Sponsors Link

13 Cara Membuat Burung Jalak Kebo Bisa Bicara

Sponsors Link

Burung jalak kebo termasuk salah satu burung yang unik karena mampu berkicau menirukan suara yang didengarnya. Bahkan burung jalak kebo bisa berbicara seperti manusia.

ads

Atau lebih tepatnya dapat menirukan kalimat atau kata yang diucapkan manusia.Tentu ini bukanlah perkara yang mudah untuk membuat jalak kebo bisa berbicara seperti manusia. Berikut 13 cara membuat jalak kebo bisa bicara.

1. Memilih Waktu Yang Tepat

Hal yang paling penting pada saat melatih burung jalak kebo ada pemilihan waktu yang tepat. Disarankan untuk melakukan latihan di pagi hari sebelum jam 11.00.

Serta melakukan latihan di sore hari diantara pukul 15.00 –  17.00. Kalian bisa memberikan pakan seperti buah atau voer saat kalian mengeluarkan mereka dari sangkar. Kalian disarankan mengkerodong sangkar agar burung jadi fokus.

Kalian juga dapat memutar suara atau rekaman yang telah kalian download sebelumnya. Kalian bisa memakai handphone ataupun mp3 player untuk memutarnya. Pastikan suaranya jelas serta tidak terlalu kencang tapi tetap terdengar oleh burung.

2. Membuat Jadwal Latihan

Kalian juga diharuskan membuat jadwal latihan. Kalian bisa memberikan latihan di pagi dengan durasi selama 30 – 60 menit. Kalian juga harus rutin untuk melakukann latihan setiap hari. Kalian dapat membuka kerodong setelah selesai melakukan latihan. Kalian juga bisa memberikan pakan seperti buah kesukaan atau jangkrik. Jika ingin mengulangi latihan, kalian harus mengkerodong kembali sangkarnya. Kemudian putarkan suara dengan durasi 20 sampai 30 menit.

Jika kalian rutin melakukannya, terutama kepada anakan jalak kebo, dalam waktu seminggu burung sudah dapat menghafal sebagian suara selama pelatihan.

3. Melatih Burung Menggunakan MP3 

Salah satu cara yang terbukti ampuh yaitu dengan menggunakan suara audio. Kalian dapat memberikan rekaman suara burung jalak kebo lainnya yang pintar.

Lalu putar suara burung yang sudah kalian download kepada jalak kebo yang kalian latih. Kalian harus melakukannya secara rutin setiap harinya. Sehingga burung jalak kebo bisa dengan cepat menghafal semua suara dalam rekaman yang kalian putarkan.

4. Melatih Burung Jalak Kebo dengan Menggunakan Jalak Kebo Lain

Melatih jalak kebo berbicara dapat dilakukan dengan mempertemukannya dengan burung lainnya. Terutama yang telah fasih bicara. Tapi kalian perlu memasukkan mereka dalam sangkar yang terpisah. Tapi tetap digantung secara berdekatan. Jalak kebo yang terlatih harus kalian kerodong separuh saja dibagian atasnya seperti cara penangkaran ciblek kebun.

Sponsors Link

5. Mengajari Secara Langsung 

Saat melatih jalak kebo, disarankan untuk menggunakan kalimat yang sama. Serta diulang secara terus-menerus pada waktu latihan. Kalian bisa mengajarkan kata Halo, Selamat Pagi, Apa Kabar, Asalamualaikum dan sapaan lainnya.

Jadi selama latihan, kalian wajib memakai kata itu. Jangan dicampur dengan kata baru sebelum jalak kebo telah mampu mengikuti kata yang dilatihkan. Jangan mengajarkan kata yang terlalu susah dan terlalu banyak karena akan membuat jalak kebo mengalami kesulitan.

6. Melatih Memakai Kata-kata Sopan

Pada saat melatih burung kebo, kalian harus mengajarkan kata-kata yang sopan serta tata krama yang baik. Sebab jalak kebo yang pintar akan dianggap memiliki harga dan kualitas yang rendah jika mengucapkan kata tidak sopan dan cenderung kotor.

