Sponsors Link

12 Cara Merawat Bayi Landak Mini Tanpa Induk

Sponsors Link

Hewan landak mini ialah campuran dari dua jenis landak, dan bukan merupakan jenis alami. Pada dasarnya, hewan landak mini hidup di seberang di Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. Hewan landak mini merupakan hewan Nokturnal atau yang lebih aktif dimalam hari, dan siang hari biasanya banyak digunakan untuk tidur.

ads

Hewan landak mini mempunyai beberapa jenis berdasarkan warna kulit, bulu dan durinya. Hewan landak mini juga mempunyai gaya hidup Soliter atau hidup menyendiri. Jadi jangan khawatir bagi sobat yang ingin memelihara hewan landak mini tanpa induk satu ekor saja. Berikut hal hal penting yang harus dilakukan, 12 Cara Merawat Bayi Landak Mini Tanpa Induk.

1. Pakanan dan Minuman

Cara merawat bayi hewan landak mini tanpa induk yang pertama ialah dengan mengetahui pakanan yang tepat untuk bayi hewan landak mini tanpa induk. Hewan ini tergolong pepakan serangga (insectivora), sehingga membutuhkan pakanan yang berprotein tinggi tapi rendah lemak. (Baca juga mengenai cara menjinakkan landak mini)

Di Indonesia belum ada pakan khusus untuk bayi hewan landak mini tanpa induk, tetapi sobat bisa menjadikan pakan kucing atau anjing (basah) yang biasa dijual di petshop sebagai pakanan utamanya. Pilihlah catfood atau dogfood  (Baca juga mengenai cara memelihara tupai di rumah)

yang memiliki aroma “amis” yang cukup tinggi. Hal ini berguna untuk meningkatkan nafsu pakan bayi hewan landak mini tanpa induk. Pakan kucing atau anjing bermanfaat sebagai cadangan energi dan pembangun otot landak.  (Baca juga mengenai cara merawat sugar glider)

2. Pakanan Tambahan

Bayi hewan landak mini tanpa induk peliharaan tetap butuh pakanan segar meskipun hanya sebagai tambahan atau secondary food. Penulis merekomendasikan serangga seperti ulat hongkong atau jerman, kroto, jangkrik, mealworm atau bisa juga sayur sayuran dan buah buahan.  (Baca juga mengenai cara mengatasi sugar glider stres)

3. Berikan Pakan Bervariasi

Tiap landak memiliki kesukaan yang berbeda, maka dari itu biarkan landak mini sobat mencoba berbagai jenis pakanan tambahan yang penulis rekomendasikan. Agar nantinya sobat bisa tahu apa yang disukainya. Walaupun namanya pakanan tambahan, tapi ini wajib diberikan kepada bayi hewan landak mini tanpa induk karena memiliki beberapa manfaat. Yaitu:  (Baca juga mengenai cara merawat hamster hamil)

  • Menghindarkan rasa jenuh pada bayi hewan landak mini tanpa induk. Karena jika jenuh, mereka bisa melakukan aksi mogok pakan.
  • Menjaga insting ata naluri alamiahnya, yaitu berburu mangsa. Dengan berburu mangsa maka bayi hewan landak mini tanpa induk menjadi aktif bergerak. Hal ini secara tidak langsung melatih tubuhnya agar tetap bugar.
  • Bayi hewan landak mini tanpa induk perlu pakanan segar, karena sehari harinya pakan pakan instant.

4. Dosis Pakan

  • Pakanan Utama: 3 sd 4 kali sehari, berikan sekitar 2 sd 4 sendok pakan.
  • Pakanan Tambahan: 2 sd 3 hari sekali
Sponsors Link

5. Pantangan

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, hewan landak mini tanpa induk pun mempunyai pantangan pantangan dalam pakanan. Landak mini tidak tahan terhadap laktosa atau gula, sehingga sangat dilarang memberikan susu dan coklat. Memakan pakanan tersebut dapat membuat landak mini sakit bahkan kematian.

Buah yang tingkat keasamannya tinggi seperti alpukat, kismis dan jeruk. Asam menyebabkan sistem pencernaannya terganggu. Pakan yang mengandung pengawet, zat pewarna, dan pemanis yang berlebihan. Untuk minum cukup sediakan air putih matang. Pastikan air di tempat minumnya tidak sampai habis ataupun kotor.

6. Kandang

Akuarium, kotak kayu atau kandang kucing dan anjing bisa digunakan sebagai kandang bagi bayi hewan landak mini tanpa induk. Luas kandang harus diperhatikan agar dapat memfasilitasi landak mini dalam beraktifitas. Siapkan kandang dari akuarium atau kotak kayu bisa juga kotak plastik dengan ukuran lebar sekitar 50×50 cm atau 60×40 cm dan tinggi sekitar 30 cm agar hewan landak mini tidak naik.

ads

Kandang harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Kandang kucing atau anjing yang dikelilingi besi horizontal ialah pilihan yang baik. Karena memang bayi hewan landak mini tanpa induk suka memanjat. Jangan lupa memperhatikan lebar antar jeruji, karena bila kebesaran bayi hewan landak mini tanpa induk bisa kabur dari kandang.

7. Suhu dan Sirkulasi Kandang

Kandang sebaiknya diletakkan di ruangan yang bersuhu antara 21 sd 27 derajat celcius. Ruangan juga memiliki penerangan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik.

8. Berikan Serutan Kayu

Berfungsi sebagai alas di dalam kandang. Membuat landak mini tanpa induk merasa hangat di malam hari. Selain itu serutan kayu mampu menyerap bau kotoran padat dan kotoran cair. Gantilah serutan kayu seminggu sekali atau jika sudah mulai tercium aroma tidak sedap.

9. Tempat Pakanan dan Minuman       

Pilihlah tempat pakan yang cukup lebar dan berat misalnya mangkok atau piring kaca, bisa juga tempat pakanan kucing dari plastik tapi tebal. Sehingga tempat pakanan tidak mudah dibalik oleh bayi hewan landak mini tanpa induk. Tempat minum bisa menggunakan botol minum hamster. Pilihlah ukuran yang besar karena bayi hewan landak mini tanpa induk sering sekali minum air. Bersihkan juga tempat pakan dan minum secara rutin ya sobat!

10. Berikan Tempat sembunyi

Tempat sembunyi ialah kotak tertutup dengan lubang kecil (cukup untuk keluar masuknya bayi hewan landak mini tanpa induk). Kamu bisa menggunakan kotak sepatu, kotak kayu, pipa paralon pvc yang telah dibentuk ataupun membeli secara online.

Landak mini bersifat nocturnal sehingga aktif di malam hari, di siang harinya mereka akan tidur di tempat sembunyi yang gelap. Karena tertutup, tempat sembunyi harus sering dibersihkan agar bayi hewan landak mini tanpa induk tetap nyaman.

11. Berikan Mainan

Sobat bisa meletakkan roda berputar yang biasa digunakan hamster di dalam kandang bayi hewan landak mini tanpa induk. Dengan berlari di roda ini, bayi hewan landak mini tanpa induk akan terjaga kesehatan tubuhnya.

12. Cara Memandikan

Mengetahui cara memandikan yang benar termasuk bagian penting dari cara merawat bayi hewan landak mini tanpa induk. Langkah langkahnya yaitu:

Sponsors Link

  • Sediakan air di ember, baskom ataupun wastafel.
  • Guyurkan air ke tubuh bayi hewan landak mini tanpa induk.
  • Tuangkan sabun bayi ke tubuh bayi hewan landak mini tanpa induk.
  • Sikat secara halus dengan sikat gigi (baru atau bersih) bagian punggung dan durinya.
  • Untuk bagian perut, wajah dan kaki gosok secara halus menggunakan tangan.
  • Bilas dengan air sampai tidak ada sisa sabun lagi.
  • Keringkan dengan handuk bersih.

Jika ingin membuat bayi hewan landak mini tanpa induk gembira, setelah dibilas biarkan landak mini di dalam air. Tenang saja, landak ialah hewan yang bisa berenang. Biarkan ia bermain terlebih dahulu.

Nah sobat, semoga bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 13:44 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan