Sponsors Link

13 Cara Merawat Landak Mini Yang Baru Lahir

Landak mini tergolong hewan yang jarang dipelihara karena dianggap susah dalam perawatan dan makanannya, padahal sebenarnya memelihara landak mini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan dan bisa bersahabat dengan manusia.

Landak mini yang baru lahir merupakan hewan yang lucu dan dapat dijinakkan sebab kenal dengan pemiliknya sejak kecil, 12 Cara Merawat Landak Mini Yang Baru Lahir berikut dapat membantu untuk proses tumbuh kembangnya.

1. Tahapan Pertumbuhan Bayi Landak Mini

Jumlah anak Landak mini yang baru lahir bervariasi mulai dari beberapa hingga 8 atau 9 ekor. Rata rata  4 ekor.  Saat lahir, landak mini yang baru lahir memiliki panjang satu inci, buta, polos dan sepenuhnya tergantung pada indukan mereka. (Baca juga mengenai cara merawat bayi landak mini tanpa induk)

Ketika lahir, mereka diliputi cairan membran yang menutupi punggung dan akan mengering setelah 6 sd 12 jam, punggung akan mulai menyodok melalui celah kulit. Duri pertama ini sangat lembut dan seperti rambut. Duri keras pertama tidak tumbuh dalam dua minggu lagi.  (Baca juga mengenai cara merawat hamster hamil)

2. Masa Disusui

Saat menyusui, induk landak mini yang baru lahir perhatian terhadap anak anaknya seperti induk kucing. Anakan tumbuh sangat cepat selama waktu ini. Setelah sekitar 4 atau 5 hari, Sobat dapat melihat puncak perhatian induk landak mini yang baru lahir terhadap anaknya.  (Baca juga mengenai cara merawat musang rase)

Dia mungkin akan mendesis pada Sobat untuk mencegah sobat mengusik anak anaknya. Tetap awasi sampai mereka sekitar tiga minggu. Pastikan pasokan pakanan yang cukup dan bergizi dan memiliki banyak air.  (Baca juga mengenai cara melatih musang agar nurut)

3. Masa Bayi Landak Mini Mulai Bergerak

Pada usia tiga minggu anakan sudah cukup besar. Mata mereka mulai membuka dan telah memasuki masa bergerak aktif. Pada saat ini mereka telah menguasai seni khas landak mini yang baru lahir yaitu menggulung seperti bola.  Sobat dapat menyentuh  mereka dengan lembut sekarang. Indukan tetap akan mendesis dan melompat  untuk mencoba melindungi anakan anakannya.  (Baca juga mengenai cara merawat hamster campbell)

Jangan khawatir, karena ini adalah ciri indukan yang baik. Jika ingin bermain ambilah secara bergantian satu persatu, angkat keluar kandang masukkan kembali ke dalam sarang dan kemudian mengambil berikutnya. Jangan memegang anak landak mini yang baru lahir lebih dari satu menit. Induk landak mini yang baru lahir  tidak boleh terlalu khawatir dengan aktifitas sobat.

4. Masa Penyapihan

Pada minggu ke 5 sobat dapat bermain lebih lama. Indukan sudah mulai menyapih dan anak landak mini yang baru lahir mulai mencari pakan sendiri. Jangan pisahkan anak landak mini yang baru lahir dari induknya setidaknya 6 minggu, karena mereka secara emosional masih bergantung pada induknya.

5. Kandang Khusus untuk Bayi Landak Mini

Pada 6 minggu, induk akan bosan dengan sekarang anak landak mini yang baru lahir telah disapih. Terlihat dari jumlah waktu ia menghabiskan di luar sarang. Pada saat ini Sobat harus memiliki kandang lain siap untuk anak anak.

Pindahkan mereka dari kandang induk dan menempatkan mereka dalam kandang baru. Pada sekitar sepuluh minggu, mereka tumbuh dewasa dengan tubuh dipenuhi  duri Ketika ini terjadi, warna mereka bisa tetap sama atau mungkin berubah dalam semalam.   Saat dewasa warna baru tidak akan berubah lagi.

6. Jika Landak Mini Ditolak Oleh Induknya

Jika Sobat menemukan anak landak mini yang baru lahir yang  ditolak oleh induknya, Sobat dapat mencoba menitipkan pada induk lain yang memiliki usia sebaya. Atau bisa juga sobat menyuapi sendiri. Banyak anakan landak mini yang baru lahir yang cacat ditolak induknya. Jika tidak memiliki indukan lain yang sudah menyusui, bisa dicoba dengan susu kambing yang diteteskan menggunakan pipet setiap 3 sd 4 jam.

