Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Sugar Glider yang Stres Paling Lengkap

Sponsors Link

Sugar glider adalah sejenis tupai pohon dengan ukuran badan relatif kecil sekitar 24 sd 30 cm dan berat 4 sd 6 ons. Tubuhnya yang imut dan mimik mukanya yang lucu menjadikan hewan ini salah satu hewan favorit untuk dipelihara.

ads

Hewan ini tidak sulit dalam perawatannya, cukup berikan kandang yang luas dan nyaman, serta selalu dirawat kebersihannya. Walaupun merupakan hewan omnivora atau pemakan segalanya, sugar glider memiliki mood yang berubah ubah, misalnya dalam hal makanan, jika hari ini ia mau diberi pisang, belum tentu esok hari mau diberikan makanan yang sama.

Hal ini terkadang menjadikan sugar glider rentan terhadap stres, sebagai pemilik tentu wajib memahami segala sesuatu tentang hewan ini, salah satunya adalah mengenai cara mengatasi sugar glider yang stres yang saya jelaskan secara lengkap dalam artikel kali ini, yuk kita simak bersama.

1. Biarkan Beradaptasi

Sugar glider yang berada di lingkungan baru atau terjadi perubahan kondisi lingkungan di sekitarnya rentan terkena stres, ia akan berubah menjadi lebih agresif dan galak. Cara mengatasinya ialah biarkan ia berdaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya. Tetap berikan makanan bergizi dan kurangi interaksi dengannya hingga stresnya berkurang yang terlihat dari sikapnya yang lebih kalem ketika didekati.

Lakukan cara tersebut selama 1 sd 3 hari ke depan. Lama kelamaaan ia akan mampu beradaptasi, dekati secara perlahan setelah mood nya membaik, jika ia bersikap kalem, jinak, dan diam tandanya ia sudah mampu beradaptasi. (Baca juga mengenai cara merawat bayi hmster yang baru lahir).

2. Beri Makanan Secara Bertahap

Kondisi stres terkadang membuat sugar glider memakan kotorannya sendiri, cara mengatasi sugar glider yang stres dan melakukan hal tersebut ialah dengan memberinya makan secara bertahap porsinya, jangan memberinya langsung dalam jumlah banyak dan jangan langsung mengganti atau mengisi tempat makannya dengan segera. (Baca juga mengenai cara membuat sugar glider nafsu makan).

3. Kawin di Usia yang Tepat

Sugar glider yang dikawinkan terlalu muda atau yang dalam kondisi hamil di bawah usia yang ditetapkan akan mudah stres. Bahayanya ialah ia akan sakit dan ada pula yang bahkan memakan anaknya sendiri. sebab itu jika anda memiliki atau berencana mengembang biakkan sugar glider, kawinkan ia di usia yang matang. (Baca juga mengenai cara menjinakkan sugar glider)

Jika hal tersebut sudah telanjur dilakukan dan sudah dalam kondisi hamil atau memiliki anak, pisahkan ia dengan sugar glider yang lain atau dengan anaknya untuk sementara, beri makanan yang bergizi dan biarkan ia beradaptasi terlebih dahulu dengan kondisi barunya.

4. Jangan Sering Memindahkan Letak Kandang

Sugar glider adalah hewan yang memiliki indra penciuman tajam, ia paham dengan semua aroma dan bau udara atau lingkungan di sekelilingnya. Jika sering memindahkan kandangnya maka ia akan rentan stres karena ketakutan dan harus beradaptasi lagi dengan tempatnya yang baru.

Sebab itu berikan tempat yang nyaman untuknya dengan sirkulasi udara yang baik dan jangan dipindahkan, biarkan ia tetap berada pada tempat tersebut selama tempat tersebut aman dan membuatnya tetap tenang. (Baca juga mengenai cara menjinakkan landak mini)

5. Hindarkan dari Perjalanan Jauh

Sugar glider yang sudah sangat dekat dengan pemiliknya akan hafal dengan bau pemiliknya, hal itu akan menjadikannya aman ketika diajak perjalanan atau bepergian.

Sponsors Link

Tetapi ketika sugar glider dalam kondisi stres, biarkan ia tetap di kandang dan hindarkan dari bepergian dengan kendaraan yang rentan menimbulkan suara bising dan polusi. (Baca juga mengenai tanda tanda hamster hamil)

6. Berikan Teman

Sugar glider yang diberikan teman dalam satu kandang, baik yang sama atau berbeda jenis kelaminnya akan menjalin persahabatan atau koloni satu sama lain dan terikat secara emosional. Jika mereka sipisahkan akan menjadikan mereka stres dan berubah menjadi galak. Sebab itu biarkan ia tetap berada dengan temannya dalam satu kandang .

7. Variasi Makanan

Berikan variasi makanan secara bertahap, berikan sedikit demi selama beberapa minggu dengan variasi variasi menu yang telah anda buat. Jangan berikan makanan yang selalu sama setiap harinya atau mengganti makanannya secara tiba tiba. Sugar glider membutuhkan untuk beradaptasi dengan hal apapun termasuk makanan. Beri makanan bergizi dan variasi secara bertahap untuk mengobati stresnya.

8. Periksa Kondisi Kesehatan

Cara mengatasi sugar glider yang stres ialah dengan memeriksa kesehatannya, pastikan ia tidak memiliki gejala sakit, jika ia mengalami penurunan dalam aktifitas, menajdi pemurung, jarang bergerak, dan lebih banyak tidur, maka sugar glider tersebut dalam kondisi sakit. Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan sakitnya, jika ia stres terus menerus karena sakit dapat menyebabkan kematian mendadak.

9. Berikan Makanan Bergizi

Sugar glider yang stres umumnya menajdi tidak nafsu makan, cara mengatasi sugar glider yang stres dalam kondisi tersebut ialah memberikan makanan yang lebih ringan. Jika ia biasanya makan menu variasi ulat hongkong atau jangkrik kecil, untuk sementara ganti dengan memberikan bubur bayi yang ditambahkan pisang atau pepaya agar nafsu makannya kembali meningkat dan menyembuhkan stresnya.

Sponsors Link

10. Letakkan di Tempat yang Tenang

Jangan letakkan sugar glider yang stres di tempat yang sangat ramai atau banyak polusi dan berbau menyengat, hal itu akan membuatnya panik dan tidak nyaman sehingga stresnya semakin meningkat dan menjadi agresif. Letakkan ia di tempat yang tenang dan jauh dari suara bising.

11. Ajak Bermain

Jika sugar glider anda sendirian dan tidak mempunyai teman di kandang, ia akan merasa kesepian, terlebih lagi jika jarang diperhatikan oleh pemiliknya, hal itu rentan membuatnya stres berat. Atasi dengan cara meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain, cukup dibelai dengan ringan sambil diajak lari larian di sekitar rumah atau di tengah lapangan, hal itu akan membuat moodnya membaik dan menghilangkan stresnya.

12. Jauhkan dari Jangkauan Hewan Lain

Cara mengatasi sugar glider yang stres ialah dengan menjauhkannya dari hewan lain seperti kucing dan anjing. Hewan tersebut akan emmbuat sugar glider panik dan tidak tenang sebab sifat dasarnya yang memang mudah sekali terkejut. Letakkan kandangnya jauh dari hewan hewan tersebut.

13. Hindarkan Terhadap Rangsangan Cahaya

Hindarkan cahaya langsung pada sugar glider sebab ia adalah hewan yang sensitif terhadap rangsangan cahaya, jika ia dalam kondisi stres dan terkena rangsanga cahaya, ia akan merasa terkejut dan silau dimana habitat aslinya memang di daerah yang teduh dan gelap. Sebab itu tempatkan ia di lokasi yang jauh dari cahaya terang.

Demikian artikel kali ini, bagaimana sobat, sekarang anda sudah memahami bukan cara mengatasi sugar glider yang stres? Semoga dapat dipahami dengan mudah oleh anda dan menjadi tambahan wawasan yang bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 04:34 Oleh :
Kategori : Hamster