Sponsors Link

12 Cara Merawat Musang Rase

Sponsors Link

Musang rase merupakan binatang yang dahulunya dianggap hama oleh warga terutama warga yang merawat ayam , sebab sering kali musang rase memangsa anak ayam para warga, tapi seiring dengan berkembangnya jaman,

ads

pikiran masyarakat akan binatang ini mulai berubah dimana musang rase tidak lagi di anggap sebagai hama tapi juga sebagai binatang peliharaan yang unik.

Musang rase memiliki corak seperti macan tutul atau ceetah.  Perawakan berbeda dengan musang pada umumnya dengan kaki lebih pendek dan fisik lebih jenjang. Penjelasan 12 Cara Merawat Musang Rase berikut akan memberikan kemudahan untuk sobat dalam merawatnya.

1. Pakanan yang Memadai

Bagi usia musang rase anakan usia sekitar 1 sd 2 bulan, cukup diberi minum susu bubuk tapi yang rendah gula. Tips memberi minuman anakan musang rase yakni dengan memakai pipet tetes kemudian ambil anakan musang rase kemudian masukan perlahan hingga susu tertelan. (Baca juga mengenai cara mengatasi musang yang tidak mau makan)

Lakukan berulang ulang tapi hati hati sebab bisa melukai si anakan. Jika musang musang rase sudah bisa mulai pakan sendiri, cukup diberi susu bubuk ditaruh tempat minum kecil dan beri pakan buah buahan yang berserat sedikit atau daging halus. Dan juga perlu diberi asupan protein berupa daging segar jika sudah dewasa. Berikut pilihan pakan terbaik untuk musang rase.  (Baca juga mengenai cara melatih musang agar nurut)

  • Daging ayam

Bukan hal yang baru lagi jika musang rase menyukai pakan yang satu ini, sebab di alam liarnya sering sekali musang rase memangsa ayam, entah itu ayam liar ataupun ayam warga , hal ini juga yang membuat musang rase menjadi hama penggangu bagi warga yang beternak ayam. Daging ayam yang dapat sobat berikan dapat berupa daging ayam yang mentah ataupun daging ayam yang sudah direbus setengah matang.  (Baca juga mengenai cara memberikan minyak ikan pada musang)

  • Pisang

Pisang juga dapat sobat berikan kepada musang rase sebab tekstur pisang yang lembut mudah dicerna oleh musang rase, pisang juga sangat di ajurkan bagi sobat yang merawat musang rase masih berusia 2 bulan atau anakan sebab pada usia tersebut musang rase masih sulit mencerna pakanan berupa daging.  (Baca juga mengenai cara memelihara musang pandan)

  • Nasi

Tidak hanya sebagai pakan manusia saja ternyata nasi juga dapat sobat berikan kepada musang rase, selain mengandung gizi yang diperlukan oleh musang rase nasi juga mudah dicerna oleh musang rase, seperti pengalaman merawat musang rase dalam memberi pakan musang rase dengan nasi dibarengi dengan memberikan daging ayam yang dicampur dengan nasi, sebab jika memberi nasi saja terkadang musang rase tidak suka pakan nasi tersebut.  (Baca juga mengenai cara merawat musang di musim hujan)

2. Pakan untuk Anakan

Bagi sobat yang merawat musang rase anakan ada baiknya sobat memberi pakan musang rase dengan bubur anakan, selain telah memiliki nilai gizi yang komplit bubur anakan dapat sobat temukan dimana saja, tapi jangan sering memberi musang rase dengan bubur anakan sebaiknya diselingi dengan pakanan lainnya agar musang rase tidak ketergantungan dengan bubur anakan.

Sponsors Link

3. Berikan Susu

Susu dapat sobat berikan kepada musang rase sebagai minuman bagi musang rase seminggu sekali agar asupan gizi musang rase terpenuhi dan musang rase tidak kekurangan kalsium, sehingga musang rase akan aktif bergerak dan tidak lesu dan juga menghindari musang rase terkena pincang akibat kekurangan kalsium.

4. Perhatikan Kondisi Kandang

Jaga kebersihan kandang dengan mencucinya. Kandang yang kotor dapat menyebabkan bulu musang rase rontok dan menimbulkan penyakit kulit. Kandang musang rase cukup dengan sebuah kardus yang agak luas yang diberi alas lap

yang tak terpakai jika musang rase ini masih anakan. Tapi, jika sudah dewasa bisa menaruhnya di kandang besi. Bisa diperoleh di pet shop. Kebersihan kandang juga harus diperhatikan supaya si musang rase tidak terserang penyakit dan bau yang kurang sedap.

ads

5. Tempat Makan

Bersihkan tempat pakan dan minum dari sisa pakanan dengan rutin. Kebiasaan ini mencegah musang rase memakan pakanan sisa yang berakibat buruk bagi kesehatannya.

6. Perhatikan Porsi dan Jadwal Makan

Perhatikan proporsi ideal fisik musang rase, sebaiknya tidak kegemukan dan tidak kurus. Bila kegemukan musang rase dapat mengalami obesitas dan mati mendadak akibat gagal jantung. Maka dari itu, sebaiknya memerhatikan porsi dan jadwal pakannya.

7. Membersihkan kuku

Lakukan pemotongan kuku dengan berkala. Bagi sobat yang ingin mempermudah, sebaiknya proses ini dilakukan oleh dua orang. Salah seorang memegangi musang rase dengan posisi perut menghadap ke atas, salah seorang lagi memotong kukunya satu per satu. Pastikan kuku yang dipotong hanya bagian tajamnya saja, jangan sangat dalam. Cukup beberapa milimeter saja dari ujung kuku.

8. Mandikan Musang Rase

Mandikan musang rase tiap dua minggu sekali dengan memakai shampo kucing. Lakukan proses ini antara pukul 07.00 sd 08.30. Setelah itu jemur musang rase agar membunuh bakteri dan memperoleh vitamin D. Pastikan pada saat memandikan musang rase cuaca tidak sedang dingin atau mendung.

9. Perhatikan Kemananan

Agar tidak kabur, proses memandikan dan menjemur musang rase sebaiknya dilakukan di dalam kandang. Bila perlu sobat dapat memakai sarung tangan pada saat proses berlangsung.

10. Pakanan Musang Rase Sesuai Usia

Agar musang rase dapat tumbuh optimal, usahakan selalu memenuhi kebutuhan gizinya sejak awal merawat. Sesuaikan pakan dengan kebutuhan gizi sesuai usianya yakni sebagai berikut:

  • Usia 0 sd 2 bulan

Di usia ini sebaiknya musang rase tidak dipisahkan dari induknya sebab rentan cacat dan rawan mati. Tapi bila terpaksa harus merawatnya, pastikan sobat dapat memenuhi gizinya. Pakanan terbaik yang bisa diberikan di usia ini adalah susu non gula, bubur anakan sebagai pakanan utama, dan sesekali diberi buah yang dihaluskan.

Berikan tambahan suplemen pakanan, misalnya scoot emulsion dan suplemen kalsium khusus kucing. Bila musang rase belum bisa pakan sendiri, berikan pakanan dengan tips disepet memakai pipet. Masukkan ujung pipet berisi pakanan dan dorong pakanan dari pipet. Lakukan perlahan lahan bagi menghindari musang rase tersedak.

  • Usia 2 sd 4 bulan

Di usia ini berikan pakanan yang tinggi protein dan cukup serat. Sobat bisa mendapatkannya dari bubur anakan kental dan nasi yang dicampur kecap. Selain itu bisa juga memberikan kepala ayam rebus tiap seminggu sekali. Tambahkan selingan buah pisang dan pepaya sebanyak dua kali dalam seminggu. Tambahkan juga air minum bagi memenuhi kebutuhan mineralnya.

Sponsors Link

  • Usia 5 bulan ke atas

Musang rase yang notabene binatang omnivora tidak banyak pakan daging, di alam bebas dia juga mepakan buah buahan yang sudah masak. Di usia ini biasakan musang rase dengan jadwal pakan, misalnya pagi dan sore. Dengan pakanan utama buah buahan, pakanan selingan berupa kepala ayam rebus, nasi, kecap, dan pakanan tambahan seperti serangga dan madu.

11. Hindarkan dari Kondisi Lembab

Setiap 2 kali seminggu, musang rase harus dimandikan . Tips memandikannya juga cukup mudah . Hanya saja butuh ketelatenan . Tipsnya yakni siapkan air hangat dan handuk serta shampo anakan atau khusus musang rase . Mandikan musang rase seperti biasa , kemudian jika sudah dimandikan keringkan dengan handuk kemudian di hairdryer supaya cepat kering dan terhindar dari lembab.

12. Rapikan Bulu

Kemudian jika sudah kering sempurna, jangan lupa sisir rambut musang rase supaya tidak berantakan .

Oke sobat, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 13:15 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan