Sponsors Link

8 Manfaat Mandi Malam Pada Burung Kacer

Sponsors Link

Berbeda dengan wanita, pria lebih menyukai peliharaan burung kicau. Pasalnya unggas ini memang keren untuk di budidayakan. Apalagi dengan melihat perkembangan lomba burung yang kian meradang, pastinya harga penjualan burung kicau semakin mahal. Dari sekian banyak jenis burung kicau, salah satu yang sering di jumpai alias familiar adalah kacer. Burung ini mempunyai harga yang tidak sangat mahal, tetapi ketika sudah gacor dan banyak memenangkan lomba akan melambung tinggi.

ads

Sementara itu peminat burung kacer sendiri sangat banyak di Indonesia sendiri. Nah, alangkah menjadi peluang bagus bagi anda untuk membudidayakannya. Melatih dengan benar, memberikan perawatan ekstra untuk menciptakan kacer-kacer berkualitas. Sehingga harga yang bisa anda pasarkan nantinya juga mahal. Namun ketika anda ternak burung kacer, akan ada langkah perawatan yang harus anda laksanakan. Tujuannya sangat jelas agar burung betah, nyaman dan patinya berkembang dengan baik.

Salah satu bentuk perawatan itu adalah mandi malam. Akan ada banyak Manfaat Mandi Malam Pada Burung Kacer yang akan anda temui disini. (Baca Juga: Cara Melatih Kacer Petarung)

8 Manfaat Mandi Malam Pada Burung Kacer

  1. Untuk Mengatasi Over Birahi

Sebagai pemilik burung, anda memandikan burung kacer peliharaan pada malam hari biasanya karena burung tersebut telah mengalami over birahi. Kondisi ini adalah keadaan dimana birahinya burung terlalu berlebihan sehingga tidak terkendali lagi. Baik kurang birahi maupun over birahi sama-sama tidak baik bagi burung kacer itu sendiri, sehingga harus distabilkan. Gejala atau tanda burung yang over birahi dapat dilihat dari perilakunya yang agresif atau berkicau secara berlebihan dan lantang.

Over birahi umumnya terjadi lantaran burung telah mengkonsumsi pakan dengan kadar nutrisi seperti protein yang terlalu tinggi, dan usia belum mapan, pemberian pakar yang berlebihan, atau kondisi tubuh burung yang kurang sehat. (Baca Juga: Cara Menjinakkan Kacer Grabangan)

  1. Guna Menjinakkan

Manfaat yang akan didapatkan berikutnya ketika Burung Kacer dimandikan pada malam hari yakni untuk mengubah burung kacer menjadi lebih jinak, apalagi jika burung anda giras. Burung bakalan yang sedang dilatih biasanya masih menyandang sifat giras, sehingga harus dijinakkan terlebih dahulu.

Salah satu cara tersebut adalah dengan memandikannya pada malam hari. Tidak hanya burung bakalan, burung yang telah mapan terkadang bisa menjadi giras sehingga dapat juga dimandikan pada malam hari untuk menjinakkannya.

  1. Membuat Burung Makin Gacor

Sudah pasti kacer adalah burung kicau, sehingga telah di ketahui alasan banyak orang menyukai burung. Selain cantik, burung kicau mudah di latih dan makin disukai orang. Kalau sudah begini, lantas apa yang di cari peternak atau anda dari burung kacer tersebut? Pastinya suara gacor, semakin bagus akan semakin mahal. Manfaat dari memandikan burung kacer di malam hari adalah untuk membuat suara makin gacor. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Kacer dalam Sangkar)

  1. Menghindari Burung Stress

Pentingnya anda memperhatikan macam manfaat yang didapat ketika memandikan Burung Kacer pada malam hari yakni guna menghindari stress. Burung yang stress akan sulit di kendalikan lagi, ujung-ujungnya sakit dan mati. Tidak ingin seperti ini terjadi? Mandikan burung anda di malam hari, cukup semprot dengan air saja seperti memandikan burung pada umumnya.

  1. Menenangkan Burung

Sifat air yang di siramkan pada burung kacer di malam hari akan memiliki efek guna menenangkan burung. Ibarat manusia yang harus di freeze yakni otaknya, sama seperti burung yang butuh refresing. Oleh sebab itu mandikan burung pada malam hari agar keadaannya bisa tenang. (Baca Juga: Cara Menjinakkan Kacer Semi)

Sponsors Link

  1. Membuat Burung Terlihat Fresh

Manfaat yang lainnya adalah untuk membuat burung lebih fresh, sehingga terlihat segar. Bayangkan saja apabila burung peliharaan anda di biarkan begitu saja untuk bergerak aktif sesukanya, pastinya akan membuat sang burung kucel. Inilah alasan mengapa burung di mandikan di malam hari, karena bisa membuat burung terlihat segar.

  1. Menjadikan Burung Kacer Lebih Lincah

Rajin memandikan burung di malam hari minimal tiga kali dalam seminggu akan membuat burung lincah. Siapa yang tidak menginginkan kelincahan sari burung kacer? Pastinya anda sendiri akan mengejar burung yang lincah karena mudah di lombakan untuk menang. (Baca Juga: Cara Merawat Kacer Bakalan)

  1. Melatih Jantung

Mandi malam bermanfaat bagi burung kacer untuk terapi jantungnya. Pasalnya dengan mandi malam, burung akan merasa kaget secara perlahan akibat siraman air tersebut. Jika burung telah terbiasa, maka jantungnya pun akan terbiasa kaget.

Bagaimana, mungkinkah artikel ini sangat membantu? Pastinya di harapkan sekali bagi anda untuk menemukan berbagai macam manfaat Mandi Malam pada Burung Kacer. Beternak burung gampang-gampang susah, tapi satu hal yang pasti bahwa anda harus memberikan perawatan terbaik, salah satunya dengan memandikan malam hari dengan minimal tiga kali dalam seminggu dan maksimal lima kali. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kutu Pada Burung Kacer)

Demikian telah di sebutkan apa saja manfaatnya, dengan begitu Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dan lebih bersemangat untuk memandikan burung Kacer di malam hari. Meski begitu tetap ingat kapasitas siraman air dan juga waktu memandikan karena ketika kebanyakan, akan berdampak buruk terhadap sang burung, begitu juga dengan waktu yang tidak tepat dimana burung sedang tidur pulas, malah dimandikan, yang jadi malah bisa stress. Semoga artikel ini cukup membantu.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Monday 19th, November 2018 / 16:45 Oleh :
Kategori : Burung