Sponsors Link

15 Cara Merawat Sugar Glider Agar Sehat

Sponsors Link

Sugar glider yang dalam bahasa Latin disebut dengan Petaurus Breviceps ini merupakan marsupial dimana pada sugar glider betina akan memiliki kantung perut seperti halnya kangguru.

ads

Hewan mungil dan menggemaskan ini dinamakan dengan sugar glider karena hewan ini sangat menyukai makanan yang manis dan sering berpindah ke area lain dengan cara meluncur atau glide sehingga dinamakan dengan sugar glider.

Umumnya, sugar glider memiliki bulu berwarna abu dan abu dan bagian dada berwarna cream serta garis hitam yang ada di sepanjang tulang belakang. Ekor sugar glider ini digunakan sebagai alat penyeimbang tubuh saat sedang meluncur supaya tidak mudah terjatuh.

Untuk anda yang ing memelihara sugar glider, ada baiknya melihat beberapa cara merawat sugar glider agar sehat khususnya bagi pemula yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Sosialisasikan Sugar Glider

Sugar glider merupakan hewan yang sangat membutuhkan sosialisasi sehingga bisa tumbuh dengan sehat jika anda sebagai pemilih juga meluangkan waktu untuk merawat sugar glider tersebut berbeda dengan cara menjinakkan landak mini.

Sugar glider bisa menjalin ikatan yang kuat dan bisa menjadi sangat sedih saat ikatan tersebut rusak. Meski sugar glider bisa dibeli per ekor, akan tetapi akan lebih baik jika anda membeli sepasang sugar glider atau satu koloni supaya tidak kesepian dan bisa tumbuh dengan baik.

  1. Perhatikan Penyakit Umum Sugar Glider

Sugar glider terbilang cukup mudah dalam perawatan sehingga bisa tumbuh dengan sehat. Namun, ada kalanya sugar glider bisa terserang penyakit karena kurangnya nutrisi yang diberikan, kurang bermain atau karena beberapa penyebab lainnya. Untuk itu, agar sugar glider bisa tumbuh dengan sehat, maka perhatikan dengan baik apa saja penyakit yang bisa menyerang sugar glider, seperti:

  • Luka karena tergores atau tergaruk benda tajam di dalam kandang.
  • Gangguan pencernaan atau konstipasi
  • Kekurangan kalsium yang bisa membuat sugar glider lumpuh namun bisa dicegah dengan nutrisi cukup.
  • Parasit seperti cacing atau kutu
  • Kegemukan atau obesitas karena terlalu banyak makan.
  • Stres yang bisa terjadi karena kurang bersosialisasi atau bermain.
  1. Sesuaikan Ukuran Kandang

Memilih ukuran kandang yang sesuai juga menjadi faktor penting supaya sugar glider bisa tumbuh dengan sehat. Perlu diketahui jika sugar glider bisa merentangkan kaki dan meluncur di udara sehingga anda perlu menyiapkan ukuran kandang yang tinggi dan cukup besar.

Untuk ukuran mininum kandang sugar glider yang ideal adalah tinggi 30 cm dengan lebar 60 cm dan jarak diantara jeruji tidak melebihi dari 1.25 cm. Namun, akan lebih baik lagi jika anda menyiapkan ukuran kandang yang jauh lebih besar agar sugar glider bisa leluasa untuk bermain.

Selain itu, hindari juga memilih kandang yang terbuat dari baja galvanis sebab bisa berkarat dan menyebabkan sugar glider terkena infeksi kandung kemih. Pastikan kandang yang anda gunakan terbuat dari jaring atau dengan jeruji horizontal sehingga sugar glider nantinya bisa memanjat dalam kandang.

  1. Gunakan Alas Baki Besar

Pastikan juga alas kandang terbuat dari baki besar yang berguna untuk menampung kotoran dan sisa makanan sehingga tidak menumpuk di dalam kandang sekaligus lebih mudah untuk diganti. Pastikan alas juga tidak mengandung bahan beracun seperti pasir, koran bekas atau bantalan yang sering digunakan untuk anjing dan pastikan agar diganti setidaknya sekali seminggu. Jangan gunakan kayu atau beberapa jenis minyak keras yang bisa mengganggu pernapasan sugar glider.

