Sponsors Link

5 Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Benar

Kita pasti sudah mengetahui bahwa ayam merupakan salah satu komoditas peternakan yang dapat memberikan hasil ekonomis tinggi bagi peternak karena tingginya kebutuhan di masyarakat. Ternyata selain sebagai hewan konsumsi, ada jenis ayam yang juga dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan seperti contohnya ayam bangkok. Ayam bangkok sendiri bukan hanya sebagai hewan peliharaan biasa namun dirawat agar dapat bertarung dan menang ketika diadu. Dalam proses perawatan ayam bangkok tersebut, ada beberapa hal yang sepatutnya diperhatikan pada pemilik ayam yang salah satunya adalah kandang. Berikut beberapa cara membuat kandang ayam bangkok yang baik dan berkualitas sehingga membantu proses perawatan ayam menjadi lebih mudah dalam penjelansan dibawah ini.

  1. Tentukan jenis kandang yang akan dibuat

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan kandang untuk ayam bangkok adalah jenis kandang yang akan dibuat terkait dengan kebutuhannya apakah ayam bangkok tersebut akan diternakkan atau hanya dirawat saja. Peternakan ayam bangkok membutuhkan kandang yang banyak sedangkan jika hanya dirawat saja maka cukup membutuhkan satu kandang yang dapat dipindah pindah. (Baca juga : tips memelihara ayam bangkok)

  1. Penentuan lokasi dimana kandang akan berada

Sebelum membuat kandang ayam bangkok maka hal yang harus dipersiapkan dan sudah jelas sejak awal adalah lokasi dimana kandang tersebut akan berdiri. Lokasi kandang untuk ayam bangkok sebaiknya berjarak kurang lebih 5 meter dari rumah dan jauh dari kandang ayam lainnya, kontur tanah datar dan banyak pepohonan, serta kandang sebaiknya menghadap ke sinar matahari langsung ketika pagi untuk mempermudah proses penjelmuran ayam bangkok. (Baca juga : tanda ayam bangkok siap bertarung)

  1. Pemilihan bentuk kandang

Ada beberapa bentuk kandang yang dapat gunakan untuk memelihara ayam bangkok dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing disesuaikan dengan kebutuhan pemilik atau peternak ayam. Beberapa bentuk kandang ayam yang dapat dipilih diantaranya seperti :

  • Kandang postal, merupakan jenis kandang dengan penghangat yang dindinnya bersekat kawat dan biasanya khusus digunakan untuk ayam bangkok yang masih anakan. (Baca juga : cara mengatasi kaki lemas pada ayam bangkok)
  • Kandang tidur, jenis kandang yang digunakan untuk tidur ayam dimalam hari dimana bentuknya bertingkat dan bagian bawahnya seperti rumah panggung.
  • Kandang umbaran satuan, kandang umbaran ini cukup multifungsi karena dapat digunakan unutk umbaran kawin, dan pembesaran anakan ayam. Yang perlu diperhaitkan dari kandang ini adalah alasnya yang terdiri dari pasir dan tanah yang gunanya untuk membentuk cakar dari ayam bangkok.
  1. Pemilihan bahan dan pembuatan sketsa

Setelah ukuran dan bentuk kandang dipilih maka langkah selanjutnya adalah membuat sketsa untuk kandang tersebut sebagai bahan acuan dalam proses pembuatan kandang. Bahan yang digunakan dalam cara membuat kandang  ayam bangkok disesuaikan dengan kebutuhan dan bentuk kandang yang akan dibuat. (Baca juga : jenis vaksin untuk ayam bangkok)

  1. Pembuatan kandang ayam bangkok

Jika semua pertimbangan yang disebutkan diatas sudah dikerjakan maka pembuatan kandang ayam bangkok dapat dilakukan menyesuaikan dengan sketsa gambar yang sudah dibuat. Dalam proses pembuatan tetap harus dievaluasi apakah sudah tepat dengan kebutuhan dalam memelihara ayam bangkok. (Baca juga :

Itulah beberapa cara membuat kandang ayam bangkok yang perlu diperhatikan dengan baik agar ayam dapat hidup dengan tenang di dalam kandang.

, , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 04:14 Oleh :
Kategori : Ayam