Sponsors Link

8 Manfaat Jahe Pada Burung Kicau yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Salah satu yang termasuk jenis rempah-rempah adalah Jahe, banyak di temukan sehari-hari. Jahe (Zingiber officinale) merupakan jenis tanaman rimpang yang cukup popular di Indonesia, bahkan juga di berbagai negara yang ada di dunia. Jahe ini juga kerap digunakan sebagai rempah atau bahan obat-obatan. Rasanya memang cukup pedas, tetapi memiilki efek menghangatkan. Bukan saja berkhasiat untuk kesehatan manusia, tanaman herbal ini juga digemari hampir semua jenis burung paruh bengkok (parrot) dan semua burung kicau lainnya.

ads

Jahe mempunyai serangkaian manfaat untuk burung peliharaan anda yang tidak banyak di ketahui. Sedang pemanfaatan jahe sendiri untuk burung peliharaan sudah lama dilakukan para penggemar burung di mancanegara. Jahe mempunyai zat aktif yang disebut dengan gingerol serta berfungsi sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi yang sangat efektif guna penyembuhan. Sejak dahulu tanaman ini memang sering dipakai untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan sistem pernafasan dan juga masalah pencernaan pada burung.

Beberapa kandungan yang ada pada jahe antara lain protein, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C, serta berbagai jenis mineral seperti kalsium (Ca), fosfor (P), besi (Fe), natrium (Na), kalium (K), sampai dengan magnesium (Mg). Manfaat Jahe pada Burung Kicau memang sangat di akui sekali, jadi anda tidak usah ragu untuk memberikannya pada burung peliharaan anda. Serangkaian manfaat tersebut di sampaikan pada daftar berikut ini: (Baca Juga: Cara Merawat Burung Agar Rajin Berkicau)

8 Manfaat Jahe Pada Burung Kicau

  1. Memberikan Rasa Hangat

Untuk manfaat yang akan didapatkan oleh Burung Kicau anda yang pertama adalah sebagai pemberi rasa hangat. Karena seperti yang di sebutkan di atas, jahe cukuplah pedas sehingga terasa hangat saat di konsumsi. Rasa hangat pada jahe dapat membantu menjaga kondisi burung selama musim dingin atau musim penghujan.

Biasanya jahe diberikan dengan cara dipotong kecil-kecil (seukuran voer kasar) dan dimasukkan dalam tubuh jangkrik, kemudian diberikan kepada burung peliharaan. Atau mungkin Anda juga bisa langsung memberikannya pada burung kicau kesayangan anda.

  1. Pemulih Stamina Burung Kicau

Manfaat jahe yang lainnya adalah untuk membantu memulihkan kondisi burung peliharaan anda yang mungkin sedang ngedrop. Caranya yakni dengan memberikan potongan kecil jahe pada mulut burung atau dilolohkan. Ada juga yang mengeprek potongan jahe tersebut sebelum dilolohkan ke burung agar lebih lumat dan halus sehingga mudah di makan. (Baca Juga: Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi)

  1. Mengatasi Mabuk di Perjalanan

Jahe punya manfaat lain tak kalah penting untuk sang burung, yakni sebagai penangkal mabuk perjalanan. Burung peliharaan cukup rentan mengalami mabuk perjalanan. Pada saat berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan, burung akan cenderung diam dalam sangkarnya, akan tetapi matanya tidak henti-hentinya memandangi jalanan yang melaju.

Hal inilah yang memicu kondisi “mabuk” atau motion sickness pada burung kicau anda. Gejalanya antara lain, pandangan mata burung kabur, terasa mual dan muntah, serta tubuh dan sayap selalu gemetaran. Guna mengantisipasi hal tersebut, maka beberapa jam sebelumnya gantilah air minum burung dengan air jahe.

  1. Untuk Kesehatan

Khasiat jahe yang tidak pernah luntur adalah sebagai kesehatan. Sama halnya manusia, meminum jahe mampu memberikan kondisi fisik sehat dan ceria. Sama seperti burung, akan tetapi tidaklah pula anda harus memberikannya setiap hari. Minimal berikanlah seminggu 3 kali saja dan di saat-saat tertentu jika sang burung memang membutuhkan jahe. (Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stres)

Sponsors Link

  1. Campuran Ulat

Jahe juga dapat dimanfaatkan menjadi campuran pakat ulat. Lantas apa hubungannya pakan  ulat dengan burung kicau ini? Seperti diketahui, makanan favorit dari burung adalah ulat, terutama ulat hongkong. Ulat yang segar tentu menjadi santapan yang paling dinikmati oleh burung peliharaan anda. Ini sebabnya mengapa anda harus memperhatikan kualitas dari ulat yang anda berikan untuk dikonsumsi oleh burung kenari milik anda. Caranya, anda bisa mencampurkan air jahe ke dalam ulat yang akan anda berikan pada burung.

  1. Sebagai Campuran Pakan

Manfaat Jahe terhadap Burung Kicau yang lainnya adalah untuk campuran pakan. Biasanya jahe di buat menjadi wedang terlebih dahulu kemudian di campurkan pada pakan burung apa saja. (Baca Juga: Ternak Perkutut Bangkok)

  1. Penambah Nafsu Makan

Jahe berguna sekali untuk burung kicau bukan saja sebagai kesehatan atau hal-hal lain, akan tetapi juga berguna meningkatkan nafsu makan sang burung. Dengan begini perkembangan burung anda juga semakin baik.

  1. Nutrisi Pelengkap Burung Kicau

Jahe sebagai salah satu rempah yang di sukai burung mempunyai segudang manfaat yang belum sepenuhnya terpecahkan. Disampaikan pada poin 8 tentang manfaat Jahe untuk Burung Kicau yakni sebagai nutrisi pelengkap burung. Jahe mempunyai beberapa kandungan yang di butuhkan oleh tubuh burung, sehingga khasiatnya tidak di ragukan lagi mengenai nutrisi penting yang akan melengkapi tubuh burung anda. (Baca Juga: Ternak Gelatik Belong)

Demikian beberapa manfaat Jahe pada Burung Kicau yang bisa Anda ketahui dengan tepat. Ketika Anda sebagai pemilik mengetahui manfaat jahe yang sebenarnya dan mampu memberikannya secara rutin, maka kesehatan Burung Kicau akan lebih terjaga dan terjamin. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 16th, November 2018 / 00:22 Oleh :
Kategori : Burung