Sponsors Link

  1. Sediakan Kantong Dalam Kandang

Berbeda dengan cara menjinakkan anak anjing, sugar glider merupakan hewan nokturnal yang terbiasa tidur dalam pohon saat berada di alam bebas yang tentunya juga berbeda dengan cara memelihara kelinci di rumah. Agar kondisi kandang bisa serupa dengan kondisi alam liar, maka tambahkan dengan rumah burung yang terbuat dari kayu aman sepertu eucalyptus atau manzanita.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan kantong yang terbuat dari wol lengkap dengan bukaan di bagian sampingnya.

Kaitkan kantong atau rumah tersebut di bagian sisi kandang memakai kait plastik di jaring atau jeruji. Sugar glider nantinya akan memanjat ke dalam kotak atau kantong jika sedang ingin istirahat.

Agar semua bahan sarang ini tidak beracun, maka pastikan anda memiliki bahan kayu yang aman seperti kayu pohin apel, eucalyptus dan juga kayu manzanita. Sedangkan untuk bahan kantong, pilih yang terbuat dari wol atau 100% katun untuk bagian luarnya saja.

  1. Tambahkan Tangkai Pohon dan Mainan

Sugar glider merupakan hewan pintar sehingga membutuhkan lingkungan yang juga menarik dan bisa menstimulasi pikirannya sebagai cara mengatasi sugar glider yang stres. Anda bisa menambahkan tangkai pohon pada bagian sisi kandang agar terlihat seperti alam aslinya atau juga bisa menambahkan mainan untuk sugar glider yang terbuat dari plastik dan banyak dijual di perlengkapan sugar glider.

ads

Jika anda ingin menambahkan mainan berupa roda, maka pastikan roda tersebut tidak dilengkapi dengan palang pada porsinya sebab bisa membuat ekor sugar glider tersangkut. Anda juga bisa mencari ide mainan sugar glider secara online untuk menemukan berbagai jenis permainan yang sangat disukai sugar glider.

Jika sugar glider tidak mendapatkan stimulasi yang cukup, maka akan membuat sugar glider depresi yang akhirnya menimbulkan berbagai masalah kesehatan dalam jangka panjang.

  1. Berikan Diet Sehat

Sugar glider yang merupakan hewan asli Australia ini sangat senang mengkonsumsi telur burung, serangga, kadal dan beberapa jenis makanan liar lain dan bukan diberikan makanan berupa pelet . Hal paling penting untuk diet sehat bagi sugar glider adalah mencukupi kebutuhan protein, lemak dan juga gula serta pastikan mineral yang didapatkan sugar glider mencukupi.

Hindari memberikan makanan anjing, kucing atau jenis makanan lainnya pada sugar glider sebab memang tidak tepat untuk sugar glider.

  1. Berikan Camilan Sehat

Sugar glider juga merupakan hewan yang sangat menyukai camilan. Memberikan camilan pada sugar glider juga menjadi cara baik untuk bonding atau membangun ikatan antara anda dengan sugar glider sebagai cara menjinakkan sugar glider.

Beberapa camilan yang sangat disukai sugar glider adalah ulat hongkong, buah buahan segar seperti pepaya kering, kelapa kering bebas sulfur, yogurt, biji pinus namun jang terlalu banyak, kacang dan juga berbagai camilan lain yang bisa dijilat seperti bubur apel, makanan bayi dan juga yogurt dengan rasa ayam dan apel yang menjadi kesukaan dari sugar glider.

Saat akan memberikan camilan, pastikan semua camilan terbebas dari pewarna, pengawet, pemanis buatan dan berbagai bahan yang tidak alami. Hindari beberapa camilan yang bisa berbahaya untuk sugar glider seperti permen, coklat dan juga gula yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

  1. Komponen Penting Makanan Sugar Glider

Agar sugar glider bisa tumbuh dengan sehat, ada tiga komponen makanan utama yang wajib dipenuhi yakni protein, buah buahan segar dan sayuran serta suplemen vitamin. Vitamin sangat penting diberikan bukan sebagai sumber energi namun untuk membantu proses pembentukan energi.

