Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Musang yang Tidak Mau Makan

12 Cara Mengatasi Musang yang Tidak Mau Makan dapat dilakukan jika sobat tahu alasan tidak mau makan pada hewan musang peliharaan itu sendiri.

Maka, di artikel ini penulis akan membahas alasan tidak mau makan pada hewan musang peliharaan dan cara mengatasi tidak mau makan pada hewan musang peliharaan.

Artikel cara mengobati musang yang tidak mau makan berikut diharapkan dapat membantu para pecinta hewan musang peliharaan dalam merawat hewan musang peliharaannya. Berikut selengkapnya.

1. Jika musang tidak mau makan sebab sembelit

Hewan musang peliharaan yang mengalami sembelit biasanya memang berkurang nafsu makannya. Hewan musang peliharaan yang sembelit biasanya mengalami penurunan nafsu makan sebab rasa sakit di perut. Hewan musang peliharaan (Baca juga mengenai cara melatih musang agar nurut)

yang sedang sakit seperti sembelit atau sakit perut umumnya akan mengurangi nafsu makan hewan musang peliharaan tersebut seperti halnya manusia yang sedang sembelit akan membuat sobat malas makan dan hampir tidak ingin makan sama sekali.  (Baca juga mengenai cara memberikan minyak ikan pada musang)

2. Jika musang tidak mau makan karena sakit

Penyakit pada hewan musang peliharaan biasanya didominasi karena cuaca yang buruk dan terlalu gemuk sebab alasan utama hewan musang peliharaan tidak mau makan umumnya hewan musang peliharaan tersebut sedang sakit atau hewan musang peliharaan sedang tidak enak badan, sehingga sobat sembuhkan penyakitnya terlebih dahulu.  (Baca juga mengenai cara memelihara musang pandan)

3. Musang tidak mau makan karena bosan

Dalam beberapa kasus, hewan musang peliharaan mengalami tidak mau makan sebab dia bosan dengan makanan yang diberikan. Cara mengobati hewan musang peliharaan yang tidak mau makan karena jenuh dengan makanannya adalah  (Baca juga mengenai cara merawat musang di musim hujan)

dengan mengganti ganti makanan yang diberikan secara teratur. Sobat dapat memberikan makanan berupa buah buahan seperti pisang dan pepaya matang kepada hewan musang peliharaan setiap hari senin hingga jumat, memberikan kepala ayam rebus setiap hari sabtu, dan memberikan nasi dengan kecap setiap hari minggu.  (Baca juga mengenai  cara menjinakkan musang pandan)

Sobat juga dapat memberikan makanan yang lain dan bervariasi seperti pisang, daging ayam yang direbus setengah matang, buah seperti pepaya dan makanan lainnya yang hewan musang peliharaan sukai, maka dengan demikian akan membuat hewan musang peliharaan tertarik dan nafsu makan hewan musang peliharaan akan kembali normal seperti sebelumnya.

4. Jika musang tidak mau makan karena kegemukan

Obesitas atau kegemukan pada hewan musang peliharaan juga kadang meyebabkan hewan musang peliharaan enggan untuk makan dikarenakan sesak pada perut hewan musang peliharaan yang dikarenakan timbunan lemak yang berlebihan pada hewan musang peliharaan juga dikarenakan gagal jantung pada hewan musang peliharaan

jika kondisinya sudah seperti ini ada baiknya sobat melakukan diet pada hewan musang peliharaan sobat agar tidak lebih parah  , hindari makanan yang terlalu berlemak dan jika dapat berilah makanan yang berbeda beda setiap harinya agar hewan musang peliharaan terhindar dari obesitas dan tentu saja hal ini juga dapat menghindari hewan musang peliharaan yang tidak mau makan.

5. Memberikan minyak ikan

Minyak ikan adalah minyak yang dihasilkan dari lemak ikan, dulu sih berasal dari isi perut ikan paus yang diekstrak dan keluarlah sebuah minyak yang disebut minyak ikan. Tapi seiring berjalannya waktu minyak ikan sekarang tidak diperoleh dari isi perut ikan paus. Sebab apa?

Ikan paus adalah hewan yang dilindungi dan terancam punah. Minyak ikan sendiri memiliki kandungan protein dan omega tiga yang cukup tinggi. Minyak ikan sering diberikan oleh ibu kepada anaknya untuk mencerdaskan otak dari si kecil. Namun, ternyata minyak ikan juga dapat dipakai untuk menambah nafsu makan hewan musang peliharaan sobat.

Kandungan zat yang terdapat pada minyak ikan dapat dipakai untuk menambah nafsu makan pada hewan musang peliharaan sobat. Selain dipakai untuk menambah nafsu makan, ternyata minyak ikan juga dapat dipakai untuk melebatkan serta memperhalus bulu dari hewan musang peliharaan sobat.

