Sponsors Link

12 Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi

Sponsors Link

Musim hujan yang datang di penghujung tahun ini seolah menjadi berkah tersendiri bagi pemilik burung anis merah peliharaan. Bagaimana tidak? Suara berisik air yang turun dari langit itu mampu merangsang burung anis merah peliharaan untuk berkicau.

ads

Burung anis merah peliharaan bisa cepat bunyi dan rajin berkicau apabila dirawat dengan tepat, benar, dan berkelanjutan. Sebab sebenarnya untuk menghasilkan burung anis merah peliharaan cepat bunyi adalah cara perawatan yang baik.

Meskipun kualitas bakalan juga cukup berpengaruh. Tetapi apa artinya anakan burung anis merah peliharaan yang berkualitas apabila tidak dibarengi dengan cara perawatan yang baik pula. Nah sobat, untuk memancingnya agar mau bersuara lantang, tentu harus dibarengi cara perawatan yang tepat seperti 12 Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi berikut ini.

1. Full kerodong

Memberikan full kerodong pada kandangnya perlu dilakukan agar burung anis merah peliharaan merasa aman dan nyaman saat berada di lingkungan yang tidak memadai. Misalnya lingkungan yang terlalu ramai oleh lalu lalang dan aktifitas manusia, jalan sempit, atau sering dilalui hewan hewan liar seperti kucing dan tikus. (Baca juga mengenai cara penangkaran anis merah di rumah)

Untuk hasil yang lebih efektif, dalam seminggu burung anis merah peliharaan bisa dikerodong selama 4 sd 5 hari. Selebihnya tidak diberikan kerodong, sebab pada hari itu burung anis merah peliharaan akan mendapat cara perawatan lain seperti pengembunan, mandi, dan jemur. (Baca juga mengenai cara merawat burung anis kembang)

2. Letakkan kandang di tempat yang nyaman

Perhatikan pula situasi dan kondisi lingkungan di mana Sobat akan meletakkan kandang burung anis merah peliharaan. Dianjurkan tak meletakkan kandangnya pada tempat dimana angin berembus kendang, atau dekat sumber angin, dan jauhkan dari dapur saat ada aktifitas memasak. (Baca juga mengenai cara ternak burung anis binbin)

Burung anis merah peliharaan sangat menyukai tempat yang teduh dengan embusan angin sepoi sepoi (tidak terlalu kencang). Untuk memancingnya agar lebih rajin bunyi, sehingga mempercepat proses berkicaunya, kandang sebaiknya diletakkan di dekat sumber air mengalir, atau lokasi yang berisik tapi tidak terlalu ramai. Misalnya dekat pesawat televisi atau suara radio. (Baca juga mengenai cara ternak burung anis cendana)

3. Kroto dan mandi malam

Kroto bisa membantu mempercepat proses berkicau burung anis merah peliharaan. Pakan yang berupa telur semut rangrang ini bisa diberikan pada sore atau malam hari (setelah mandi malam), sebelum burung anis merah peliharaan tersebut diembunkan pada keesokan harinya. (Baca juga mengenai cara merawat cucak ijo mini)

4. Pengembunan

Setelah beberapa hari berada dalam kondisi full kerodong, maka pengembunan akan menjadi cara perawatan pembuka yang mengawali sisa sisa hari berikutnya tanpa kerodong. Saat inilah biasanya burung anis merah peliharaan akan tertantang untuk membuka suaranya secara lebih lantang.

Sponsors Link

5. Pakan burung anis merah peliharaan

Agar burung anis merah peliharaan cepat cepat bunyi/ rajin bunyi, sobat sebaiknya mengganti voer lama dengan yang baru setiap dua hari sekali. Voer yang diberikan sebaiknya berkadar protein 12 sd 18%. Untuk burung anis merah

peliharaan, pemberian pakan sebaiknya bervariatif dengan tujuan kebutuhan burung anis merah peliharaan akan karbohidrat, mineral, protein, dan vitamin tercukupi. Selain itu sobat juga harus setiap hari memberikan buah buahan segar untuk burung anis merah peliharaan, misalnya pepaya, apel, atau pisang.

