Sponsors Link

8 Manfaat Apel Pada Burung Kenari

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal apel, buah yang mempunyai rasa manis ke asam-asaman dan sangat segar sekali. Seringkali seseorang menjadikan apel sebagai buah dasar membuat salad buah. Disamping itu, apel juga segar ketika di jus dan di campur dengan susu full cream. Akan tetapi di nikmati biasa saja sudah enak, karena kandungan air di dalam buah apel sangat berlimpah dan banyak nutrisi yang di peroleh. Bahkan bukan hanya manusia saja yang menyukai apel, jenis burung kicau pun sama.

ads

Akan ada banyak manfaat yang di peroleh ketika anda mengkonsumsi apel secara rutin. Salah satunya sebagai perbaikan pigmen kulit, menjadikan lebih mulus dan putih. Disamping itu apel sangat berkhasiat membantu tubuh membakar kalori, alias menu diet. Selain bagi manusia, ternyata Manfaat Apel Pada Burung Kenari juga tak kurang-kurang. Ya, kenari adalah burung kicau yang menyukai apel. Dari sekian banyak jenis burung kicau, salah satunya yakni burung kenari.

Burung ini mempunyai bulu indah dan kicauan lantang. Akan tetapi jika nutrisi pakan yang di peroleh sangat kecil, bukan tak mungkin gacorannya menurun. Burung kenari mempunyai nama latin yakni Serius Canaria. Burung ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut yang bernama Jean de Berthan Cout, berasal dari Perancis. Jean menemukan kenari di kepulauan canary pada abad ke -15 lalu. Beberapa orang mungkin berpikir jika burung kenari memiliki hubungan erat dengan buah kenari, akan tetapi ternyata tidak benar. (Baca Juga: Manfaat Madu Pada Burung Kenari)

Sebagai informasi, nama kenari diambil dari nama sebuah pulau tempat habitat asli burung kenari itu sendiri yakni canary. Burung kenari juga mempunyai keindahan bulu dan suaranya yang sangat merdu sebagaimana di sampaikan di atas. Saat ini burung kenari yang banyak anda temui, atau bahkan di pelihara adalah hasil persilangan burung kenari asli (Serius Canaria) dengan jenis yang lainnya. Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai manfaat dari buah Apel untuk Burung Kenari, berikut adalah kandungan di dalam buah apel:

  • Terdapat banyak vitamin meliputi A, C, B1, B2, B3, B5, B6, B9 sampai dengan B komplek
  • Mempunyai kadar mineral antara lain kalsium, magnesium, pottasium, zat besi, dan juga zinc
  • Terdapat zat fitokimia sebagai antioksidan
  • Mempunyai serat yang tinggi
  • Memiliki zat tanin
  • Mempunyai baron
  • Mempunyai flavoid
  • Memiliki zat quercetin
  • Asam D-glucaric
  • Asam tartar

Setelah di sebutkan apa saja kandungan di dalam buah apel, pastinya anda semakin yakin untuk memberikannya pada kenari yang anda miliki. Berikut Manfaat Apel Pada Burung Kenari yang harus anda tahu:

  1. Sebagai Extra Nutrition

Apel mempunyai banyak kandungan nutrisi seperti yang telah di sebutkan. Sehingga dapat di katakan bahwa buah yang satu ini dapat menjadi nutrisi tambahan bagi kenari. Sehingga kenari tidak melulu di beri nutrisi pabrikan terus, karena memberikannya yang lebih alami berupa apel juga sangat bagus. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Pada Burung Kenari yang Kegemukan)

  1. Membantu Sistem Pencernaan

Seperti yang telah disampaikan bahwa apel mempunyai serat cukup tinggi. Kandungan serat inilah yang akan membantu pencernaan burung kenari menjadi lebih mudah.

  1. Sebagai Pembersih Tenggorokan

Selain bagus untuk pencernaan, kandungan zat tanin di dalam buah apel ini juga sangat baik bagi tenggorokan kenari. Karena sejatinya zat tanin bagi burung kenari adalah membersihkan tenggorokan sang burung. Sehingga bagus sekali untuk mencegah suara burung serak.

Sponsors Link

  1. Menjaga Kepadatan Tulang

Mineral yang terkandung di dalam buah apel sangat tinggi, terutama kadar kalsium yang sangat bagus bagi kepadatan tulang burung kenari ini. Salah satu manfaat dari mineral di dalam apel adalah agar kaki-kaki burung kenari tidak mudah patah. (Baca Juga: Tips Memilih Kenari di Kandang Ombyokan)

  1. Menghindari dari Bakteri Jahat

Tahukah anda bahwa kadar zat asam yang bernama tartar di dalam buah apel berguna sekali untuk membunuh bakteri jahat yang ada dalam bagian pencernaan kenari. Sehingga bakteri tidak bisa masuk dan menyerang sang burung.

  1. Sebagai Penguat Daya Tahan Tubuh

Kandungan quercetin dalam buah apel adalah sebagai antioksidan yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh kenari agar kebal dari serangan penyakit apapun. Berikan secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

  1. Mempertajam Mata

Kandungan vitamin A di dalam buah apel ini sangat baik sekali untuk kesehatan matanya. Jadi dengan diberikannya buah apel maka pandangan kenari menjadi sehat dan tajam. (Baca Juga: Cara Ternak Kenari dengan Kandang Gantung)

  1. Menjaga Kesehatan Persendian

Selain baik untuk mata, kandungan di dalam apel lainnya seperti vitamin B juga akan membantu menjaga kesehatan persendian sang burung.

Pentingnya anda memahami isi dari artikel ini adalah untuk memudahkan pengetahuan tentang buah apel yang ternyata berkhasiat sekali bagi burung kicau seperti kenari. Sebagai peliharaan kesayangan anda, tentunya perlakuan yang harus di berikan juga perlu mendukung kesukaannya. Nah, burung kenari sangat menyukai apel karena mampu menyegarkan tubuhnya dan 8 Manfaat Apel Pada Burung Kenari yang lainnya di atas. Demikian artikel yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 23rd, November 2018 / 11:50 Oleh :
Kategori : Burung