Sponsors Link

8 Manfaat Bawang Putih Pada Burung Kicau

Sponsors Link

Burung kicau menjadi primadona unggas yang di sukai banyak orang, selain unik karena suaranya juga menarik untuk di ikutkan lomba. Banyak sekali jenis burung kicau yang harus anda ketahui, mulai dari kenari, beo, jalak, cucak ijo, lovebird dan masih banyak lagi.Untuk sekedar hobi saja sangat menyenangkan, apalagi jika anda mempunyai niatan untuk membudidayakan, pasti sangat menguntungkan. Apapun itu, yang terpenting di perhatikan adalah cara perawatan burung yang benar dan tepat.

ads

Jika anda salah satu pecinta burung, pastinya sering melihat bawang putih sebagai campuran pakan atau sebagai manfaat lain. Perlu anda ketahui bahwa khasiat di dalam bawang putih sangatlah bagus, sayangnya banyak orang yang tidak suka karena baunya. Suka atau tidak suka, jika hal ini berfungsi baik bagi burung sebaiknya tetap berikan. Bawang putih banyak disukai burung kicau, dan apa saja Manfaat Bawang Putih Pada Burung Kicau akan di sampaikan pada halaman ini.

8 Manfaat Bawang Putih Pada Burung Kicau

  1. Sebagai Anti Bakteri

Tahukah anda jika bawang putih mengandung anti bakteri di dalamnya yang di sebut dengan zat alisin. Zat ini mempunyai sifat anti bakteri. Artinya, apabila burung yang mengonsumsi bawang putih, tidak akan mudah terkena serangan bakteri. (Baca Juga: Manfaat Jahe Pada Burung Kicau)

Beberapa bakteri yang dapat ditolak dengan zat asilin antara lain yakni seperti Salmonella, Escherichia, Streptococcus, Klebsiella, Bacillus, dan bakteri lainnya. Jadi, apabila suatu saat burung anda terkena gangguan percernaan yang disebabkan oleh bakteri, maka anda bisa memberikan bawang putih ke burung peliharaan anda tersebut.

  1. Sebagai Anti Jamur

Selain anti bakteri, manfaat bawang putih lainnya yang akan didapat oleh burung Kicau adalah tidak gampang diserang jamur. Sama halnya poin pertama, anti jamur ini bisa di lakukan oleh bawang putih lantaran di dalamnya mengandung zat tertentu. Bawang putih mengandung anti jamur. Bawang putih juga mampu menghambat pembentukan mikotoksin yang terjadi pada burung.

Apa yang di sebut dengan mikotoksin? Mikotoksin adalah racun atau toksin yang di peroleh dari hasil suatu proses metabolisme sekunder jamur yang dapat memicu perubahan fisiologis abnormal atau pathologis pada manusia dan hewan, termasuk burung. Jadi, bawang putih dapat digunakan untuk mencegah beberapa penyakit yang di akibatkan oleh jamur. (Baca Juga: Cara Merawat Burung Agar Rajin Berkicau)

  1. Sebagai Anti Parasit

Parasit adalah jenis hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya. Nah, di dalam bawang putih terdapat kandungan zat alisin seperti yang telah di sampaikan di atas. Dengan zat alisin yang terkandung di dalam bawang putih tersebut maka beberapa jenis parasit tidak akan bisa menyerang burung kicau peliharaan anda. Ini juga berfungsi sebagai salah satu anti bodi guna menanggulangi parasit yang masuk ke tubuh burung.

  1. Sebagai Anti Virus

Bawang putih masih mempunyai banyak manfaat lain, salah satunya yakni mengandung anti virus. Seperti yang sudah di jelaskan, di dalam bawang putih terdapat zat anti bodi untuk melawan berbagai jenis penyakit. Bawang putih juga ini ternyata juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh burung yang mengkonsumsinya. Dengan demikian, burung menjadi aman dan terlindungi dari serangan virus-virus berbahaya yang mungkin mematikan. (Baca Juga: Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi)

  1. Sebagai Pencegah dan Mengobati Flu Burung

Pada musim hujan seperti sekarang ini, suhu udara menjadi tak menentu, terkadang naik, kadang juga turun. Tentunya, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan burung dan dapat mengakibatkan burung lantaran tertimpa berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, berikanlah burung kicau anda bawang putih agar supaya tidak terkena penyakit seperti flu dan gangguan kesehatan lainnya.

Sponsors Link

  1. Sebagai Penghangat Tubuh

Musim penghujan seperti sekarang ini, tidak mudah untuk mendapatkan sinar matahari. Kekebalan tubuh burung peliharaan anda pun juga menjadi tak stabil, menjadi menurun. Hal ini karena kurang dijemur. Oleh sebab itu, gunakanlah bawang putih untuk membantu menghangatkan tubuh burung. Selain itu, jangan lupa tambahkan sedikit jahe, kunyit, dan juga kencur agar tubuh burung lebih hangat lagi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stres)

  1. Sebagai Pengobat Luka

 Bawang putih sering di manfaatkan untuk mengobati luka pada burung kicau. Saat burung telah terluka karena terjepit pintu sangkar atau tersangkut alas sangkar dan sebagainya, anda dapat memberikan bawang putih untuk mengobati lukanya tersebut.

  1. Sebagai Penumbuh Bulu Ekor

Biasanya bawang putih di pakai sebagai terapi guna membantu pertumbuhan bulu ekor atau sayap burung yang rusak. Anda pastinya tahu sendiri, burung bisa kapan saja mengalami mabung yang mengakibatkan bulunya rontok berjatuhan. Nah, agar bulunya bisa cepat tumbuh, maka gunakan terapi bawang putih ini untuk memulihkan bulunya. (Baca Juga: Cara Merawat Burung yang Sedang Mabung)

Demikian rangkaian Manfaat Bawang Putih Pada Burung Kicau peliharaan anda yang bisa Anda ikuti. Memang sih untuk bau menyengatnya kurang nyaman bagi burung, akan tetapi efek kesehatan yang bakal didapatkan ketika bawang putih diberikan pada Burung Kicau juga tidak sedikit. Semoga artikel ini membantu.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 20th, November 2018 / 11:53 Oleh :
Kategori : Burung