6. Pemberian extra food

Extra food atau biasa disebut EF adalah pakanan tambahan bagi burung anis merah peliharaan untuk variasa menu pakanan dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Untuk EF burung anis merah peliharaan, sobat bisa memberikan jangkrik setiap hari. Sedangkan pemberian cacing, ulat hongkong, diberikan hanya beberapa kali saja dalam seminggu. Pemberian pakan yang berkualitas dan tepat akan membuat burung anis merah peliharaan cepat bunyi.

ads

7. Kebersihan sangkar

Untuk menjadikan burung anis merah peliharaan cepat bunyi dan berkualitas juga diperlukan kesadaran sobat akan kebersihan sangkar/ kandangnya. Bersihkanlah sangkar setiap hari, termasuk membuang kotoran burung anis merah peliharaan dan gantilah air minum burung anis merah peliharaan setiap hari. Sebaiknya gunakan air minum yang telah dimasak atau air mineral.

8. Pemandian dan penjemuran

Burung anis merah peliharaan sebelum dimandikan sebaiknya diangin anginkan dulu di teras selama 30 menit. Setelah itu sobat bisa memandikan burung anis merah peliharaan dengan semprot atau dengan karamba, disesuaikan dengan kebiasaannya.

Penjemuran burung anis merah peliharaan agar cepat bunyi bisa sobat lakukan setiap hari di pagi hari. Jam 8 sd 10 pagi, dan sebaiknya tidak didekatkan pada burung anis merah peliharaan lain. Setelah dijemur burung anis merah peliharaan diangin anginkan di teras selama kurang lebih 10 menit, setelah itu dikerodong kembali.

9. Pemasteran (pelatihan)

Yang satu ini wajib sobat lakukan agar burung anis merah peliharaan cepat bunyi, yaitu dengan pemasteran (pelatihan) suara. Pemasteran (pelatihan) suara bisa dilakukan dengan suara burung anis merah peliharaan master lain atau dengan mp3 player yang sekarang banyak tersedia. Pemasteran (pelatihan) bisa dilakukan pada siang hari sampai sore hari (10.00 sd 15.00),

dan di malam hari sampai pagi. Untuk hasil yang maksimal, selama pemasteran (pelatihan) burung anis merah peliharaan sebaiknya dikerodong. Pemasteran (pelatihan) baik dilakukan saat burung anis merah peliharaan masih bakalan/ anakan agar memori yang diterima akan selalu diingat oleh burung anis merah peliharaan saat dewasa nanti.

10. Kenyamanan lingkungan

Burung anis merah peliharaan adalah spesies yang terbiasa dengan suasana nyaman, begitu juga dengan burung anis merah peliharaan. Untuk itu agar burung anis merah peliharaan merasa nyaman dan tenang, pastikan suasana di sekitar rumah sobat kondusif.

11. Lindungi dari hewan pengganggu

Jauhkan dari gangguan kucing, tikus, atau anjing. Sebab apabila selalu terganggu maka akan berpengaruh pada mental dan suara burung anis merah peliharaan itu sendiri.

12. Buat suasana asri dan sejuk

Buatlah suasana yang asri, sejuk, dan nyaman agar burung anis merah peliharaan sobat merasa nyaman dan lekas cepat bunyi.

Nah sobat, itulah cara cara yang bisa dilakukan agar burung anis merah yang sobat pelihara cepat bunyi sehingga memberikan kesenangan tersendiri atau dapat menjadi hiburan bagi sobat. Lakukan dengan telaten dengan perawatan dan lingkungan yang terbaik. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, semoga bermanfaat untuk sobat, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 10th, November 2018 / 04:47 Oleh :
Kategori : Burung