6. Menyuapi musang

Minyak ikan dapat langsung diberikan pada hewan musang peliharaan sobat, berikan minyak ikan sesuai dengan takaran saji yang direkomendasikan pada bungkus produk. Agar manfaat minyak ikan dapat sepenuhnya terserap, berilah minyak ikan secukupnya dan jangan berlebihan sebab yang berlebihan itu tidak baik.

7. Mencampur makanan dengan minyak ikan

Bagi hewan musang peliharaan yang enggan dan tidak mau memakan atau meminum minyak ikan, sobat dapat menggunakan perantara berupa jangkrik atau campurkan pada makanan hewan musang peliharaan. Cara pemberian minyak ikan dengan menggunakan jangkrik sangat mudah, caranya adalah suntikan minyak ikan pada tubuh jangkrik. Itu saja.

8. Memberi paha ayam

Strategi sobat selanjutnya untuk menambah nafsu makan hewan musang peliharaan adalah dengan memberikan kepala ayam yang sudah dimasak. Kenapa kepala ayam sobat? Hewan musang peliharaan cenderung suka dengan makanan yang berbau amis dan berdaging.

Kepala ayam dipilih sebab selain harga yang murah, kepala ayam juga mudah didapat. Pemberian kepala ayam pada hewan musang peliharaan cukup mudah dilakukan yakni dengan cara merebus terlebih dahulu kepala ayam dan berikan dengan taburan sedikit garam agar hewan musang peliharaan lahap memakan kepala ayam tadi.

9. Hindari memberikan daging mentah

Untuk perhatian jangan biarkan hewan musang peliharaan memakan daging mentah sebab jika hewan musang peliharaan diberikan daging mentah naluri liarnya akan tumbuh kembali.

10. Memberikan multivitamin

Bagi yang belum tahu apa itu multivitamin ada baiknya menyimak ini dengan baik baik. Multivitamin adalah vitamin khusus untuk hewan peliharaan, biasanya kucing atau anjing. Tetapi pemberian Multivitamin pada hewan musang peliharaan terbukti menambah nafsu makan hewan musang peliharaan.

Selain untuk menambah nafsu makan, multivitamin juga memiliki manfaat diantarnya nya adalah membuat hewan musang peliharaan tetap dalam kondisi sehat, lincah dan bugar. Tetapi harga multivitamin cukup menguras kantong kamu sebab Harga yang dipatok cukup besar, sobat dapat membeli multivitamin di toko hewan terdekat di daerah sobat.

11. Memberikan kandang yang nyaman

Untuk menghindari hewan musang peliharaan enggan makan atau kurang nafsu makan adalah dengan memberi makanan yang bervariasi dan bergizi tentunya. Selain jenis makanan yang bervariasi, kebersihan hewan musang peliharaan dan kandang juga harus diperhatikan sebab kandang dan badan hewan musang peliharaan yang terawat diharapkan menghindari adanya indikasi penyakit dan menjaga agar hewan musang peliharaan tetap sehat tentunya.

12. Jenis vitamin yang disarankan untuk menambah nafsu makan

  • Nutriplus Gel
  • Vitagel
  • Curcuma Plus Untuk menambah nafsu makan

Dosis : Musang Dewasa : 1 cc sehari dan Anakan : 0 5 cc sehari

  • Stimuno Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Dosis : 0.5 CC sehari musang dewasa. Tingkatkan dosis apabila sudah terbiasa dan tidak mencret.

  • Curcuma Plus Imuns Gabungan dari Curcuma plus dan Stimuno

Dosis : Dewasa : 1cc sehari dan Anakan : 0.5 cc sehari

  • Cyproheptadine (Periactin)

Adalah antihistamine yang dipakai pada kasus alergi atau asma pada manusia, akan tetapi untuk hewan musang peliharaan ternyata mempunyai pengaruh yang bagus sebagai penambah nafsu makan (appetite simultant). Dosis : Dewasa : 1 4 mg/kg (1 2x sehari) dan Anakan : 0.35   1 mg/kg 1 2x sehari).

  • Vitamin B12 Untuk menstimulasi nafsu makan, memperbaiki pergantian energi, & memperbaiki pencernaan makanan.

Kelebihan dosis vitamin ini tidaklah berbahaya dan akan dibuang melalui urine 8. Vitamin E Untuk penambah stamina dan nafsu Makan pada hewan musang peliharaan Jantan Untuk mempercepat masa birahi dan tahan lama untuk hewan musang peliharaan Betina.

Sekian sobat, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 13:06 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan