Sponsors Link

12 Cara Melatih Musang Agar Nurut

Sponsors Link

Musang pada dasarnya ialah hewan yang liar dan senang untuk hidup di alam bebas, seiring dengnan banyaknya yang tertarik pada hewan ini, tak sedikit yang rela membelinya dengan harga mahal atau mencari langsung di alam untuk dipeliharan di rumah,

ads

kendala yang sering dialami ialah musang tersebut memiliki sifat yang tidak menurut dan galak, 12 Cara Melatih Musang Agar Nurut berikut ini dapat sobat terapkan agar bisa memiliki hubungan yang baik dan menjalin kedekatan.

1. Memandikan hewan musang sobat

Memandikan musang sobat, walaupun hal ini bisa membuatnya menyerang sobat, merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat musang sobat menjadi nurut pada sobat. Sobat dapat memandikan musang sobat di dalam kandang

musang terlebih dahulu sebelum kemudian perlahan lahan memandikannya di luar kandang musang. Dengan melakukan hal ini, musang sobat akan cenderung lebih mengingat sobat sehingga mereka tidak akan kaget lagi bila bertemu dengan sobat. (Baca juga mengenai cara menghilangkan kutu pada musang)

pastikan untuk tidak menyakitinya pada saat memandikannya. Apabila dia hendak menggigit sobat, sobat dapat menambah jumlah air yang sobat guyurkan padanya sebagai sebuah hukuman atas tindakannya tadi. Tapi apabila dia tidak mengigit, sobat bisa memberinya perlakuan yang penuh dengan kasih sayang sehingga  (Baca juga mengenai cara memberikan minyak ikan pada musang)

dia akan mengetahui apa yang akan dia peroleh dari sobat apabila dia bertindak nakal atau tidak. Lambat laun, musang sobat akan mulai nurut pada sobat dan tidak menggigit saat sobat memandikannya. Lakukan ini setelah beberapa minggu secara rutin dan setelahnya sobat dapat mulai melalui proses berikutnya.  (Baca juga mengenai cara memelihara musang pandan)

22. Memberi makan dengan memakai tangan

Memberikan memakai tangan merupakan salah satu langkah yang dapat sobat lakukan untuk berkenalan dan mendekat kepada hewan musang yang sobat miliki. Memberi makan dengan tangan yang dimaksud di sini merupakan seperti menyuapi pada anak kecil,  (Baca juga mengenai cara merawat musang di musim hujan)

dan bukannya meletakkan makanan di pinggir kandang musang atau di dekat musang sobat kemudian sobat tinggal begitu saja. Dengan memberi makan dengan tangan sobat, maka musang akan mudah mengenali sobat. Setelah memberi makan tersebut,  (Baca juga mengenai cara menjinakkan musang pandan)

sebaiknya sobat juga menungguinya sampai dia selesai makan. Hal itu akan membantu musang sobat untuk menghafal sobat sebagai pemiliknya. Dengan demikian dia akan nurut kepada sobat. Pada tahap awal mungkin tangan sobat akan lebih sering digigit oleh musang sobat. Apabila hal itu terjadi, sobat tidak perlu khawatir terlalu berlebihan.

Bila tangan sobat memang digigit, jangan sampai sobat menarik tangan sobat karena hal itu akan membuat tangan sobat terluka lebih parah. Lebih baik ‘hukum’ musang sobat dengan cara memasukkan lebih dalam tangan sobat yang digigit ke dalam saluran kerongkongannya sehingga dia tersedak, dengan catatan tidak terlalu keras karena dapat merusak organ musang sobat.

Sponsors Link

Memberi makan pepaya yang diiris dengan irisan yang kecil sehingga menghasilkan potongan yang banyak dapat membantu sobat menurutkan musang sobat. Sobat dapat melakukan hal ini dengan cara memberikan potongan pepaya yang sobat iris dengan potongan yang kecil, kepada musang sobat sembari menungguinya memakan makanan tersebut. Setelah selesai makan, baru sobat meninggalkannya.

Memberi makan pepaya dalam potongan yang kecil ini memberikan peluang yang cukup bagi kita untuk berlama lama di hadapan hewan musang yang kita miliki. Hal itu dapat membuat musang sobat lebih cepat mengenali dan menghafal sobat, sehingga tingkat agresifnya terhadap sobat akan berkurang cukup drastis.

3. Mengusap kepala dan leher

Mengusap kepala merupakan salah satu tindakan yang dapat sobat lakukan untuk menurutkan musang sobat. Perilaku ini dapat menjadi salah satu bentuk imbalan baik atau bentuk perhatian pada hewan musang sobat. Dengan kata lain,

ads

sobat dapat menyisipkan perbuatan mengusap kepala musang sobat di sela sela aktifitas yang sobat lakukan bersama musang sobat, seperti saat memberinya makan, memandikannya dari luar atau di dalam kandang musang, dsb.

Mengusap leher juga salah satu tindakan yang dapat sobat lakukan untuk menurutkan musang sobat. Sebagaimana perilaku mengusap kepala musang sobat, perilaku ini dapat menjadi salah satu bentuk imbalan baik atau bentuk perhatian pada hewan musang sobat.