Sambil memberi pakan, sobat juga dapat membantu mereka untuk buang air kecil dengan membelai lembut perut bagian bawah. Memberi pakan dengan menyuapi sendiri hanya boleh digunakan sebagai jalan terakhir, bukan bertujuan untuk menghasilkan landak mini yang baru lahir yang jinak karenat Tingkat kelangsungan hidup dengan metode ini kecil.

7. Beri Pakan Landak Mini Yang Baru Lahir dengan Benar

Landak mini yang baru lahir umumnya pepakan serangga, tapi mereka juga mau pakan buah, sayur, telur dan daging. Mereka akan pakan terus, jadi mereka bisa kegemukan. Landak mini yang baru lahir yang terlalu gemuk tidak bisa berguling, dan susah berjalan.

8. Kebutuhan Gizi

Pakanan berkualitas adalah hal utama. Kebutuhan gizi landak mini yang baru lahir agak aneh. Beri mereka pakanan kibble untuk kucing yang berkualitas tinggi. Kibble yang sobat pilih harus memiliki lemak dibawah 15%, protein 32 35%, dan harus organik, holistik atau sejenisnya, hindari kibble yang terbuat dari jagung atau sejenisnya. Banyak pemilik landak mini yang

baru lahir memberi pakanan sekenanya kepada landak mini yang baru lahir mereka, atau sisa pakanan. Berikan snack bervariasi untuk menghindari kekurangan gizi bila hanya memberikan satu jenis pakanan, seperti buah, sayur, daging ayam, telur. Ulat juga baik untuk pakanan landak mini yang baru lahir, bisa diberikan 1 sd 4 kali seminggu.

9. Pantangan

Jangan pernah berikan : Kacang/ biji bijian, buah kering, daging mentah, sayur mentah, pakanan yang lengket, alpukat, anggur, kismis, susu, serangga liar, alkohol, roti, seledri, bawang, wortel mentah, tomat, junk food manusia (chips, permen, segalanya yang terlalu manis dan asin, dll), apapun yang terlalu asam, dan madu.

10. Tempat Pakan yang Baik

Berikan mangkuk pakanan yang cukup lebar untuk landak mini yang baru lahir dan cukup berat sehingga tidak mudah dijungkalkan dan dijadikan mainan. Berikan botol minum dengan pipa, atau mangkuk berisi air.

11. Awasi Kesehatannya

  • Siapkan baki kotoran dengan kedalaman tidak lebih dari setengah inci agar mudah diakses dan menghindari patahnya kaki landak mini yang baru lahir. Pasikan sobat hanya menggunakan pasir untuk kucing yang tidak menggumpal, atau gunakan tissue kertas.
  • Pastikan lebarnya cukup untuk landak mini yang baru lahir, dan bersihkan tiap hari. Perhatikan gerakan perut yang tidak normal yang bisa menunjukkan gejala penyakit. Banyak pemilik meletakkan baki ini di bawah roda karena di sanalah landak mini yang baru lahir biasanya beraktifitas.
  • Bersihkan kandang dengan teratur. Cuci tempat pakan dan minum dengan air panas, bersihkan roda dan tempat tidurnya juga seminggu sekali.
  • Perawatan. Mandi hanya jika perlu. Periksa kuku mereka secara teratur, jika terlalu panjang, potong agar tidak terjepit pada roda putar.

12. Masa Ganti Duri

Seperti anakan yang berganti gigi, atau ular yang berganti kulit, landak mini yang baru lahir juga bisa berganti duri. Biasanya ini terjadi pada umur 6 sd 8 minggu dan bisa terjadi sepanjang tahun pertama mereka, berubah dari duri anakan menjadi duri dewasa.

Ini adalah normal dan tidak perlu dikuatirkan, kecuali mereka menunjukkan gejala sakit. Landak mini yang baru lahir sobat mungkin sedikit gelisah dan tidak suka dipegang. Mandikan dengan oatmeal agar mereka merasa nyaman.

13. Pegang Sering Sering dan Ajak Bermain

Landak mini yang baru lahir akan terbiasa dengan tangan sobat jika sobat seing menyentuhnya. Lakukan dengan mantap, mereka tidak terlalu rapuh. Umumnya, sobat perlu memegangnya 30 menit sehari. Seperti memegang landak mini yang baru lahir sobat, jangan takut untuk ikut bermain. Landak mini yang baru lahir akan menerima sobat untuk ikut bermain jika sobat sering bermain bersama.

Nah sobat, itulah cara yang bisa dilakukan agar landak mini yang baru lahir tumbuh dan berkembang dengan baik, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 13:52 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan