Sponsors Link

4 Cara Membuat Kandang Ayam Potong Yang Benar

Ayam menjadi salah satu komoditas peternakan yang sangat besar hasil ekonomisnya bagi para peternak mengingat kebutuhan ayam terus bertahan dalam jumlah yang tinggi di masyarakat. Tingginya peluang hasil yang baik dari ternak ayam memunculkan peluang baru bagi mereka yang ingin menjalani aktivitas beternak ayam. Salah satu jenis ayam yang memiliki nilai ekonomis tinggi adalah ayam potong. Untuk memulai beternak ayam maka hal yang harus pertama kali dipersiapkan adalah kandang ayam potong tersebut. Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam cara membuat kandan ayam potong agar membantu menopang proses ternak berjalan dengan baik dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Tentukan tipe kandang yang akan dibuat

Langkah pertama yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan kandang ayam potong atau ayam broiler adalah tipe dari kandang tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan. Ada dua tipe utama kandang ayam potong yakni :

  • Kandang terbuka atau open house, maksud dari tipe kandang terbuka ini adalah kandang ayam potong yang memiiki sirkulasi terbuka dan berlangsung secara alami terkait pertukaran udara dari dalam keluar kandang. Kandang jenis ini banyak diterapkan para peternak di Indoensia. (Baca juga : cara budidaya ayam potong putih)
  • Kandang tertutup atau close house, jenis kandang yang sepenuhnya tertutup tanpa ada lubang sirkulasi secara alami. Kandang tertutup ini memiliki sirkulasi udara buatan yang ternyata menjadi tipe kandang ayam potong di negara negara maju dengan daya tampung sangat besar.
  1. Perhatikan bentuk konstruksi kandang ayam yang akan dibuat

Konstruksi dari kandang ayam potong yang akan dibuat harusnya dipertimbangkan dengan baik agar dapat membantu dalam memberikan hasil ternak ayam potong yang melimpah dan berkualitas. Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan diantaranya seperti atap yang sebaiknya atap minitor, tinggi kandang postal 2 meter sedangkan kandang panggung `1,8 meter. Atas kandang harus memiliki kemiringan yang ideal dan kandang perlu dibangun membentang ke timur dan barat agar sinar matahari dapat menyinari kandang secara alami. , serta besaran kandang perlu disesuaikan dengan jumlah ayam yang diternakkan. (Baca juga : cara merawat ayam potong dengan baik dan benar)

  1. Buat skesa gambar rancangan kandang

Sebelum memulai membuat kandang, selain menentukan beberapa aspek yang disebutkan diatas, perlu juga adanya pembuatan sketsa gambar dari kandang tersebut untuk mempermudah proses pembuatan agar berjalan lebih cepat dan lancar. Sketsa kandang tidak perlu harus memiliki tampilan yang baik namun yang penting secara umum dapat dibaca dan dipahami. (Baca juga : cara ternak ayam potong cepat panen)

  1. Pembuatan kandang ayam

Setelah memperhatikan dan diputuskan hal hal yang perlu diperisapkan dalam membuat kandang ayam broiler diatas oleh peternak maka langkah selanjutnya dalam cara membuat kandang ayam potong tentu adalah proses perakitan dan pembuatan. Proses diawali dengan membuat rangka yang sudah ditentukan dalam sketsa gambar yang kemudian dilanjutkan dengan bagian bagian lainnya yang merupakan pelengkap dari kandang ayam tersebut. (Baca juga : cara sukses ternak ayam broiler)

Itulah beberapa cara membuat kandang ayam potong yang perlu diperhatikan setiap peternak ayam terutama mereka yang masih dapat dikatakan pemula dalam beternak ayam potong. Kandang ayam akan menentukan bagaimana hasil dan kualitas dari ayam potong yang diternakkan sehingga perlu mendapatk perhatian yang jelas. (Baca juga : budidaya ayam pedaging)

, , ,




Post Date: Friday 05th, July 2019 / 04:20 Oleh :
Kategori : Ayam