Dengan kata lain, sobat dapat menyisipkan perbuatan mengusap leher musang sobat di sela sela aktifitas yang sobat lakukan bersama musang sobat, seperti saat memberinya makan, memandikannya dari luar atau di dalam kandang musang, dan lain sebagainya.

4. Memberi makan dengan tangan di depan atau diluar kandang musang

Apabila sobat tidak berani memberikan makan secara langsung dengan memakai tangan sobat, maka salah satu cara untuk tetap mendekatkan diri dengan musang sobat merupakan dengan memberinya makan dari luar atau di depan pintu kandang musang musang yang sobat pelihara.

Dengan melakukan hal ini selama beberapa saat, maka musang sobat akan relatif lebih cepat untuk dinurutkan. Mengajak ngomong saat memberi makan juga dapat membantu musang sobat untuk hafal dengan suara sobat. Hal ini dapat menjadi

salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan musang sobat. Dengan sering mengajaknya bicara sambil memberi makan, musang akan menghafalkan bahwa sobat yang memiliki suara seperti itu ternyata merupakan orang yang baik untuknya. Sehingga dia akan nurut dengan lebih cepat.

5. Mengeluarkan dari kandang musang

Mengeluarkan musang dari kandang musang dapat membantu sobat untuk membuatnya lebih terbiasa dengan lingkungan. Mengeluarkan yang dimaksud disini dapat dengan cara membuka kandang musang dan mengajaknya makan di luar kandang musang, atau sekedar memandikannya di luar kandang musang dengan tetap memastikan dia tidak akan lari, atau dengan cara yang lainnya.

6. Menggunting kuku

Menggunting kuku merupakan salah satu cara yang dapat sobat lakukan untuk mendekatkan diri dengan musang sobat. Selain itu, dengan menggunting kuku sobat akan mengurangi resiko terkena cakar atau terkena serangan yang dapat membuat badan sobat mengalami lecet atau luka luka tertentu di saat merawat musang sobat yang belum nurut.

Apabila sobat belum dapat menggunting kuku dengan benar, disarankan untuk membawanya ke dokter hewan terdekat agar dokter membantu sobat memotong kuku hewan kesayangan sobat tersebut. Sobat tidak perlu khawatir karena kuku musang tersebut akan tumbuh kembali setelah dipotong sekalipun.

7. Menggunting gigi yang tajam

Salah satu cara untuk membatu menurutkan musang sobat merupakan dengan menggunting gigi tajam yang dimiliki musang sobat. Menggunting gigi ini akan membantu agar sobat tidak terkena gigitan yang menyakitkan. Tapi demikian, untuk melakukan hal ini biasanya akan lebih sulit daripada menggunting kuku biasa. Oleh karena itu disarankan agar sobat memotongkan gigi musang sobat pada dokter hewan yang ahli dalam melakukan hal ini.

8. Memainkan ekornya

Memainkan ekor yang dimaksud merupakan menarik ekor belakang musang sobat dengan perlahan dan tidak mengagetkan saat sobat hendak memberinya makan atau dalam kondisi tertentu dapat digunakan untuk melatihnya membiasakan diri untuk keluar dari kandang musangnya.

9. Membiasakan musang dengan keramaian

Membiasakan musang dengan keramaian dapat membantu musang sobat untuk merasa nyaman dan familiar dengan suasana lingkungan yang ramai. Hal ini akan membuat musang sobat tidak merasa terancam dan selalu siaga

untuk menyerang siapa atau apa saja yang ada di sekitarnya. Mengeluarkan musang sobat dari kandang musang, atau menaruh kandung di tempat yang ramai orang untuk beberapa waktu dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk membuat musang sobat familiar dengan keramaian.

10. Menaruh baju pemilik di kandang

Melapisi kandang musang musang dengan kaos kita, terutama kaos yang memiliki bau yang khas dari tubuh kita seperti keringat dapat membantu musang untuk menghafal bau badan yang sobat miliki. Dengan demikian, lambat laun musang akan mengenali bau dari kaos tersebut sebagai bau orang yang sering memberinya makan dan lain lain, sehingga dia akan merasa lebih nyaman apabila berinteraksi dengan sobat baik saat makan, saat sobat gendong, dsb.

Sponsors Link

11. Memberi nama

Memanggil nama dapat menjadi salah satu caar untuk menurutkan musang sobat. Sobat dapat memanggil namanya pada berbagai macam kondisi, baik saat sobat mengajaknya ngobrol, saat ingin memberi makan, atau pada saat saat yang lain.

Dengan memanggil nama ini sobat membuat musang sobat akan hafal dengan sendirinya bahwa sebutan yang sobat gunakan untuk memanggilnya tersebut bisa berarti tsobat bahwa dia akan diberi makan bila berperilaku baik, menjadi ciri bahwa yang memanggilnya tersebut merupakan orang yang menyayanginya (dari suara yang sama), atau menjadi pertsobat lain bagi musang sobat.

12. Mengajak jalan jalan

Mengajak jalan jalan merupakan salah satu cara untuk membiasakan musang dengan lingkungannya. Sobat dapat melakukan ini sambil membawa musang sobat di dalam kandang musangnya, atau bila sebelumnya musang sobat sudah mau ditaruh di atas pundak atau digendong, sobat dapat mengajaknya jalan jalan sambil menggendongnya.

Sekian, semoga bermanfaat ya sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 12:57 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan