Bagi sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini. Akan tetapi tetap saja sedikitnya masih ada yang belum mengerti. Perlu di ketahui bahwa harga jual atau beli kenari sangat terjangkau. Tetapi ketika kenari telah pandai gacor, pendapatan dari penjualan burung tersebut cukup banyak. Apalagi jika sang kenari telah berulang kali memenangkan kompetisi atau lomba.

Jika anda berniat untuk melakukan ternak burung kenari, lakukan yang terbaik pada burung anda. Berikan madu untuk meningkatkan kualitas burung kenari anda, karena beberapa Manfaat Madu Pada Burung Kenari bisa anda temukan di bawah ini:

  1. Menjaga Stamina

Burung kenari yang telah diberikan madu sebagai pakan tambahan sangat baik untuk menjaga stamina burung agar tetap kuat dan tidak mudah lemas, khususnya pada hari menjelang perlombaan. Hal ini bisa saja terjadi lantaran dalam madu terkandung tiga jenis gula yakni fluktosa, glukosa dan sukrosa. Kesemuanya kandungan tersebut dibutuhkan oleh burung kenari untuk menambah stamina dan kekuatan agar bisa berkicau lebih baik dan lantang. Sifat fruktosa yang mudah diserap tubuh akan mengembalikan stamina tubuh burung secara cepat. (Baca Juga: Macam Penyakit Burung Kenari)

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Burung kenari yang sedang mengalami masalah pernapasan misalnya seperti sesak karena cuaca serta sirkulasi buruk dalam sangkar, tidak mau berkicau, suara serak dan juga penyakit pernapasan lainnya juga bisa diatasi dengan madu. Namun hindari memberikan madu pada burung yang sedang sesak napas dengan cara mendekap bagian dada burung. Karena hal itu akan bisa memperparah sesak napas yang dialami. Untuk takaran maksimal yang bisa anda berikan pada burung yakni 1/4 sendok makan saja dan tidak boleh terlalu banyak.

  1. Sebagai Peningkat Daya Tahan

Tidak perlu di ulang kembali bahwa madu sangat baik diberikan pada kenari untuk meningkatkan daya tahannya, khususnya saat terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrem lantaran mengandung banyak nutrisi penting serta anti-oksidan penting untuk meningkatkan imun tubuh burung. Sehingga dengan begini tidak mudah pula burung terserang penyakit yang disebabkan karena virus, kuman atau bakteri seperti cara mengobati snot pada burung lovebird. Disamping itu, kandungan nutrisi di dalam madu juga mampu meningkatkan suhu tubuh burung saat cuaca sedang dingin. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Pada Burung Kenari yang Kegemukan)

  1. Meningkatkan Kualitas Suara

Burung kicau atau ocehan seperti kenari  juga membutuhkan makanan yang mengandung gula, dan salah satunya yang bisa didapatkan yakni dari madu seperti untuk cara merawat lovebird agar ngekek panjang. Manfaatnya yakni untuk memperindah kicauan suara, karena gula yang terdapat dalam madu akan menjadikan burung lebih aktif berkicau alias gacor dibandingkan dengan burung yang tidak mengkonsumsi gula dan suaranyapun terdengar lebih nyaring dan kencang.

  1. Meredakan Depresi

Bukan saja manusia yang bisa alami depresi, namun juga burung. Burung adalah salah satu jenis hewan yang sangat mudah alami stres apabila perawatan yang diberikan tidak baik atau kurang. Stres yang terjadi pada burung umumnya terlalu lama dan akan menyebabkan burung malas berkicau hingga akhirnya lemas tidak bertenaga dan menimbulkan berbagai masalah penyakit. (Baca Juga: Tips Budidaya Burung Kenari)

Sponsors Link

  1. Menyembuhkan Luka

Semua jenis burung, termasuk juga kenari memerlukan madu karena mengandung vitamin C cukup di dalamnya. Vitamin C ini memang pada kalanya mampu di produksi sendiri dalam tubuh burung, tetapi penambahan madu ini sebagai pakan tambahan juga sangat disarankan untuk memulihkan kerusakan yang terjadi pada jaringan seperti luka terbuka pada kaki atau bagian tubuh lainnya. Adapun cara mengobati burung kenari dengan madu apabila terluka adalah memberikan madu untuk di minum.

  1. Sebagai Pertumbuhan Anak Burung

Pemberian madu untuk anak burung juga sangat disarankan karena bermanfaat sekali. Hal ini karena di dalam madu mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang sangat baik untuk pertumbuhan anak burung khususnya guna membantu proses ngurak atau mabung dan juga memelihara kesehatan tubuhnya secara menyeluruh. Selain itu madu juga sangat berguna untuk memperbaiki masalah produksi telur pada burung kenari dewasa sehingga daya tetas dan pertumbuhan embrio bisa lebih optimal. (Baca Juga: Tips Memilih Kenari di Kandang Ombyokan)

  1. Mencegah Penyakit Kulit

Masih banyak sekali manfaat atau khasiat madu, salah satunya yakni mencegah penyakit kulit. Di dalam madu mengandung asam panthotthenate yang juga dibutuhkan oleh burung untuk mengatasi dermatitis atau terjadinya radang kulit sekaligus mencegah gejala perosis seperti penyakit pada burung kenari yang sering terjadi. Selain untuk mencegah penyakit kulit, kandungan di dalam madu ini juga ampuh sekali untuk mencegah bulu yang kasar dan mudah patah.

  1. Mengatasi Penyakit Tulang

Kegunaan madu yang lainnya pada burung kenari adalah mencegah berbagai penyakit tulang seperti sendi bengkak, kaki bengkok, kaki pincang dan juga lumpuh lantaran dalam madu mengandung niasin dalam cara memelihara burung kenari dan jenis lainnya. Bahkan bukan hanya itu saja, kandungan niasin dalam madu juga berkhasiat sekali untuk mengatasi radang mulut serta menyembuhkan burung yang sering mencret dan diare. (Baca Juga: Cara Ternak Kenari dengan Kandang Gantung)

Demikianlah 9 Manfaat Madu Pada Burung Kenari yang harus anda ketahui, semoga artikel ini cukup membantu.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Thursday 22nd, November 2018 / 12:25 Oleh :
Kategori : Burung