Sama halnya manusia yang akan mudah diajarkan berbicara dan mengenali lingkungan jika diajari sejak masih kecil. Hal ini pun berlaku pada burung jalak kebo yang mudah untuk diajarkan dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar dibandingkan jalak kebo yang sudah dewasa.

Tapi burung jalak kebo yang telah dewasa bisa kalian latih untuk meniru suara manusia walaupun tidak secepat yang berusia muda. Tapi ini semua tergantung kesabaran dan ketelatenan kalian.

ads

7. Menggantung Sangkar di Keramaian

Kalian dapat menggantung sangkar burung di tempat ramai. Seperti di depan rumah ataupun di halaman rumah. Ini akan membuat jalak kebo merekam suara di sekitarnya dengan otomatis. Mereka biaa menirukan suara tukang roti, tukang sayur, ataupun tukang sate yang lewat.

Bahkan burung jalak kebo juga dapat menirukan suara anak-anak yang tertawa atau menangis. Mereka juga bisa otomatis menirukan suara sapaan, permisi seperti asalamualaikum, punteun, dan kata lainnya.

8. Meluangkan Waktu Untuk Melatih

Kalian harus meluangkan waktu selama 3 jam setiap harinya. Kalian bisa membaginya kedalam 3x pelatihan yang rutin. Karena jika tidak ada perantara dari kalian, sangat sulit untuk melatih burung jalak kebo dapat menirukan suara semirip mungkin dengan manusia aslinya.

Walaupun tentu kalian akan merasa khawatir jika jalak kebo berkata-kata negatif. Mengingat jika sebagian kata yang diperoleh saat burung jalak kebo bertemu orang lain seperti cara budidaya burung ciblek kristal

9. Memperhatikan Kualitas Pakan

Kualitas pakan harus kalian perhatikan serta mengandung gizi yang tinggi. Ini akan menentukan hasil latihan burung peliharaan kalian kedepannya. Sesering mungkin memberikan buah favorit atau voer. Ingatlah untuk tidak berlebihan saat memberikannya. Agat makanan yang kalian berikan tidak akan tersisa dan membuat makanan selalu fresh setiap harinya.

11. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan sangkar merupakan salah satu hal penting yang akan mempengaruhi keberhasilan latihan  kalian. Sehingga burung jalak kebo tidak mudah stres berada didalam sangkarnya. Burung jalak kebo merupakan burung yang sangat rakus sehingga jangan heran jika kotoran akan banyak menumpuk dikandang.

Jika jarang dibersihkan, bisa membuat burung mudah terserang virus ataupun bakteri jahat yang sangat bernahaya. Bahkan akan membahayakan kelangsungan hidupnya didalam sangkarnya.

12. Memberikan Hadiah

Kalian juga bisa memberikan kejutan atau hadiah jika burung peliharaan kalian sudah bisa menirukan suara masteran. Kalian dapat memberikan hadiah berupa makanan kesukaannya setiap burung beo selesai berbicara. Ini akan membuat burung melakukan dengan cara terbaiknya agar bisa mendapatkan perhatian terus menerus.

13. Rutin Memandikan dan Menjemur

Seperti burung lainnya, pemandian dan penjemuran juga perlu kalian lakukan terhadap burung jalak kebo. Agar burung dalam keadaan yang selalu fit dan sehat. Kalian dapat memindahkan sangkarnya ke tempat yang terbuka ini sama saja dengan melakukan penjemuran.
Pemandian dan penjemuran dapat dilakukan minimal 2 kali  dalam seminggu untuk burung yang telah jinak.

Itulah 13 cara membuat burung jalak kebo bisa berbicara. Kalian juga dapat merawat burung jenis lainnya dengan mengikuti Cara Memelihara Burung MuraiCara Memelihara Burung Walet, serta Cara Memelihara Burung Kakatua.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 11th, May 2018 / 04:11 Oleh :
Kategori : Burung