Namun hindari memberikan vitamin untuk reptil dan hanya berikan vitamin yang memang khusus untuk sugar glider. Suplemen vitamin tersebut bisa ditabur pada makanan namun jangan campur dengan minuman.

  1. Berikan Minum Cukup

Sugar glider juga harus disediakan minum yang cukup supaya bisa selalu sehat. Gunakan air yang sudah disaring dan bukan air tanah yang diisi setiap hari jangan sampai menunggu wadah minum sampai kosong. Air ini juga bisa dicampur dengan jus buah sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Hindari mencampurkan jus buah dalam air minum setiap hari sebab terlalu banyak kandungan gula juga tidak baik untuk kesehatan sugar glider.

  1. Berikan Sereal

Sereal bisa diberikan sebagai makanan ringan untuk sugar glider sebagai cara membuat sugar glider nafsu makan. Pilih seeral yang tinggi akan kandungan protein namun rendah kandungan lemak atau low fat. Sereal ini bisa diberikan antara jam pemberian makanan pokok namun bukan dijadikan pengganti makanan pokok.

Untuk setiap kali memberikan sereal bisa diberikan sebanyak 1 sendok makan dalam satu hari, jika tersisa segera buang dan bersihkan wadah kemudian isi dengan yang baru keesokan harinya. Sereal ini bisa berupa keju atau yogurt serta tambahkan juga buah dan sayuran segar yang menjadi makanan wajib untuk sugar glider.

  1. Perhatikan Kandungan Fosfor dan Kalsium

Kandungan fosfor dan kalsium dalam makanan sugar glider juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena fosfor mengandung unsur yang bisa menghambat penyerapan dalam tubuh sugar glider, maka berikan kalsium dan fosfor dengan perbandingan 2:1. Semakin sedikit fosfor yang diberikan, maka kalsium yang diberikan harus lebih banyak yang berbeda dengan cara mengatasi anjing susah makan.

  1. Makanan Larangan Sugar Glider

Berbeda dengan makanan larangan untuk kucing persia, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh diberikan untuk sugar glider karena bisa mengganggu kesehatan sugar glider dan bahkan bisa mengancam nyawa hewan mungil tersebut.

  • Hindari kacang dan biji bijian: Kacang kacangan dan biji bijian tidak boleh diberikan pada sugar glider karena bisa membuat usus tersumbat serta mengandung lemak yang terlalu banyak.
  • Makanan berlemak: Makanan berlemak juga tidak boleh diberikan untuk sugar glider seperti alpukat, kacang kacangan dan berbagai makanan berlemak lainnya.
  • Jangan berikan serangga liar: Beberapa jenis serangga liar sebaiknya juga tidak diberikan karena bisa saja sudah mengandung pestisida atau pupuk sebab sugar glider sangat sensitif terhadap bahan kimia.
  • Hindari makanan kaleng dan bawang: Makanan kaleng dan juga makanan yang mengandung bawang juga tidak boleh diberikan sebab bisa menghancurkan sel darah merah sugar glider.

Perawatan Lainnya

Selain beberapa perawatan yang sudah kami berikan diatas untuk menjaga agar sugar glider tetap tumbuh dengan sehat dan terhindari dari stress, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam memelihara sugar glider, yakni:

  • Mandikan: Sugar glider tidak perlu sering mandi sehingga berbeda dengan cara memandikan hamster jika memang tidak dibutuhkan sebab mereka sering merawat dirinya sendiri, sensitif terhadap bahan kimia dan juga bisa mengurangi kepercayaan dengan tuannya sebab sugar glider bukan merupakan hewan yang gemar mandi.
  • Handsfeeding: Handsfeeding atau memberikan makanan dengan tangan sangat penting untuk bonding atau membangun ikatan antara anda dengan sugar glider.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 09:21 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan